PENINGKATAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MENGGUNAKAN STRATEGI PROBLEM BASED LEARNING DI KELAS IV SD NEGERI 12 MUNDAM SAKTI KECAMATAN IV NAGARI KABUPATEN SIJUNJUNG

Randi Eka Putra ( STKIP Muhammadiyah Muara Bungo )

Abstrak

Penelitian ini berawal dari masalah yang terjadi di Kelas IV SD N 12 Mundam Sakti, yaitu rendahnya aktivitas dan hasil belajar peserta didik. Hal ini terlihat dari hasil observasi dan analisis terhadap hasil UH I peserta didik. Penelitian ini bertujuan untuk mengungkap pengaruh strategi Problem Based Learning (PBL) terhadap aktivitas dan hasil belajar tematik yang dikhususkan pada pembelajaran matematika. Subjek penelitian adalah peserta didik kelas IV SDN 12 Mundam Sakti Kecamatan IV Nagari Kabupaten Sijunjung yang berjumlah 20 orang. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas dengan pendekatan kualitatif dan kuantitatif sederhana. Dalam pelaksanaannya, penelitian ini terdiri dari dua siklus yang dilakukan oleh peneliti. Setiap siklus terdiri atas kegiatan perencanaan, pelaksanaan tindakan yang disertai pengamatan dan refleksi pada masing-masing siklus. Penelitian ini dilaksanakan pada semester I tahun ajaran 2014/2015 di SDN 12 Sakti Kecamatan IV Nagari Kabupaten Sijunjung. Data penelitian ini dikumpulkan melalui pengamatan, catatan lapangan, video, dokumentasi dan hasil tes. Hasil analisis data penelitian menunjukkan bahwa penggunaan strategi PBL dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar Matematika di kelas IV SDN 12 Sakti Kecamatan IV Nagari Kabupaten Sijunjung. Hal ini terlihat dari aktivitas oral, writing,dan mental, mengalami peningkatan dari siklus I ke siklus II. Hal yang sama juga terlihat pada hasil belajar peserta didik yaitu: (1) rata-rata hasil belajar peserta didik pada siklus I 73,5 dan pada siklus II menjadi 87,5. Melihat hasil penelitian ini, maka penelitian tindakan kelas dalam penggunaan strategi PBL pada pembelajaran matematika perlu diterapkan dan dikembangkan dalam rangka peningkatan mutu pendidikan di masa yang akan datang.


Keywords  :  
Kata Kunci: Learning activities, Learning outcomes, PBL Learning activities, Learning outcomes, PBL
Galleys  :  
Diterbitkan  :  
2019-10-05
Cara Mengutip  :  
Putra, R. E. (2019). PENINGKATAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MENGGUNAKAN STRATEGI PROBLEM BASED LEARNING DI KELAS IV SD NEGERI 12 MUNDAM SAKTI KECAMATAN IV NAGARI KABUPATEN SIJUNJUNG. Jurnal Tunas Pendidikan, 2(1), 61–71. https://doi.org/10.52060/pgsd.v2i1.186
Terbitan  :