Analisis ANALISIS IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN PROJECT BASED LEARNING DALAM MUATAN IPA DI KELAS 5 SEKOLAH DASAR

Merlisa Ramadani ( Universitas Jambi )
Faizal Chan ( Universitas Jambi )
Violita Zahyuni ( Universitas Jambi )

Abstrak

Penelitan ini bertujuan untuk mendeskripsikan implementasi pembelajaran model Project Based Learning (PjBL) pada muatan IPA di kelas 5 Sekolah Dasar negeri 13/I Muara bulian. Hasil penelitian ini diharapkan dapat dijadikan sumber informasi tentang implementasi pembelajaran model Project Based Learning (PjBL) dalam muatan IPA di kelas 5 sekolah dasar negeri 13/I Muara bulian.

Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan, maka dapat ditarik kesimpulan bahwa analisis implementasi pembelajaran project-based learning dalam muatan IPA di kelas 5 Sekolah Dasar Negeri 13/I Muara Bulian yang dilakukan oleh guru kelas 5C dalam materi “Melihat karena Cahaya, Mendengar karena Bunyi” dapat meningkatkan aktivitas belajar siswa dan dilakukan dengan didasarkan pada lima langkah pembelajaran PjBL, yaitu Start with the Essential Question, Design a Plan for the Project, Create a Schedule, Monitor the Students and the Progress of the Project, Assess the Outcome, dan Evaluate the Experience.

Referensi

Ali, M. (2019). Orientasi Kurikulum dan Implikasinya dalam Pengembangan Kurikulum 2013. Analisis Filosofis dan Implikasinya dalam Kurikulum 2013, 88.
Putri, C. M., Audianti, E., Neli, N., & Noviyanti, S. (2022). Implementasi Model Project Based Learning Pada Muatan IPA Kelas V Sekolah Dasar Di SD N 34/I Teratai. Jurnal Pendidikan dan Konseling (JPDK), 4(3), 290-297.
Rahman, A., Munandar, S. A., Fitriani, A., & Karlina, Y. Yumriani.(2022). Pengertian Pendidikan. Ilmu Pendidikan dan Unsur-Unsur Pendidikan. Al Urwatul Wutsqa: Kajian Pendidikan Islam, 2(1), 1-8.
Panggabean, F., Simanjuntak, M. P., Florenza, M., Sinaga, L., & Rahmadani, S. (2021). Analisis Peran Media Video Pembelajaran Dalam Meningkatkan Hasil Belajar IPA SMP. JPPIPAI: Jurnal Pendidikan Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam Indonesia, 1(2).
Peraturan Pemerintah Nomor 57 tahun 2021 tentang Standar Nasional Pendidikan
Rifai, A. (2020). Problem Based Learning Dalam Pembelajaran IPA. In Social, Humanities, and Educational Studies (SHEs): Conference Series (Vol. 3, No. 3, pp. 2139-2144).
Santoso, P. (2017). Penggunaan Model Pembelajaran Project Based Learning (Pbl) Sebagai Upaya Peningkatan Hasil Belajar Ekonomi. In Prosiding Seminar Pendidikan Ekonomi dan Bisnis (Vol. 3, No. 1).
Sudrajat, A. dan Hernawati, E. 2020. Modul Model-Model Pembelajaran. Jakarta: Pusdiklat Tenaga Teknis Pendidikan dan Keagamaan Balitbangdiklat Kementrian Agama RI.
Sugiyono. 2018. Metode Penelitian Kualitatif (Untuk penelitian yang bersifat: eksploratif, enterpretif, interaktif, dan konstruktif). Bandung: Alfabeta.

Keywords  :  
Kata Kunci: Analisis, Project Based Learning, Ilmu Pengetahuan Alam Analysis, Project Based Learning, Natural Sciences
Galleys  :  
Diterbitkan  :  
2024-03-23
Cara Mengutip  :  
Ramadani, M., Faizal Chan, & Violita Zahyuni. (2024). Analisis ANALISIS IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN PROJECT BASED LEARNING DALAM MUATAN IPA DI KELAS 5 SEKOLAH DASAR. Jurnal Tunas Pendidikan, 6(2), 533–545. https://doi.org/10.52060/pgsd.v6i2.1632
Terbitan  :