Peningkatan Minat Belajar Siswa SD Negeri 061/III Kebun Baru Melalui Program Kerja Mahasiswa Kampus Mengajar 6
Abstrak
Kualitas pendidikan di Indonesia saat ini masih tergolong memprihatinkan apalagi di daerah 3T dikarenakan adanya kesenjangan akses internet dan pendidikan. Hal ini juga didukung oleh cara mengajar seorang pendidik yang dianggap membosankan bagi peserta didik. Oleh karena itu, guru dituntut untuk menciptakan pembelajaran yang menyenangkan. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk melihat minat belajar peserta didik. Pada penelitian ini, penulis menggunakan metode penelitian kualitatif. Dari penelitian ini, didapat hasil yaitu ada peningkatan minat belajar peserta didik menggunakan berbagai program kerja yang telah dijalankan.
Referensi
Belajar, M. (2020). Delta-Pi: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika Vol. 9 No. 2, 2020. 9(2), 120-131.
Dasar, S. (2021). Jurnal Basicedu. 5(1), 88-101. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i1.570
Harianja, M.M., & Sapri, S. (2022). Implementasi dan Manfaat Ice Breaking untuk Meningkatkan Minat Belajar Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(1), 1324-1330. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i1.2298
Mahmuda, F. N. (2021). Analisis Data Penelitian Kualitatif Majemen Pendidikan Berbantuan Soft Atlas. TI. Yogyakarta; UAD Press
Nisa, A., Studi, P., & Konseling, B. (2015). Pengaruh Perhatian Orang Tua dan Minat Belajar Siswa Terhadap Prestasi Belajar Ilmu Pengetahuan Sosial. Ii(1), 1-9.
Prestasi, T., & Fisika, B. (2019). Hubungan Minat Belajar Terhadap Prestasi Belajar Fisika. 2. https://doi.org/10.31539/spej.v2i2.727
Raharjo, S.B. (2012). Evaluasi Trend Kualitas Pendidikan di Indonesia. Jurnal Penelitian dan Evaluasi Pendidikan, 16 (2), 511-532. https://doi.org/10.21831/pep.v16i2.1129
Rahman, S. (2022, January). Pentingnya Motivasi Belajar dalam Meningkatkan Hasil Belajar. In Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Dasar.
Ricardo, R., & Meilani, R. I. (2017). Impak Minat dan Motivasi Belajar Siswa (The Impacts of Students’ Learning Interest and Motivation on Thei Learniang Outcomes). Jurnal Pendidikan Manajemen Perkantoran, 1 (1), 79-92. https://doi.org/10.17509/jpm.v2i2.8108
Simbolon, N. (2014). Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Minat Belajar Peserta Didik. elementary School Journal PGSD FIP UNIMED, 1 (2).
Sudaryono, 2012. Dasar-Dasar Evaluasi Pembelajaran. Yogyakarta Graha Ilmu
Tambunan, M. I. H. (2018). Pengaruh Minat dan Kebiasaan Belajar Terhadap Hasil Belajar Biologi Siswa SMA Se-Kota Stabat. 2, 109-115 https://doi.org/10.30821/biolokus.v1i2.351
Taufani. (2008). Minat, Faktor-Faktor yang Mempengaruhinya. (Jakarta: Rineka Cipta 2008), hlm. 38
Trismayanti, S. (2019). Strategi Guru dalam Meningkatkan Minat Belajar Peserta Didik di Sekolah Dasar. Al-Ishlah: Jurnal Pendidikan Islam, 17 (2), 141-148. https://doi.org/10.35905/alishlah.v17i2.1045
Uno, Hamzah. 2010. Teori Motivasi dan Pengukurannya. Jakarta: Bumi Aksara
Keywords | : |
Kata Kunci:
Kata kunci: pendidikan, minat belajar, program kerja, peserta didik Keywords: education, learning interest, work program, students
|
Galleys | : | |
Diterbitkan | : |
2024-10-01
|
Cara Mengutip | : |
Patmawati, P. (2024). Peningkatan Minat Belajar Siswa SD Negeri 061/III Kebun Baru Melalui Program Kerja Mahasiswa Kampus Mengajar 6. Jurnal Tunas Pendidikan, 7(1), 11–19. https://doi.org/10.52060/pgsd.v7i1.1717
|
Terbitan | : |
Bagian
Articles
|