PEMAHAMAN MAHASISWA PGSD TENTANG KONSEP DASAR IPS MELALUI PENDEKATAN KELOMPOK
Abstrak
Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) memegang peran kunci dalam membentuk pemahaman calon guru terhadap Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS). Kompleksitas materi IPS dan peran strategisnya dalam pendidikan dasar menuntut peningkatan pemahaman mahasiswa PGSD. Dengan latar belakang yang beragam, diperlukan pendekatan pembelajaran yang mengintegrasikan keanekaragaman tersebut. Pendekatan kelompok dianggap solusi potensial untuk mencapai tujuan tersebut. Pembentukan kelompok, berdasarkan kesamaan latar belakang atau minat, diharapkan menciptakan lingkungan diskusi terfokus dan relevan. Penelitian ini mengeksplorasi sejauh mana pembentukan kelompok dan penerapan pendekatan kelompok meningkatkan pemahaman mahasiswa PGSD terhadap konsep dasar IPS. Pembelajaran melalui kelompok merangsang penerapan konsep dalam situasi praktis. Diskusi berkolompok memberikan mahasiswa kesempatan mengaitkan teori dengan pengalaman langsung melalui proyek kolaboratif. Pemanfaatan sumber belajar beragam, seperti buku, artikel, video, dan pembelajaran online, menjadi integral dalam mendukung pemahaman mahasiswa. Penelitian ini juga menyelidiki pertemuan dengan ahli IPS untuk meningkatkan pemahaman mahasiswa PGSD. Keterlibatan ahli diharapkan memberikan wawasan tambahan dan perspektif mendalam, membantu mahasiswa mengembangkan pemahaman yang komprehensif tentang konsep dasar IPS. Melalui refleksi individu dan kelompok, penelitian ini mengamati internalisasi pemahaman mahasiswa PGSD. Sesi pembimbingan individu membantu mahasiswa mengatasi kesulitan selama pembelajaran. Hasil penelitian ini diharapkan memberikan pandangan baru dan kontribusi signifikan untuk meningkatkan pemahaman mahasiswa PGSD tentang konsep dasar IPS melalui pendekatan kelompok. Metode penelitian yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dengan studi kasus, dilaksanakan di PGSD Universitas Jambi tahun ajaran 2022/2023. Peningkatan pemahaman mahasiswa terlihat signifikan setelah penerapan pendekatan kelompok, menandakan bahwa metode ini dapat efektif dalam meningkatkan kualitas pendidikan guru dan menciptakan pemahaman yang mendalam dan relevan terhadap konsep dasar IPS.
Referensi
Juniar, D. T., Rohyana, A., & Rahmat, A. A. (2019). Pengembangan Model Pembelajaran Diskusi Kelompok Dalam Meningkat Pemahaman dan Aktivitas Belajar Mahasiswa. JUARA: Jurnal Olahraga, 4(1), 15-26.
Moleong, L. J. (2011). Metodologi Penelitian Kualitatif Edisi Revisi. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
Keywords | : |
Kata Kunci:
Pemahaman, Mahasiswa PGSD, Konsep Dasar IPS Understanding, PGSD Students, Basic Social Sciences Concepts
|
Galleys | : | |
Diterbitkan | : |
2024-03-23
|
Cara Mengutip | : |
Rizki, D. A. A., Annisa Humaila, Faisal Chan, & Silvina Noviyanti. (2024). PEMAHAMAN MAHASISWA PGSD TENTANG KONSEP DASAR IPS MELALUI PENDEKATAN KELOMPOK. Jurnal Tunas Pendidikan, 6(2). https://doi.org/10.52060/pgsd.v6i2.1688
|
Terbitan | : |
Bagian
Articles
|