PERMAINAN TRADISIONAL TERHADAP PENDIDIKAN PERKEMBANGAN MOTORIK KASAR ANAK PADA DISIBILITAS TUNAGRAHITA
Abstrak
Perkembangan motorikk kasar pada anak merupakan peran penting bagi kemajuan keterampilan gerak dan aktifitas fisiknya. Perkembangan motorik kasar anak salah satu aspek penting yang harus diperhatikan oleh guru dan orang tua. Anak yang memiliki kemampuan motorik kasar yang baik akan lebih luwes dalam bergaul dengan teman-temannya. Hal ini tentu saja akan berpengaruh pada kepercayaan diri anak saat bersosialisasi dengan teman-temannya. Namun tidak bagi mereka yang menyandang disibilitas. Disabilitas grahita memiliki permasalahan yang berkaitan dengan motorik kasar yaitu keseimbangan, koordinasi, gerak badan, kekuatan otot dan tulang serta kemampuan motorik kasar anak disabilitas grahita dapat dikaitkan dengan banyak aktivitas fisik. Salah satu aktivitas fisik yaitu permainan tradisonal. Jenis penelitian ini menggunakan studi literatur dalam penulisan mengkaji kepustakaan melalui berbagai jurnal, referensi teori yang relevan dengan topik penelitian. Dampak permainan tradisonal terhadap kemampuan motorik kasar anak disibilitas grahita merupakan topik utama yang dikaji dalam penelitian ini. Berdasarkan temuan ulasan, dapat disimpulkan kegiatan permainan tradisional memiliki peran penting yang signifikan dalam perkembangan motoric kasar anak dengan disibilitas tunagrahita. Berbagai penelitian menunjukan bahwa melalui permainan tradisional, anak disibilitas dapat mengalami peningkatan keterampilan motoric kasar, termasuk pada aspek keseimbangan, koordinasi, gerak badan, kekuatan otot, dan kemampuan motoric kasar lainnya.
Referensi
Agustin, T., & Sari, A. P. I. (2017). Pengaruh Usia dan Permainan Tradisional Terhadap Perkembangan Motorik Kasar Anak Tunagrahita. Jurnal Pendidikan Jasmani Kesehatan Dan Rekreasi UIR.
Asih L.S. (2014). Pengaruh Permainan Tradisional Engklek Terhadap Kemampuan Motorik Kasar Melompat Anak Tunagrahita Ringan (Single Subject Research (SSR). Pada Siswa Slb Bina Sejahtera). Skripsi. Tidak diterbitkan. Bandung: PPS UPI Http://Repository.Upi
Hidayati, R, and I Lestari, ‘Permainan Tradisional Jawa Tengah Dalam Meningkatkan Kemampuan Motorik Anak Usia Dini’, Prosiding Seminar Nasional Bimbingan …, 2021, 14–24
Hsiao, H.-S., & Chen, J.-C. (2016). Menggunakan pendekatan pembelajaran berbasis permainan interaktif berbasis gerakan untuk meningkatkan kinerja belajar dan keterampilan motorik anak prasekolah. Com- puters & Education, 95, 151-16
Humaedi, H., Saparia, A., Nirmala, B., & Abduh, I. (2021). Deteksi Dini Motorik Kasar pada Anak Usia 4-6 Tahun. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(1), 558– 564. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i1.1368
Huzaifah, H. (2023). Gambaran Motorik Kasar Halus pada Anak Down Syndrome melalui Media Permainan Tradisional. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 6(7), 5355–5363. https://doi.org/10.54371/jiip.v6i7.2457
Jariono, G., Nurhidayat, N., Sudarmanto, E., & Yunita, P. (2023). Strategi Meningkatkan Kemampuan Motorik Melalui Metode Latihan Sirkuit Pada Anak Berkebutuhan Khusus : Studi Eksperimen di SLB Negeri Sukoharjo Strategies to Increase Motoric Ability through Circuit Training Methods in Children with Special Needs : Experi. Ju.
Ketcheson, L. R., Centeio, E. E., Snapp, E. E., McKown, H. B., & Martin, J. J. (2021). Physical activity and motor skill outcomes of a 10-week intervention for children with intellectual and developmental disabilities ages 4–13: A pilot study. Disability and Health Journal, 14(1), 100952. https://doi.org/10.1016/j.dhjo.2020.100952
Lengkana, A. S. (2016). Didaktik metodik pembelajaran (DMP) aktivitas atletik. Bandung: Salam Insan Mulia.
Oedjoe, M. R., & Bunga, B. N. (2016). Meningkatkan Kemampuan Motorik Kasar Melalui Permainan Tradisional “ Sikodoka ” Bagi Anak Usia Dini Berlatar Belakang Tuna Grahita Improving Gross Motor Skills Through Traditional Game “ Sikodoka ” in Early Childhood With Intellectual Disability. Jurnal Ilmiah VISI PPTK PAUDNI, 11(2), 73–80. https://doi.org/10.21009/JIV.1102.2
Pelana, R., Oktafiranda, N. D., Antoni, R., Yusmawati, Y., & Sujarwo, S. (2021). Throwing Modification Sports Game in Improving Mild Mental Disabled Student Gross Motoric Skills. Linguistics and Culture Review, 5(S3), 1400–1410. https://doi.org/10.21744/lingcure.v5nS3.1819
Priyono, A., Sahudi, U., & Hendrayana, Y. (2021). Improvement on gross motor skills of intellectual disability students through games. International Journal of Human Movement and Sports Sciences, 9(4), 20–24. https://doi.org/10.13189/saj.2021.091304
Putra, I. G. E. S., Khoeriyah, S. M., Lubis, D. P. U., & Istichomah. (2021). Pengaruh Metode Bermain Bola Basket Terhadap Kemampuan Motorik Kasar Pada Anak Tunagrahita Usia 10-12 Tahun. Jurnal Kesehatan, 12(2), 285–289.
Sari, S. (2015). Efektivitas permainan engklek untuk mengenal bilangan bagi anak tunagrahita sedang X DIII C1 SLB C Payakumbuh. E-JUPEKhu. (4) 1. 162 173. Diakses dari Http://Ejournal.Unp.Ac.Id/Index.Php/Jupekhu/Article/Download/4632/367
Sudardiyono, Yuliarto, H., Yudanto, ., & Sujarwo, . (2020). The Influence of Traditional Games on the Perceptual Motor Skills and Skill-related Physical Fitness. 8(1), 440–443. https://doi.org/10.5220/0009788304400443
Wahyuni, I., & Muazimah, A. (2020). Pengembangan Motorik Kasar Anak Melalui Permainan Tradisional Tarik Upih Berbasis Kearifan Lokal. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Undiksha, 8(1), 61–68.
Widianto, B. S., & Indahwati, N. (2020). Peningkatan Keterampilan Motorik Kasar Anak Disabilitas Grahita C-1 Melalui Permainan Halang Rintang. Jurnal Pendidikan Olahraga Dan Kesehatan, 08(01), 253–256.
Keywords | : |
Kata Kunci:
Permainan Tradisional, Motorik kasar, Disabilitas Traditional games, gross motor, disability
|
Galleys | : | |
Diterbitkan | : |
2024-10-03
|
Cara Mengutip | : |
Dzakiyyah, D. M. N., Sumaryanti, Suhartini, B., & Budiyanti, E. S. (2024). PERMAINAN TRADISIONAL TERHADAP PENDIDIKAN PERKEMBANGAN MOTORIK KASAR ANAK PADA DISIBILITAS TUNAGRAHITA. Jurnal Tunas Pendidikan, 7(1), 148–157. https://doi.org/10.52060/pgsd.v7i1.1651
|
Terbitan | : |
Bagian
Articles
|