PEMANFAATAN SUMBER BELAJAR DIGITAL TERHADP PENGEMBANGAN PESERTA DIDIK DI SDN 13 MUARA SIBERUT PADA ERA REVOLUSI 4.0

Irwan Suhendra ( Universitas Negeri Padang )
Riska Nanda Putri ( Universitas Negeri Padang )
Darmansyah Darmansyah ( Universitas Negeri Padang )
Yanti Fitria ( Universitas Negeri Padang )

Abstrak

Perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi yang pesat memiliki dampak signifikan pada kehidupan manusia, terutama dalam konteks pendidikan. Teknologi digital membawa kemudahan dan inovasi yang berpengaruh besar. Layanan menjadi lebih cepat, efisien, dan memiliki jangkauan koneksi yang luas baik secara online maupun offline. Meskipun memberikan keuntungan dalam kehidupan sehari-hari, penggunaan teknologi digital dalam konteks pendidikan juga membawa dampak negatif. Sektor pendidikan terus mengikuti perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi, khususnya dalam revolusi industri 4.0, dengan fokus pada teknologi informasi dan komunikasi. Pendidikan harus mempelajari dan mengadaptasi perubahan ini, dan para pendidik diharapkan mampu mengaplikasikannya untuk membantu peserta didik dalam memecahkan masalah belajar serta meningkatkan kinerja mereka. Dalam konteks ini, peningkatan kinerja yang signifikan terjadi di sektor pendidikan, terutama bagi para guru, yang memiliki peran krusial dalam mengubah pendekatan pembelajaran dan meningkatkan mutu pendidikan. Hasil dari Penelitian ini adalah Sebagian besar Guru di SDN 13 Muara Siberut ini Tidak Bisa memanfaatkan sumber belajar digital tersebut, dikarenakan tidak bisa mengaplikasikan atau menggunakan sumber belajar digital, maka dari itu perlu nya peningkatan kompetensi dari guru dengan mengadakan workshop, pelatihan ataupun upskilling.

Referensi

Abdullah, S. (2020). URGENSI PENDIDIKAN KARAKTER BERBASIS LITERASI DIGITAL PADA SISWA SDN 39 KOTA TERNATE. 1.
Agustriani, J., Wulandari, Y., & Wulandari, R. (2022). PENGELOLAAN SARANA DAN PRASARANA KELOMPOK BERMAIN ( KB ). 1(3), 351–362.
Bararah, I. (2020). Pengelolaan sarana dan prasarana pendidikan dalam meningkatkan kualitas pembelajaran. 10(2), 351–370.
Febriyanti, A. (2015). SCANNING LINGKUNGAN EKSTERNAL DAN INTERNAL LEMBAGA PENDIDIKAN ISLAM Oleh. III(2), 1–13.
Hakim, L. (2021). TRANSFORMASI PENDIDIKAN AGAMA ISLAM : STRATEGI DAN ADAPTASI PADA ERA REVOLUSI INDUSTRI 4 . 0. 9(4), 760–766.
Junaedi, I. (2019). PROSES PEMBELAJARAN YANG EFEKTIF. 3(2), 19–25.
Khoiron, M. (2021). Media pembelajaran untuk generasi milenial (Vol. 000, Issue 1).
Lase, D. (2019). Pendidikan di Era Revolusi Industri 4.0 Education.
Musthafa, I., Meliani, F., Negeri, I., Gunung, S., & Bandung, D. (2021). Penerapan Metode Pembelajaran Islam Klasik Al-Zarnuji di Era Revolusi Industri 4 . 0. 4(November), 664–677.
Ningratri, Y. A. (2022). ANALISIS FASILITAS PENDIDIKAN SARANA DAN PRASARANA PADA MTS HIFZHIL QUR ’ AN ISLAMIC CENTRE MEDAN ANALYSIS OF EDUCATIONAL FACILITIES AND INFRASTRUCTURE IN MTS HIFZHIL QUR ’ AN ISLAMIC CENTER MEDAN. 8(1), 69–74.
Ningsih, M. (2018). Pengaruh perkembangan revolusi industri 4.0 dalam dunia teknologi di indonesia. 1–12.
Ruslan, A., Pranata, K., Azizah, N., Fatayan, A., Muhammadiyah, U., & Hamka, P. (2022). Analisis Peran Guru dalam Implementasi Nilai-Nilai Karakter melalui Pembelajaran Jarak Jauh di Masa Pandemi Covid-19. 6(6), 9908–9916.
Satrio Utomo, Susalit Setya Wibowo, Nugraheni Setiastuti, A. R. H. (2020). Penilaian Tingkat Kesiapan Inovasi Perguruan Tinggi XYZ Menghadapi Revolusi Industri 4 . 0. 2, 0–5.
Setiawan, A. A., Dani, J. A., & Syaifullah, J. (2023). Fenomena Media Baru Dan Hubungan Timbal Balik Komunikasi Dalam Disrupsi Pendidikan. 4(02), 47–59.
Sinaga, A. V. (2023). Peranan Teknologi dalam Pembelajaran untuk Membentuk Karakter dan Skill Peserta Didik Abad 21. 06(01), 2836–2846.
Soro, S. H., Budiman, K., Suprihadi, D., Ainiyah, N., & Garut, I. P. I. (2023). AL-AFKAR : Journal for Islamic Studies Implementasi Pengelolaan Sarana Prasarana Dalam Pemenuhan Standar Mutu Pendidikan Di Institut Perguruan Tinggi ( IPI ) Garut. 6(2), 291–303. https://doi.org/10.31943/afkarjournal.v6i2.669.Implementation
Sugiyono & Lestari, 2021. (2020). Buku Metode Penelitian Komunikasi.pdf.
Surahman, Redha Rahmani, Usman Radiana, A. I. S. (2022). Peran Guru Penggerak dalam Pendidikan Merdeka Belajar di Kubu Raya. Jurnal Pendidikan Indonesia, 03(04), 376–387.

Keywords  :  
Kata Kunci: Kata kunci: Belajar digital, peserta didik, 4.0 Keywords: Digital learning, learners, 4.0
Galleys  :  
Diterbitkan  :  
2024-03-03
Cara Mengutip  :  
Suhendra, I., Putri, R. N., Darmansyah, D., & Fitria, Y. (2024). PEMANFAATAN SUMBER BELAJAR DIGITAL TERHADP PENGEMBANGAN PESERTA DIDIK DI SDN 13 MUARA SIBERUT PADA ERA REVOLUSI 4.0. Jurnal Tunas Pendidikan, 6(2), 411–417. https://doi.org/10.52060/pgsd.v6i2.1727
Terbitan  :