PENGEMBANGAN LKPD BERBASIS KARAKTER KEARIFAN LOKAL PELAJARAN PPKn PADA KELAS IV SD

Iis Daniati Fatimah ( Universitas PGRI Ronggolawe )
Novialita Angga Wiratama ( Universitas PGRI Ronggolawe )

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan perangkat pembelajaran berupa LKPD kurikulum merdeka berbasis kearifan lokal mata pelajaran PPKn pada kelas IV SD. Pengembangan LKPD berbasis kearifan lokal pada materi keberagaman budaya daerah menggunakan penelitian pengembangan (R&D) dengan desain 4D untuk mengetahui kevalidan Intrumen penelitian yang digunakan berupa lembar wawancara, lembar validasi. validasi desain,  pembelajaran pada aspek kelayakan kegrafikaan dengan skor rata-rata 6,7 presentase 93% termasuk ke dalam kategori “Sangat Layak”, sedangkan pada aspek kelayakan penyajian memperoleh skor rata-rata 5, presentase 96% termasuk ke dalam kategori “Sangat Layak”. Sehingga memperoleh total skor keseluruhan rata-rata 5,85, presentase 94,5% termasuk ke dalam kategori “Sangat Layak”. Pada validasi materi pembelajaran diperoleh nilai untuk aspek kelayakan isi dengan skor rata-rata rata 6,5 presentase 95% termasuk ke dalam kategori “Sangat Layak”, sedangkan skor rata-rata rata pada aspek kelayakan bahasa mencapai 5, presentase 87% termasuk ke dalam kategori “Sangat Layak”. Sehingga diperoleh skor keseluruhan rata-rata 4,8, presentase 95% termasuk ke dalam kategori “Sangat Layak.

Biografi Penulis

Novialita Angga Wiratama, Universitas PGRI Ronggolawe

Penulis Pertama

Referensi

Dora, Nur Iza. 2018. Kearifan Lokal Masyarakat “Melayu” Ujung Gading. Ijtimaiyah, (online), Vol. 2, No. 1 (1-17) (dalam http://jurnal.uinsu.ac.id/index.php /ijtimaiyah/article/view/2923/1729 )
Harun.C.Z. 2013 Manajemen Pendidikan Karakter. Jurnal Pendidikan Karakter. Tahun III, Nomor 3 Oktober 2013
Hidayat Komarudin. 2010. “Kultur Sekolah”, (Online), (http://www.uinjkt.ac.id/indek.php/category-tabel/1456-membangun-kultur-sekolah- html.Diakses 22 Desember 2023.
Kemendiknas. 2010. Grand Design Pendidikan Karakter. Jakarta: Kemendiknas
Kemendiknas. 2010. Pengembangan Pendidikan Budaya Dan Karakter Bangsa.
Mahlianurrahman, M. (2020). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Berbsasis Kurikulum 2013. Attadib: Journal of Elementary Education, 4(1), 1. https://doi.org/10.32507/attadib.v4i1.625
Mailani, Elvy dan Elisa Wulandari. 2019. Pengembangan Buku Ajar Matematika Materi Penjumlahan Bilangan Desimal Dengan Pecahan Campuran Berbasis Pendekatan Scientific Di Sdn 101771 Tembung T.A 2018/2019. Volume 9, Nomor 2 (94-103) Elementary School Journal. Medan: Universitas Negeri Medan.
Masdul, M. R. (2018). Komunikasi Pembelajaran Learning Communication. Iqra: Jurnal Ilmu Kependidikan Dan Keislaman, 13(2), 1–9. Masitah. (2018). Pengembangan Perangkat Pembelajaran untuk Memfasilitasi Guru Menumbuhkan Rasa Tangung Jawab Siswa SD terhadap Masalah Banjir Development of Learning Devices to Facilitate Teachers Grow the Responsibility of Elementary School Students to the Flood Problem . Proceeding Biology Education Conference, 5(1), 40–44.

Ridwan, M. 2013, Implementasi Pendidikan Karakter Dalam Kultur Sekolah Di SD NEGERI Lempuyangan I Kota Yogyakarta. Disertasi tidak diterbitkan.,FKIP.

Keywords  :  
Kata Kunci: Pendidikan Karakter, Kearifan Lokal, LKPD Character Education, Local Wisdom, LKPD
Galleys  :  
Diterbitkan  :  
2024-03-03
Cara Mengutip  :  
Fatimah, I. D., & Wiratama, N. A. (2024). PENGEMBANGAN LKPD BERBASIS KARAKTER KEARIFAN LOKAL PELAJARAN PPKn PADA KELAS IV SD. Jurnal Tunas Pendidikan, 6(2), 430–436. https://doi.org/10.52060/pgsd.v6i2.1786
Terbitan  :