KAMPUS MENGAJAR DI SDN 006/IV JAMBI MENINGKATKAN LITERASI DIGITAL, PENDIDIKAN KARAKTER, DAN KESEJAHTERAAN SISWA MELALUI INOVASI PEMBELAJARAN

KAMPUS MENGAJAR DI SDN 006/IV JAMBI MENINGKATKAN LITERASI DIGITAL, PENDIDIKAN KARAKTER, DAN KESEJAHTERAAN SISWA MELALUI INOVASI PEMBELAJARAN

Arini Syafitri ( universitas jambi )

Abstrak

Kampus Mengajar di SDN 006/IV Jambi merupakan inisiatif yang berhasil mengintegrasikan pembelajaran dan pelayanan masyarakat untuk meningkatkan literasi digital, pendidikan karakter, dan kesejahteraan siswa. Melalui mensosialisasikan penggunaan laman literacycould, kegiatan membaca nyaring, serta pembiasaan budaya 5S, program ini menciptakan lingkungan pembelajaran yang holistik. Administrasi perpustakaan yang efisien, sosialisasi kesehatan gigi dan mulut, pemasangan spanduk anti bullying, dan festival literasi dan numerasi menunjukkan pendekatan yang komprehensif dalam pengembangan pendidikan. Keseluruhan upaya ini dilakukan melalui kolaborasi antara dosen pembimbing lapangan, tim Kampus Mengajar, dan pihak sekolah, memberikan dampak positif pada karakter siswa, peningkatan literasi, dan pengembangan keterampilan yang relevan. Kampus Mengajar di SDN 006/IV Jambi berhasil mencapai tujuannya sebagai agen perubahan dalam pendidikan dan pelayanan masyarakat.

Referensi

Alamin, Z., Sutriawan, S., Annafi, N., & Lukman, L. (2022). Kolaborasi Bersama Menuju Pendidikan Berkualitas: Pengalaman Penerapan Service Learning di Sekolah Menengah Atas. Taroa: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 1(1), 60-70. https://doi.org/10.52266/taroa.v1i1.969

Annisa, M. N., Wiliah, A., & Rahmawati, N. (2020). Pentingnya pendidikan karakter pada anak sekolah dasar di zaman serba digital. Diakses pada https://ejournal.stitpn.ac.id/Index.Php/Bintang/Article/View/558

Ardiansyah, A. E. S. (2023). Masjid Al-Ikhlas Kelurahan Bareng Kota Malang Sebagai Pusat Peradaban dan Kemakmuran Perspektif Konstruksi Sosial. Asketik: Jurnal Agama dan Perubahan Sosial, 7(1), 63-88. https://doi.org/10.30762/asketik.v7i1.1037

Assyakurrohim, D., Ikhram, D., Sirodj, R. A., & Afgani, M. W. (2023). Metode studi kasus dalam penelitian kualitatif. Jurnal Pendidikan Sains Dan Komputer, 3(01), 1-9. https://doi.org/10.47709/jpsk.v3i01.1951

Baharuddin, M. R. (2021). Adaptasi kurikulum merdeka belajar kampus merdeka (Fokus: model MBKM program studi). Jurnal Studi Guru Dan Pembelajaran, 4(1), 195-205. https://doi.org/10.30605/jsgp.4.1.2021.591

Bahri, S. (2021). Literasi digital menangkal hoaks covid-19 di media sosial. Jurnal Ilmu Komunikasi (JKMS), 10(1), 16-28. http://dx.doi.org/10.35967/jkms.v10i1.7452

Bali, E. N., Bunga, B., & Kale, S. (2022). Kampus Mengajar: Upaya Transformasi Mutu Pendidikan Sekolah Dasar Di Nusa Tenggara Timur. Jurnal Pendidikan Dasar Flobamorata, 3(1), 237-241. https://doi.org/10.51494/jpdf.v3i1.658

Budiyati, E. (2023). Pengaruh Konsep Diri Sebagai Prediktor Kesehatan Mental Mahasiswa. LANCAH: Jurnal Inovasi dan Tren, 1(2), 233-238. https://doi.org/10.35870/ljit.v1i2.2158

Enyanto, M. E., Akbar, B. A., & Rachman, I. F. (2024). Peran Literasi Digital Dalam Pencapaian SDGS 2030: Persfektif Pendidikan & Pengembangan Masyarakat. JIP: Jurnal Ilmu Pendidikan, 2(6), 944-954. https://jip.joln.org/index.php/pendidikan/article/view/244

Farid, A. (2023). Literasi Digital Sebagai Jalan Penguatan Pendidikan Karakter Di Era Society 5.0. Cetta: Jurnal Ilmu Pendidikan, 6(3), 580-597. https://doi.org/10.37329/cetta.v6i3.2603

Fuadi, T. M. (2022, June). Konsep merdeka belajar-kampus merdeka (MBKM): Aplikasinya dalam pendidikan biologi. In Prosiding Seminar Nasional Biologi, Teknologi dan Kependidikan (Vol. 9, No. 2, pp. 38-55). http://dx.doi.org/10.22373/pbio.v9i2.11594

Halim, A. (2022). Signifikansi dan implementasi berpikir kritis dalam proyeksi dunia pendidikan abad 21 pada tingkat sekolah dasar. Jurnal Indonesia Sosial Teknologi, 3(03), 404-418. https://doi.org/10.59141/jist.v3i03.385

Irawan, R., Haryati, T., Amrin, A., & Hidayat, A. G. (2022). Analisis adaptasi pelaksanaan MBKM dalam kurikulum perguruan tinggi akademik di STKIP Taman Siswa Bima (telaah studi pada prodi PGSD, PJKR dan pendidikan matematika; hibah program bantuan prodi menerapkan kerja sama kurikulum MBKM). JIIP-Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 5(9), 3814-3823. https://doi.org/10.54371/jiip.v5i9.942

Islamiati, A. (2023). Memperkuat Karakter Melalui Landasan Filosofi Menggali Potensi Peserta Didik Di Sekolah Dasar. Didaktik: Jurnal Ilmiah PGSD STKIP Subang, 9(2), 1375-1393. https://doi.org/10.36989/didaktik.v9i2.872

Istiqomah, N., Lisdawati, L., & Adiyono, A. (2023). Reinterpretasi Metode Pembelajaran Sejarah Kebudayaan Islam: Optimalisasi Implementasi dalam Kurikulum 2013 di Madrasah Aliyah. IQRO: Journal of Islamic Education, 6(1), 85-106. https://doi.org/10.24256/iqro.v6i1.4084

Jannah, M. (2020). Peran pembelajaran aqidah akhlak untuk menanamkan nilai pendidikan karakter siswa. Al-Madrasah: Jurnal Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah, 4(2), 237-252. http://dx.doi.org/10.35931/am.v4i2.326

Jufriadi, A., Huda, C., Aji, S. D., Pratiwi, H. Y., & Ayu, H. D. (2022). Analisis keterampilan abad 21 melalui implementasi kurikulum merdeka belajar kampus merdeka. Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 7(1), 39-53. https://doi.org/10.24832/jpnk.v7i1.2482

Khoirroni, I. A., Patinasarani, R., Hermayanti, N. I., & Santoso, G. (2023). Pendidikan Karakter: Tingkat Anak Sekolah Dasar di Era Digital. Jurnal Pendidikan Transformatif, 2(2), 269-279. https://doi.org/10.9000/jpt.v2i2.372

La ode Onde, M., Aswat, H., Fitriani, B., & Sari, E. R. (2020). Integrasi Penguatan Pendidikan Karakter (PPK) ERA 4.0 Pada Pembelajaran Berbasis Tematik Integratif Di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 4(2), 268-279. https://doi.org/10.31004/basicedu.v4i2.321

Latifah, L., & Rahmawati, F. P. (2022). Penerapan Program CALISTUNG untuk Meningkatkan Literasi Numerasi Siswa Kelas Rendah di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(3), 5021-5029. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i3.3003

Loar, Y. N., & Setiawati, E. (2023). Manajemen Pengelolaan Perpustakaan Sekolah: Studi Analisis Pengelolaan Perpustakaan Sekolah. Jurnal Manajemen & Bisnis, 13(1). Diakses pada http://ejournal.sainttheresa.ac.id/index.php/jmb/article/view/101

Lubis, M. U., Siagian, F. A., Zega, Z., Nuhdin, N., & Nasution, A. F. (2023). Pengembangan Kurikulum Merdeka Sebagai Upaya Peningkatan Keterampilan Abad 21 Dalam Pendidikan. ANTHOR: Education and Learning Journal, 2(5), 691-695. https://doi.org/10.31004/anthor.v1i5.222

Muis, M. A., Murni, J., & Al Haqqi, M. T. (2023). Penguatan Pendidikan Karakter Melalui Literasi Digital Pada Generasi Z. Jurnal Kajian Agama Islam, 7(12). https://rel.ojs.co.id/index.php/jkai/article/view/11

Muzakkar, S. P. A. L. A., Fitriani, B. S. I. R., & Taufiq, M. (2022). Kebijakan Kurikulum Merdeka Belajar Kampus Merdeka di Indonesia dan Relevansinya dengan Era Distrupsi. Jurnal Kewarganegaraan, 6(1).

Pahrijal, R., Priyana, Y., & Sukini, S. (2023). Keterampilan Penting dalam Abad ke-21: Pendidikan dan Kesuksesan Profesional. Jurnal Pendidikan West Science, 1(09), 583-589. https://doi.org/10.58812/jpdws.v1i09.679

Parma, P., Singgih, A., & Amin, A. (2023). Inovasi Dalam Kurikulum Pendidikan Islam untuk Meningkatkan Karakter dan Etika Siswa. Innovative: Journal Of Social Science Research, 3(6), 7208-7219. https://doi.org/10.31004/innovative.v3i6.7295

Prabowo, S., Andayani, A., & Hanafi, H. (2023). Literasi Digital dalam Pembelajaran: Perspektif Alumni PGSD. Jurnal Basicedu, 7(1), 99-105. https://doi.org/10.31004/basicedu.v7i1.4322

Saharani, D. P. D., Rahmayani, H., Putri, P. A., & Rahmayani, S. (2024). Pentingnya Pendidikan Karakter Terhadap Pembentukan Moral Anak Sekolah Dasar. Jurnal Bima: Pusat Publikasi Ilmu Pendidikan bahasa dan Sastra, 2(2), 234-240. https://doi.org/10.61132/bima.v2i2.860

Saputri, R. E., Istiqomah, I., & Yunita, R. Y. R. (2024). Strategi Guru Dalam Mengelola Kelas Yang Efektif Dalam Meningkatkan Disiplin Belajar Siswa. Sindoro: Cendikia Pendidikan, 3(7), 69-79. https://doi.org/10.9644/sindoro.v3i7.2430

Saragih, H. T. (2024). Pengaruh Lingkungan Sekolah Terhadap Kesejahteraan Psikologis Siswa. Circle Archive, 1(4). https://circle-archive.com/index.php/carc/article/view/99

Sumini, S., Saputra, W. N. E., & Suardiman, S. P. (2020). Efektivitas konseling kelompok ringkas berfokus solusi untuk mengembangkan konsep diri akademik Siswa. Counsellia: Jurnal Bimbingan dan Konseling, 10(2), 97-108. http://doi.org/10.25273/counsellia.v10i2.5144

Suryana, E., Aprina, M. P., & Harto, K. (2022). Teori Konstruktivistik dan Implikasinya dalam Pembelajaran. JIIP-Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 5(7), 2070-2080. https://doi.org/10.54371/jiip.v5i7.666

Tizaka, R. M. P., & Ismail, H. (2023). Analisis Pelaksanaan Program Sekolah Ramah Anak di Surabaya: Studi pada SDN Kedungdoro V dalam Menciptakan Lingkungan Sekolah yang Bebas Kekerasan Fisik dan Bullying. Jurnal Ilmiah Dan Karya Mahasiswa, 1(6), 218-232. https://jurnal.itbsemarang.ac.id/index.php/JIKMA/article/download/1092/1035

Vivi, R. K., & Kusmiarti, R. (2022). Upaya Peningkatan Kemampuan Literasi, Numerasi, Adaptasi Teknologi Serta Membantu Administrasi Sekolah Melalui Program Kampus Mengajar Angkatan 3 Studi Kasus Smp Negeri 39 Bengkulu Utara. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (JIMAKUKERTA), 2(2), 480-484. https://doi.org/10.36085/jimakukerta.v2i2.2654

Yanuarsari, R., Asmadi, I., Muchtar, H. S., & Sulastini, R. (2022). Peran program merdeka belajar kampus merdeka dalam meningkatkan kemandirian desa. Comm-Edu (Community Education Journal), 5(2), 52-62. https://doi.org/10.22460/comm-edu.v5i2.9659

Yulianti, E. (2024). Pengaruh Pendampingan Gosok Gigi yang Benar terhadap Peningkatan Kesadaran Kesehatan Gigi dan Mulut pada Siswa SDN 3 Asrikaton Kabupaten Malang: “Pengaruh Pendampingan Menyikat Gigi Yang Benar Terhadap Peningkatan Kesadaran Kesehatan Gigi Dan Mulut Pada Siswa SDN 3 Asrikaton Kabupaten Malang.” . Surya: Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat , 6 (1), 1-9. https://doi.org/10.37150/jsu.v6i1.2588


Keywords  :  
Kata Kunci: Teaching Campus, Digital Literacy, Character Education Teaching Campus, Digital Literacy, Character Education
Galleys  :  
Diterbitkan  :  
2024-10-01
Cara Mengutip  :  
Syafitri, A. (2024). KAMPUS MENGAJAR DI SDN 006/IV JAMBI MENINGKATKAN LITERASI DIGITAL, PENDIDIKAN KARAKTER, DAN KESEJAHTERAAN SISWA MELALUI INOVASI PEMBELAJARAN: KAMPUS MENGAJAR DI SDN 006/IV JAMBI MENINGKATKAN LITERASI DIGITAL, PENDIDIKAN KARAKTER, DAN KESEJAHTERAAN SISWA MELALUI INOVASI PEMBELAJARAN. Jurnal Tunas Pendidikan, 7(1), 65–78. https://doi.org/10.52060/pgsd.v7i1.1721
Terbitan  :