PENINGKATAN PRESTASI BELAJAR MELALUI BIDANG BIMBINGAN PRIBADI DAN BIMBINGAN SOSIAL MATERI MENGATASI STRES DAN DEPRESI
Abstrak
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pembelajaran bidang bimbingan pribadi dan sosial selalu rendah, Peserta Didik mengalami kesulitan dalam memahami pembelajaran Tujuan utama dari penelitian ini adalah untuk membantu peserta didik untuk mengatasi bahwa layanan kelompok dapat meningkatkan prestasi belajar peserta didik dan untuk mengetahui cara memberi layanan kelompok agar dapat peningkatan prestasi belajar peserta didik. Penelitian ini menggunakan Rancangan Penelitian Tindakan (action research) berdasarkan pendekatan naturalistik-kualitatif. Pendekatan ini memandang kenyataan sebagai suatu yang berdimensi jamak utuh dan merupakan satu kesatuan. Hasil penelitian ini didapatkan bahwa layanan bimbingan kelompok dapat Meningkatan Prestasi belajar Bidang bimbingan belajar pada materi mengatasi stres dan depresi peserta didik. Hal ini dilihat dari peningkatan hasil belajar siswa sebelum dan sesudah dilakukan perlakuan penelitian Tindakan kelas. sebelum penelitian nilai rata-rata siswa 59, Siklus I sesudah layanan kelompok nilai rata-rata siswa 76 dan pada Siklus II nilai rata-rata siswa 82,4.
Kata kunci: prestasi belajar, bimbingan pribadi, stress dan depresi.
Referensi
Badan Penelitian dan Pengembangan Pendidikan dan Kebudayaan, 2022, Bimbingan dan Penyuluhan, Depdikbud, Jakarta.
Bagdan, R. dan Biklen, 2019, Kualitatif untuk Pendidikan : Pengantar Teori dan Metode Alih Bahasa Memandir, PAV, UT, Jakarta.
Djamarah, S.B. 2019 Prestasi Belajar dan Kompensi Guna, Usaha Nasional.
Depdikbud, 2022, Bimbingan dan Penyuluhan, Depdikbud, Jakarta.
Depdikbud, 20`8, Pedoman Penilaian, Dirjen Dikdasmen, Jakarta.
De Porter, B.M.S.S, Nourie, 2000, Quantum Teaching, Kaifa Bandung.
Hopkind, D. 1985, A Teacher'S Guide to Classroom Research, Philadelpia, Open University Press, Milton Keyness.
MC. Niff, J. 1992, Action Rersearch Principles and Practice, New York Rantidge Chapment dan Hall Inc.
Nasution, S, 1992, Metode Penelitian-Naturalistik Kualitatif, Tarsito, Bandung. NDT; PPL, UNM Malang, 1993, Petunjuk Pelaksanaan PPL Keguruan IKIP Malang, Malang.
Sudirman, AM. 1988, Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar Pedoman Bagi Guru dan Calon Guru, Rajawali Pers, Jakarta.
Sutijono, S, 1991, Media Pembinaan Pendidikan, Fa Dian Indah Pustaka, .............Biletska,
Keywords | : |
Kata Kunci:
prestasi belajar, bimbingan pribadi, stress dan depresi. learning achievement, personal guidance, stress and depression.
|
Galleys | : | |
Diterbitkan | : |
2024-03-23
|
Cara Mengutip | : |
Dewit, A., & Mori Saputra, D. I. (2024). PENINGKATAN PRESTASI BELAJAR MELALUI BIDANG BIMBINGAN PRIBADI DAN BIMBINGAN SOSIAL MATERI MENGATASI STRES DAN DEPRESI. Jurnal Tunas Pendidikan, 6(2), 566–570. https://doi.org/10.52060/pgsd.v6i2.1684
|
Terbitan | : |
Bagian
Articles
|