PENGARUH PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS PROYEK TERHADAP KREATIVITAS SISWA PADA MUATAN PELAJARAN IPA KELAS V SEKOLAH DASAR

Yuliana Hindicha ( Universitas Jambi )
Maryono . ( Universitas Jambi )
Eka Sastrawati ( Universitas Jambi )

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pmbelajaran berbasis proyek terhadap kreativitas siwa pada muatan pelajaran IPA kelas V Sekolah Dasar. Penelitian ini dilaksanakan di kelas V SDN 13/I Muara Bulian tahun pelajaran 2022/2023.  Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan menggunakan kuasi eksperimen. Teknik pengumpulan data diperoleh dengan cara memberikan tes tertulis soal uraian kepada siswa. Teknik analisis data menggunakan uji normalitas, homogenitas, dan hipotesis. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pembelajaran IPA menggunakan model pembelajaran berbasis proyek kelas V SDN 13/I Muara Bulian lebih berpengaruh dari pada penggunaan model pembelajaran lansung pada hasil kreativitas siswa. Penggunaan model pembelajaran berbasis proyek diperoleh rata-rata pengukuran akhir sebesar 74,12 dan model pembelajaran langsung memperoleh rata-rata pengukuran akhir sebesar 64,54. Berdasarkan uji-t yang telah dilakukan diperolah hasil thitung (2,445) dan ttabel (1,677). Berdasarkan kriteria pengujiannya hal ini menunjukan bahwa Ha diterima dan H0 ditolak, dan terdapat perbedaan hasil model pembelajaran berbasis proyek dengan model pembelajaran langsung. Jadi dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan pembelajaran menggunakan model pembelajaran berbasis proyek dengan model pembelajaran lansung.

Referensi

Kemendikbud. (2022). Permendikbud Nomor 16 Tahun 2022 tentang Standar Proses Pada Pendidikan Anak Usia Dini, Jenjang Pendidikan Dasar, dan Jenjang Pendidikan Menengah. Jakarta
Mardhiyah, R. H., Aldriani, S. N. F., Chitta, F., & Zulfikar, M. R. (2021). Pentingnya keterampilan belajar di abad 21 sebagai tuntutan dalam pengembangan sumber daya manusia. Lectura: Jurnal Pendidikan, 12(1), 29-40.
Purwati, P. D., Wijaya, L. K. L., Zahra, F. F., Sasqia, L. A. C., Ananta, P. P., Agustin, R. S., ... & Prameswari, A. (2023). Inovasi Keterampilan Bahasa dalam Kurikulum Merdeka: BUNGA RAMPAI. Cahya Ghani Recovery.

Priansa, D. J. (2018). Pengembangan Strategi & Model Pembelajaran: Inovatif, Kreatif, dan Prestatif dalam Memahami Peserta Didik. Bandung. Alfabeta.

Ramadhani, N. L. (2022). Melukis Di Atas Kain Untuk Meningkatkan Kreativitas Siswa Bidang Tata Busana. Penerbit Lakeisha.

Septikasari, R., & Frasandy, R. N. (2018). Keterampilan 4C abad 21 dalam pembelajaran pendidikan dasar. Tarbiyah Al-Awlad: Jurnal Kependidikan Islam Tingkat Dasar, 8(2), 107-117.
Sugiyono. (2015). Metode penelitian pendidikan pendekatan kuantitatif, kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Sugiyono. (2016). Metode penelitian pendidikan pendekatan kuantitatif, kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Sugiyono. (2017). Metode penelitian pendidikan pendekatan kuantitatif, kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Wedyawati, N., & Lisa, Y. (2019). Pembelajaran IPA di Sekolah Dasar. Deepublish.

Keywords  :  
Kata Kunci: Pembelajaran berbasis proyek, kreativitas, IPA Project-based learning, creativity, science
Galleys  :  
Diterbitkan  :  
2024-03-23
Cara Mengutip  :  
Hindicha, Y., ., M., & Sastrawati, E. (2024). PENGARUH PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS PROYEK TERHADAP KREATIVITAS SISWA PADA MUATAN PELAJARAN IPA KELAS V SEKOLAH DASAR. Jurnal Tunas Pendidikan, 6(2), 558–565. https://doi.org/10.52060/pgsd.v6i2.1706
Terbitan  :