THE INFLUENCE OF PUZZLE GAMES ON THE COLLABORATIVE ABILITY OF CHILDREN AGED 5-6 YEARS IN THE PEMBINA STATE KINDERGARTEN IN SUNGAI FULL CITY
Abstrak
Penelitian ini berdasarkan pada kenyataan bahwa masih kurangnya kemampuan kerjasama pada anak usia 5-6 tahun . Hal ini terlihat dari masih banyak anak yang belum mau bermain dan berbagi mainan bersama, masih kurangnya sikap dan rasa untuk saling membantu dan juga kurang bervariasinya kegiatan yang dilakukan untuk mengembangkan kerjasama pada anak di TK tersebut. Kemampuan Kerjasama pada anak sangat perlu untuk diajarkan sejak dini, anak belajar melalui bermain, dengan memanfaatkan media puzzle dapat meningkatkan kemampuan Kerjasama anak. Tujuan dari penelitian ini adalah Untuk mengetahui pengaruh permainan puzzle terhadap kemampuan kerjasama anak usia 5-6 tahun di TK Negeri Pembina Kota Sungai Penuh. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kuantitatif yang menggunakan metode eksperimen. Penelitian ini termasuk Pre-Eksperimental Design. Populasi penelitian ini berjumlah 16 orang anak, Sampel penelitian ini berjumlah 16 orang anak dari keseluruhan populasi yang dipilih menggunakan jenis sampling jenuh. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan observasi. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah uji-t. Berdasarkan hasil penelitian yang di peroleh, nilai ttabel adalah 1,7531, sedangkan nilai t yang diperoleh adalah sebesar 8,91942 , maka t> t, hal ini berarti, terdapat pengaruh permainan puzzle terhadap kemampuan Kerjasama anak usia 5-6 tahun di TK Negeri Pembina Kota Sungai Penuh.
Referensi
Aqib, Zainal, 2016. Penelitian Tindakan Kelas Berserta Sistematika Proposal dan Laporannya. Jakarta Bumi Aksara
Depdiknas. Petunjuk Teknik Penyelenggaraan Pendidikan Anak Usia Dini. Depdiknas, 2006.
Komariyah & Laili, 2018. Pengaruh kemampuan Berfikir Kritis. Terhadap hasil belajar Matematika . Jurnal Penelitian Dan pengajaran Matematika. Vol 4. No 2
Kuswana, 2012. Taksonomi Berpikir, Bandung, Rosda
Mason, Mark, 2017. Critical Thinking and Learning. Australia: B;ackwall Publising
Maria, Montessori. “The Absorbent Mind, Pikiran Yang Mudah Menyerap, Terjemahan Dariyatno.” Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2008.
Malahayati. 50 Permainan Melatih Kecerdasan Anak. Nusantara Publisher, 2009.
Mawaddah, Siti, Anisah, Hana. (2015). Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Pada Pembelajaran Matematika Dengan Menggunakan Model Pembelajaran Generatif (Generatif Learning) di SMP. FKIP Universitas Lampung Mangkurat. Volume 3 No 2, Oktober 2015. https://doi.org/10.20527/edumat.v3i2.644’
Safitri, D., Syukri, M., &. Yuniarni D. Meningkatkan Kemampuan PPeningkatan Kemampuan Daya Ingat Melalui Permainan Puzzle Pada Anak Usia 5-6 Tahun. Universitas Tanjungpura Pontianak. 2014, http://jurnal.untan.ac.id/index.php/j pdpb/article/view/5667.
Keywords | : |
Kata Kunci:
Permainan Puzzzle, Kemampuan Kerjasama, Anak Usia Dini Puzzle Games, Children’s Critical Thinking Ability, Early Childhood
|
Galleys | : | |
Diterbitkan | : |
2024-10-01
|
Cara Mengutip | : |
Thezy, T. M. W. (2024). THE INFLUENCE OF PUZZLE GAMES ON THE COLLABORATIVE ABILITY OF CHILDREN AGED 5-6 YEARS IN THE PEMBINA STATE KINDERGARTEN IN SUNGAI FULL CITY. Jurnal Tunas Pendidikan, 7(1), 107–113. https://doi.org/10.52060/pgsd.v7i1.1775
|
Terbitan | : |
Bagian
Articles
|