Pengaruh Pendekatan Concrete Pictorial Abstract (CPA) Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Pada Muatan Matematika di Kelas III SDN 110/1 Desa Tenam
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pendekatan pembelajaran Concrete Pictorial Abstract terhadap hasil belajar peserta didik pada muatan Matematika di kelas III SDN 110/I Desa Tenam. Penelitian ini dilaksanakan di kelas III SDN 110/I Desa Tenam Tahun Pelajaran 2022/2023. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan menggunakan kuasi eksperimen. Data diolah untuk membandingkan hasil pre-test dan post test pada kelas eksperimen dan kelas kontrol.Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran Matematika menggunakan pendekatan Concrete Pictorial Abstract kelas III SDN 110/I Desa Tenam lebih berpengaruh dari pada menggunakan pendekatan konvensional (teacher centered) dalam meningkatkan hasil belajar peserta didik. Berdasarkan uji paired samples statistics yang telah dilakukan diperoleh nilai signifikansi 0,000 (<0,05), dan uji-t dengan independent sample t test thitung > ttabel (2,240 > 1,686). Hal ini menunjukkan Ha diterima dan H0 ditolak, dan terdapat perbedaan hasil belajar pendekatan CPA dibandingkan dengan pendekatan teacher centered. Dari hasil penelitian ini disarankan agar guru menggunakan pendekatan CPA dalam memberikan konsep pembelajaran matematika. Pendidik diharapkan mampu memberikan pengajajaran menggunakan benda-benda konkret agar matematika terasa lebih dekat dengan dunia anak. Hal ini diharapkan dapat memberikan pengaruh positif dalam meningkatkan hasil belajar.
Referensi
Hermawan, I. (2019). Metodologi Penelitian Pendidikan (Kualitatif, Kuantitatif dan Mixed Method). Bekasi: Hidayatul Quran.
Jeheman, A. A., Gunur, B., & Jelatu, S. (2019). Pengaruh pendekatan Matematika realistik terhadap pemahaman konsep Matematika siswa. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 8(2), 191-202
Kusumastuti, A., Khoiron, A. M., & Achmadi, T. A. (2020). Metode Penelitian Kuantitatif. Yogyakarta: Deepublish
Muhsetyo, G. (2019). Pembelajaran Matematika SD. Banten : CV.Gerima Prima
Nurrita, T. (2018). Pengembangan media pembelajaran untuk meningkatkan hasil belajar siswa. MISYKAT: Jurnal Ilmu-ilmu Al-Quran, Hadist, Syari'ah dan Tarbiyah, 3(1), 171.
Putri, H. E. (2017). Pendekatan Concrete Pictorial Abstract (CPA), Kemampuan-Kemampuan Matematis, dan Rancangan Pembelajarannya. Sumedang : UPI Sumedang Press.
Putri, H. E., dkk. (2016). Keterkaitan Penerapan Pendekatan CPA dan Peningkatan Kemampuan Koneksi Matematis Siswa Sekolah Dasar. Metodik Didaktik. Jurnal Pendidikan Matematika Ke-SD-an, 11(1). Hlm. 41 – 49.
Putri, H. E., Julianti, R., Adjie, N., & Suryani, N. E. (2016). Pengaruh Pendekatan Concrete-Pictorial-Abstract (CPA) Terhadap Pencapaian Kemampuan Spatial Sense (KSS) SISWA SD. Metodik Didaktik: Jurnal Pendidikan Ke-SD-an, 13(1).
Yayuk, E. (2019). Pembelajaran Matematika Sekolah Dasar (Vol. 1). Malang: UMMPress.
Yuliyanto, A, Putri, H. E, & Rahayu, P. (2019). Peningkatan Hasil Belajar Siswa SD melalui Pendekatan Concrete-Pictorial-Abstract (CPA). Metodik Didaktik: Jurnal Pendidikan Ke-SD-an, 14(2).
Sudjana, N. (2016). Metode Statistika. Bandung: Publisher
Sudjana, N. (2016). Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan RND (19th ed.). Bandung: Alfabeta.
Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan RND. Bandung: Alfabeta.
Keywords | : |
Kata Kunci:
Pendekatan CPA, Hasil belajar, matematika CPA Approach, Learning Outcomes, Mathematics
|
Galleys | : | |
Diterbitkan | : |
2024-03-03
|
Cara Mengutip | : |
ningrum, mega widya, yantoro, yantoro, & Khoirunnisa, K. (2024). Pengaruh Pendekatan Concrete Pictorial Abstract (CPA) Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Pada Muatan Matematika di Kelas III SDN 110/1 Desa Tenam. Jurnal Tunas Pendidikan, 6(2), 364–372. https://doi.org/10.52060/pgsd.v6i2.1637
|
Terbitan | : |
Bagian
Articles
|