KAMPUS MENGAJAR DI SDN 006/IV JAMBI MENINGKATKAN LITERASI DIGITAL, PENDIDIKAN KARAKTER, DAN KESEJAHTERAAN SISWA MELALUI INOVASI PEMBELAJARAN
KAMPUS MENGAJAR DI SDN 006/IV JAMBI MENINGKATKAN LITERASI DIGITAL, PENDIDIKAN KARAKTER, DAN KESEJAHTERAAN SISWA MELALUI INOVASI PEMBELAJARAN
Abstrak
Kampus Mengajar di SDN 006/IV Jambi merupakan inisiatif yang berhasil mengintegrasikan pembelajaran dan pelayanan masyarakat untuk meningkatkan literasi digital, pendidikan karakter, dan kesejahteraan siswa. Melalui mensosialisasikan penggunaan laman literacycould, kegiatan membaca nyaring, serta pembiasaan budaya 5S, program ini menciptakan lingkungan pembelajaran yang holistik. Administrasi perpustakaan yang efisien, sosialisasi kesehatan gigi dan mulut, pemasangan spanduk anti bullying, dan festival literasi dan numerasi menunjukkan pendekatan yang komprehensif dalam pengembangan pendidikan. Keseluruhan upaya ini dilakukan melalui kolaborasi antara dosen pembimbing lapangan, tim Kampus Mengajar, dan pihak sekolah, memberikan dampak positif pada karakter siswa, peningkatan literasi, dan pengembangan keterampilan yang relevan. Kampus Mengajar di SDN 006/IV Jambi berhasil mencapai tujuannya sebagai agen perubahan dalam pendidikan dan pelayanan masyarakat.
Referensi
Alamin, Z., Sutriawan, S., Annafi, N., & Lukman, L. (2022). Kolaborasi Bersama Menuju Pendidikan Berkualitas: Pengalaman Penerapan Service Learning di Sekolah Menengah Atas. Taroa: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 1(1), 60-70. https://doi.org/10.52266/taroa.v1i1.969
Annisa, M. N., Wiliah, A., & Rahmawati, N. (2020). Pentingnya pendidikan karakter pada anak sekolah dasar di zaman serba digital. Diakses pada https://ejournal.stitpn.ac.id/Index.Php/Bintang/Article/View/558
Ardiansyah, A. E. S. (2023). Masjid Al-Ikhlas Kelurahan Bareng Kota Malang Sebagai Pusat Peradaban dan Kemakmuran Perspektif Konstruksi Sosial. Asketik: Jurnal Agama dan Perubahan Sosial, 7(1), 63-88. https://doi.org/10.30762/asketik.v7i1.1037
Assyakurrohim, D., Ikhram, D., Sirodj, R. A., & Afgani, M. W. (2023). Metode studi kasus dalam penelitian kualitatif. Jurnal Pendidikan Sains Dan Komputer, 3(01), 1-9. https://doi.org/10.47709/jpsk.v3i01.1951
Baharuddin, M. R. (2021). Adaptasi kurikulum merdeka belajar kampus merdeka (Fokus: model MBKM program studi). Jurnal Studi Guru Dan Pembelajaran, 4(1), 195-205. https://doi.org/10.30605/jsgp.4.1.2021.591
Bahri, S. (2021). Literasi digital menangkal hoaks covid-19 di media sosial. Jurnal Ilmu Komunikasi (JKMS), 10(1), 16-28. http://dx.doi.org/10.35967/jkms.v10i1.7452
Bali, E. N., Bunga, B., & Kale, S. (2022). Kampus Mengajar: Upaya Transformasi Mutu Pendidikan Sekolah Dasar Di Nusa Tenggara Timur. Jurnal Pendidikan Dasar Flobamorata, 3(1), 237-241. https://doi.org/10.51494/jpdf.v3i1.658
Budiyati, E. (2023). Pengaruh Konsep Diri Sebagai Prediktor Kesehatan Mental Mahasiswa. LANCAH: Jurnal Inovasi dan Tren, 1(2), 233-238. https://doi.org/10.35870/ljit.v1i2.2158
Enyanto, M. E., Akbar, B. A., & Rachman, I. F. (2024). Peran Literasi Digital Dalam Pencapaian SDGS 2030: Persfektif Pendidikan & Pengembangan Masyarakat. JIP: Jurnal Ilmu Pendidikan, 2(6), 944-954. https://jip.joln.org/index.php/pendidikan/article/view/244
Farid, A. (2023). Literasi Digital Sebagai Jalan Penguatan Pendidikan Karakter Di Era Society 5.0. Cetta: Jurnal Ilmu Pendidikan, 6(3), 580-597. https://doi.org/10.37329/cetta.v6i3.2603
Fuadi, T. M. (2022, June). Konsep merdeka belajar-kampus merdeka (MBKM): Aplikasinya dalam pendidikan biologi. In Prosiding Seminar Nasional Biologi, Teknologi dan Kependidikan (Vol. 9, No. 2, pp. 38-55). http://dx.doi.org/10.22373/pbio.v9i2.11594
Halim, A. (2022). Signifikansi dan implementasi berpikir kritis dalam proyeksi dunia pendidikan abad 21 pada tingkat sekolah dasar. Jurnal Indonesia Sosial Teknologi, 3(03), 404-418. https://doi.org/10.59141/jist.v3i03.385
Irawan, R., Haryati, T., Amrin, A., & Hidayat, A. G. (2022). Analisis adaptasi pelaksanaan MBKM dalam kurikulum perguruan tinggi akademik di STKIP Taman Siswa Bima (telaah studi pada prodi PGSD, PJKR dan pendidikan matematika; hibah program bantuan prodi menerapkan kerja sama kurikulum MBKM). JIIP-Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 5(9), 3814-3823. https://doi.org/10.54371/jiip.v5i9.942
Islamiati, A. (2023). Memperkuat Karakter Melalui Landasan Filosofi Menggali Potensi Peserta Didik Di Sekolah Dasar. Didaktik: Jurnal Ilmiah PGSD STKIP Subang, 9(2), 1375-1393. https://doi.org/10.36989/didaktik.v9i2.872
Istiqomah, N., Lisdawati, L., & Adiyono, A. (2023). Reinterpretasi Metode Pembelajaran Sejarah Kebudayaan Islam: Optimalisasi Implementasi dalam Kurikulum 2013 di Madrasah Aliyah. IQRO: Journal of Islamic Education, 6(1), 85-106. https://doi.org/10.24256/iqro.v6i1.4084
Jannah, M. (2020). Peran pembelajaran aqidah akhlak untuk menanamkan nilai pendidikan karakter siswa. Al-Madrasah: Jurnal Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah, 4(2), 237-252. http://dx.doi.org/10.35931/am.v4i2.326
Jufriadi, A., Huda, C., Aji, S. D., Pratiwi, H. Y., & Ayu, H. D. (2022). Analisis keterampilan abad 21 melalui implementasi kurikulum merdeka belajar kampus merdeka. Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 7(1), 39-53. https://doi.org/10.24832/jpnk.v7i1.2482
Khoirroni, I. A., Patinasarani, R., Hermayanti, N. I., & Santoso, G. (2023). Pendidikan Karakter: Tingkat Anak Sekolah Dasar di Era Digital. Jurnal Pendidikan Transformatif, 2(2), 269-279. https://doi.org/10.9000/jpt.v2i2.372
La ode Onde, M., Aswat, H., Fitriani, B., & Sari, E. R. (2020). Integrasi Penguatan Pendidikan Karakter (PPK) ERA 4.0 Pada Pembelajaran Berbasis Tematik Integratif Di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 4(2), 268-279. https://doi.org/10.31004/basicedu.v4i2.321
Latifah, L., & Rahmawati, F. P. (2022). Penerapan Program CALISTUNG untuk Meningkatkan Literasi Numerasi Siswa Kelas Rendah di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(3), 5021-5029. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i3.3003
Loar, Y. N., & Setiawati, E. (2023). Manajemen Pengelolaan Perpustakaan Sekolah: Studi Analisis Pengelolaan Perpustakaan Sekolah. Jurnal Manajemen & Bisnis, 13(1). Diakses pada http://ejournal.sainttheresa.ac.id/index.php/jmb/article/view/101
Lubis, M. U., Siagian, F. A., Zega, Z., Nuhdin, N., & Nasution, A. F. (2023). Pengembangan Kurikulum Merdeka Sebagai Upaya Peningkatan Keterampilan Abad 21 Dalam Pendidikan. ANTHOR: Education and Learning Journal, 2(5), 691-695. https://doi.org/10.31004/anthor.v1i5.222
Muis, M. A., Murni, J., & Al Haqqi, M. T. (2023). Penguatan Pendidikan Karakter Melalui Literasi Digital Pada Generasi Z. Jurnal Kajian Agama Islam, 7(12). https://rel.ojs.co.id/index.php/jkai/article/view/11
Muzakkar, S. P. A. L. A., Fitriani, B. S. I. R., & Taufiq, M. (2022). Kebijakan Kurikulum Merdeka Belajar Kampus Merdeka di Indonesia dan Relevansinya dengan Era Distrupsi. Jurnal Kewarganegaraan, 6(1).
Pahrijal, R., Priyana, Y., & Sukini, S. (2023). Keterampilan Penting dalam Abad ke-21: Pendidikan dan Kesuksesan Profesional. Jurnal Pendidikan West Science, 1(09), 583-589. https://doi.org/10.58812/jpdws.v1i09.679
Parma, P., Singgih, A., & Amin, A. (2023). Inovasi Dalam Kurikulum Pendidikan Islam untuk Meningkatkan Karakter dan Etika Siswa. Innovative: Journal Of Social Science Research, 3(6), 7208-7219. https://doi.org/10.31004/innovative.v3i6.7295
Prabowo, S., Andayani, A., & Hanafi, H. (2023). Literasi Digital dalam Pembelajaran: Perspektif Alumni PGSD. Jurnal Basicedu, 7(1), 99-105. https://doi.org/10.31004/basicedu.v7i1.4322
Saharani, D. P. D., Rahmayani, H., Putri, P. A., & Rahmayani, S. (2024). Pentingnya Pendidikan Karakter Terhadap Pembentukan Moral Anak Sekolah Dasar. Jurnal Bima: Pusat Publikasi Ilmu Pendidikan bahasa dan Sastra, 2(2), 234-240. https://doi.org/10.61132/bima.v2i2.860
Saputri, R. E., Istiqomah, I., & Yunita, R. Y. R. (2024). Strategi Guru Dalam Mengelola Kelas Yang Efektif Dalam Meningkatkan Disiplin Belajar Siswa. Sindoro: Cendikia Pendidikan, 3(7), 69-79. https://doi.org/10.9644/sindoro.v3i7.2430
Saragih, H. T. (2024). Pengaruh Lingkungan Sekolah Terhadap Kesejahteraan Psikologis Siswa. Circle Archive, 1(4). https://circle-archive.com/index.php/carc/article/view/99
Sumini, S., Saputra, W. N. E., & Suardiman, S. P. (2020). Efektivitas konseling kelompok ringkas berfokus solusi untuk mengembangkan konsep diri akademik Siswa. Counsellia: Jurnal Bimbingan dan Konseling, 10(2), 97-108. http://doi.org/10.25273/counsellia.v10i2.5144
Suryana, E., Aprina, M. P., & Harto, K. (2022). Teori Konstruktivistik dan Implikasinya dalam Pembelajaran. JIIP-Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 5(7), 2070-2080. https://doi.org/10.54371/jiip.v5i7.666
Tizaka, R. M. P., & Ismail, H. (2023). Analisis Pelaksanaan Program Sekolah Ramah Anak di Surabaya: Studi pada SDN Kedungdoro V dalam Menciptakan Lingkungan Sekolah yang Bebas Kekerasan Fisik dan Bullying. Jurnal Ilmiah Dan Karya Mahasiswa, 1(6), 218-232. https://jurnal.itbsemarang.ac.id/index.php/JIKMA/article/download/1092/1035
Vivi, R. K., & Kusmiarti, R. (2022). Upaya Peningkatan Kemampuan Literasi, Numerasi, Adaptasi Teknologi Serta Membantu Administrasi Sekolah Melalui Program Kampus Mengajar Angkatan 3 Studi Kasus Smp Negeri 39 Bengkulu Utara. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (JIMAKUKERTA), 2(2), 480-484. https://doi.org/10.36085/jimakukerta.v2i2.2654
Yanuarsari, R., Asmadi, I., Muchtar, H. S., & Sulastini, R. (2022). Peran program merdeka belajar kampus merdeka dalam meningkatkan kemandirian desa. Comm-Edu (Community Education Journal), 5(2), 52-62. https://doi.org/10.22460/comm-edu.v5i2.9659
Yulianti, E. (2024). Pengaruh Pendampingan Gosok Gigi yang Benar terhadap Peningkatan Kesadaran Kesehatan Gigi dan Mulut pada Siswa SDN 3 Asrikaton Kabupaten Malang: “Pengaruh Pendampingan Menyikat Gigi Yang Benar Terhadap Peningkatan Kesadaran Kesehatan Gigi Dan Mulut Pada Siswa SDN 3 Asrikaton Kabupaten Malang.” . Surya: Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat , 6 (1), 1-9. https://doi.org/10.37150/jsu.v6i1.2588
Keywords | : |
Kata Kunci:
Teaching Campus, Digital Literacy, Character Education Teaching Campus, Digital Literacy, Character Education
|
Galleys | : | |
Diterbitkan | : |
2024-10-01
|
Cara Mengutip | : |
Syafitri, A. (2024). KAMPUS MENGAJAR DI SDN 006/IV JAMBI MENINGKATKAN LITERASI DIGITAL, PENDIDIKAN KARAKTER, DAN KESEJAHTERAAN SISWA MELALUI INOVASI PEMBELAJARAN: KAMPUS MENGAJAR DI SDN 006/IV JAMBI MENINGKATKAN LITERASI DIGITAL, PENDIDIKAN KARAKTER, DAN KESEJAHTERAAN SISWA MELALUI INOVASI PEMBELAJARAN. Jurnal Tunas Pendidikan, 7(1), 65–78. https://doi.org/10.52060/pgsd.v7i1.1721
|
Terbitan | : |
Bagian
Articles
|