ANALISIS KESULITAN BELAJAR PERKALIAN DI KELAS II SEKOLAH DASAR
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan terkait analisis kesulitan belajar siswa pada materi perkalian kelas II di SD Negeri 13/1 Muara Bulian. Metodologi yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode kualitatif dengan jenis penelitian yaitu studi kasus deskriptif. Pemilihan pendekatan ini mempertimbangkan bahwa kasus yang di teliti membutuhkan pengamatan dan juga akan timbul kedekatan antara peneiliti dan responden sehingga seh akan menghasilkan data yang mendalam. Peneliti memilih jenis penelitian studi kasus deskriptif dikarenakan jenis penelitian tersebut menggambarkan secara tepat permasalahan yang ada ketika peneliti melakukan penelitian (saat ini) ataupun suatu problem yang sifatnya aktual, serta berdasarkan fakta-fakta dari masalah yang diteleiti sehingg dapat mengetahui tentang analisis kesulitan belajar siswa disekolah dasar siswa yang didapat dari hasil observasi maupun wawancara yang bersumber dari siswa dan guru kelas II di SD Negeri 13\1 Muara Bulian, serta dokumentasi berupa foto dan rekaman suara yang dapat dijadikan sebagai pendukung dalam pengimpulan data. Pengamatan ini dilakukan sekitar tiga hari. Selanjutnya, siswa diberikan kuesioner, yang pertama-tama menginstruksikan mereka tentang cara mengisinya. Hasil instrumen digunakan untuk mendeteksi kesulitan belajar siswa dianalisis menggunakan aplikasi dengan melihat grafik profil. Pada tahapan kongnitif piaget, karakteristik siswa sekolah dasar kelas II memiliki kemapuan berpikir yang konkrit, sehingga siswa sekolah dasar akan lebih menyerap materi jika materi tersebut dapat dilihat secara nyata dan mengalami pemebelajaran. Penelitian ini menggunakan prosedur Polya, yang terbagi menjadi 4 tahapan, yaitu; memahami masalah, perencanaan pemecahan masalah, dan melihat kembali kelengkapan pemecahan masalah. Kesulitan rata- rata siswa kelas II SD Negeri 13/1 Muara Bulian pada tahap memahami masalah adalah 95,5%. Kesulitan rata-rata pada tahap perencanaan pemecahan masalah adalah adalah 97,7%. Serta kesulitan rata-rata pada tahap melihat kembali kelengkapan pemecahan masalah adalah 79,5%. Faktor penyebab kesulitan peseta didik kelas II dalam menyelesaiakan masalah matematika pada materi perkalian berdasarkan prosedur Polya meliputi faktor intelektual, padagogi. sarana dan lingkugan. Implikasi dari penelitian ini adalah dengan hasil penelitian ini diharapakan agar dapat menambah wawasan guru mengenai kesulitan belajar perkalian di kelas II, selain itu penelitian ini juga dapat menjadi sumber referensi bagi penelit Jainnya yang meneliti topik yang sama.
Referensi
Sunalarta Doctoral Muhammadiyah Surakarta) dissertation, Universitas 9 Para
Abdillah. D. 2019. Analisis Kesulitan Belajar Siswa Kelas VIII D MTAN S Jember, Science Edu: Jurnal Pendidikan PA,2(2),110-112 https://doi.org/10.19184/se.v2i2.15063
Alfiyah, Z. N., Hartatik, S.. Nafiah... & Sunanto, S. 2021. Analisis Kesulitan Belajar
Anzar, S. F., & Mardhatiliah, M. 2018. Analisis Kesulitan Belajar Siswa Pada Pembelajaran Bahasa Indonesia di Kelas V SD Negeri 20 Meulaboh Kabupaten Aceh Barat Tahun Ajaran 2015/2016. Bina Gogik: Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 4(1)
Aris A. & Sugimun, S. 2015. Analisis kesulitan kognitif dan masalah afektif siswa SMA dalam belajar matematika menghadapi ujian nasional. Jernal Riset Pendidikan Matematika 2(21,162-174. https://doi.org/10.21831/jrpm.v2i2.7331
Deni, H. R., & Yumru, A. C. 2016. Analisis Kesulitan Belajar IPA Materi Gerak Pada Siswa Kelas VII MTs Sunan Ampel. In Prosiding SNPF (Seminar Nasional Pendidikan Fisika)
Fauzi, L. & Arisetyawan, A. 2020, Analisis Kesulitan Belajar Siswa pada Materi Geometri Di Sekolah Dasar. Krean, Jurnal Matematika Krean Enervatif.11(11.27-35. https://doi.org/10.15294/kreano.v11i1.20726
Jamal, F. 2014. Analisis Kesulitan Belajar Siswa dalam Mata Pelajaran Matematika pada Materi Peluang Kelas XI IPA SMA Muhammadiyah Meulaboh Johan Pahlawanaceh Barat
Lestari, A., S. B. 2015. Analisis kesulitan mahasiswa program studi pendidikan matematika STKIP PGRI Pran pada pokok pengiategralan. Jurnal Pakologi Jual Bahasan irknik
Ma'ruf 2020, Kesulitan Belajar Pada Sewa Sekolah Dasar: Studi Kasus Sekolah Dasar Muhammadiyah Karangwari Yogyakarta, Yogyakarta
Matematika Secara During Bagi Sewa Sekolah Dasar Jual B, 5151 3158-3166 Ningsih. S. K. Amaliyah, A. & Rini, CP. 2022 Analisis Kesulitan Belajar
Mamatika padi Sowa Kelas II Sekolah Dasar el 211 44 48
Nurtualtah, R. L. & Utam, W. B. 2021. Anilos Kesulitan Belajar Maumatik Pada Anak Toneung Jumal
29, 16/1/2024] Ibu Amanda Eka Yulistrant: ПРМ),3(1)9-19.
Nurhikmayati, L. 2017. Analisis kesulitan belajar mahasiswa pada matakuliah matematika dasar. Mathematics)2(1). Theorems (The Original Researchof
Pramesty A. 2020. Manalisis Kesulitan Belajar Siswa Dalam Pembelajaran Tematik Pada Siswa Kelas V SDN 5 Merak Batin Natar Lampung Selatan.
Priyoga, S. C., & Halidjah, S. 2014. Analisis Kesulitan Belajar Siswa dalam Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial di Kelas V. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Khatulistiwa.4
Putri, D. A., Winarni, R., & Surya, A. 2021. Analisis kesulitan belajar pemecahan masalah matematika berdasarkan newman procedure pada peserta didik kelas V sekolah dasar. Didaktika Dwija Indria, 93).
Rafendi, T. P., Pridana, R. E., & Manla, L. H. 2020. Analisis kesulitan belajar berbasis Sekolah Dasar, 3(4), 534-540.
Waskitoningtyas, R. S. 2016. Analisis Kesulitan Belajar Matematika Siswa Kelas V Sekolah Dasar Kota Balikpapan pada Materi Satuan Wakta Tahun Ajaran 2015/2016, JIPM (Jurnal Umiah Pendidikan Matematika), 5(1), 24-32 https://doi.org/10.25273/jipm.v5i1.852
Widyasari, N. M. D., Meter, L. G. Negara, 1. GAO, & Ke S. P.M. (2015). Analisis Kesulitan-Kesulitan Belajar Matematika Stowa Kelas IV Dalam Implementasi Kurikulum 2013 Di SD Piloting Se Kabupaten Gianyar. Mimbar PGSDUndisha (1)
Zarinal 2017, Fakultas Agama Islam Universitas Muhammadiyah Makasar Strategi Guru PAI dalam Mengatasi Kesulitan Belajar Siswa Berkebutuhan Khusus M Bontocinde Kec PallanggaKah
Keywords | : |
Kata Kunci:
Learning counseling, Multiplication, Elementary School Learning Counseling, Multiplication, Elementary Schoool
|
Galleys | : | |
Diterbitkan | : |
2025-04-05
|
Cara Mengutip | : |
diyah, halimatussa, Maryono, M., & Pamela, I. S. (2025). ANALISIS KESULITAN BELAJAR PERKALIAN DI KELAS II SEKOLAH DASAR. Jurnal Tunas Pendidikan, 7(2), 512–522. https://doi.org/10.52060/pgsd.v7i2.1814
|
Terbitan | : |
Bagian
Articles
|