PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATERI PENYAJIAN DATA BERBANTUAN MEDIA PAPAN DIAGRAM DI KELAS V SD

Christia Desiana Sidauruk ( Universitas Jambi )
Yantoro ( UNIVERSITAS JAMBI )
Andi Gusmaulia Eka Putri ( UNIVERSITAS JAMBI )

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan keterlaksanaan penggunaan model problem based learning (PBL) pada materi penyajian data berbantuan media papan diagram di kelas V SD dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik. Jenis Penelitian ini yaitu Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Instrument penelitian berupa dokumentasi, lembar observasi, tes, dan wawancara. Subjek penelitian yaitu peserta didik kelas V SDN 80/I Muara Bulian yang berjumlah 19 peserta didik, 11 siswa dan 8 siswi. Hasil yang diperoleh adalah meliputi dari tahap pra tindakan nilai rata-rata yang diperoleh oleh peserta didik yaitu 43,33, kemudian pada post test yang dilakukan di siklus 1 terjadi peningkatan nilai rata-rata peserta didik yaitu sebesar 66,31, dan pada post test yang dilakukan di siklus 2 terjadi lagi peningkatan nilai rata-rata yaitu sebesar 80. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahawa penerapan model PBL berbantuan media papan diagram dalam meningkatkan hasil belajar siswa di kelas V SD sudah berjalan dengan baik dan mengalami peningkatan

Referensi

Agustin, V.N. (2013). Peningkatan Aktivitas dan Hasil belajar siswa melalui Model PBL (Problem Based Learning). Journal of Elementary Education. 2(1):36
Alman, A., & Purwanty, W. N. I. (2022). Pengaruh Problem Based Learning Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika di Kelas IV SD Ypk Lahairoy Yensawai. Jurnal Papeda: Jurnal Publikasi Pendidikan Dasar, 4(1), 55–61. https://doi.org/10.36232/jurnalpendidikandasar.v4i1.2064
Al-Tabany, T.I.B. 2014. Mendesain Model Pembelajaran Inovatif, Progresif, dan Kontekstual Konsp, Landasan, dan Implementasinya Pada Kurikulum 2013. Jakarta: Kencana
Apriliani ,T.S. 2014. Peningkatan Aktivitas Dan Hasil Belajar Matematika Melalui Tangram Dengan Penerapan Model PAIKEM. Journal Of Elementary Education. 2(2):38
Chanifah, M., Relmasira, S. C., & Hardini, A. T. A. (2019). Upaya Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Dan Hasil Belajar Pada Pembelajaran Matematika Menggunakan Model Pembelajaran Problem Based Learning Pada Siswa Kelas V Sd. Jurnal Basicedu, 3(1), 163–168. https://doi.org/10.31004/basicedu.v3i1.96
Daryanto. 2014. Media Pembelajaran. Jakarta: Gava Medi
Desi Indarwati, Wahyudi,& Novisita Ratu. (2014). Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Melalui Penerapan Problem Based Learning Untuk Siswa Kelas V SD. Jurnal Penelitian Pengembangan Kependidikan, Vol 30 No 1, 17-27
Fathurrohman, Muhammad. 2015. Paradigma Pembelajaran Kurikulum 2013 Strategi Alternatif Pembelajaran di Era Global. Yogyakarta: KALIMEDIA.
Fiana, R.O., Steafanus, Agustina, T.A.R. (2019). Perbedaan Penerapan Model Project Based Learning Dan Problem Based Learning Terhadap Hasil Belajar Matematika Kelas 4 SD. Jurnal Basicedu. 3(1): 161
Firmansyah, Dani. 2015. "Pengaruh Strategi Pembelajaran dan Minat Belajar Terhadap Hasil Belajar Matematika". Juenal Pendidikan Unsika: Vol 3 No. 1 hal 34-44.
Kristiyanto, D. (2020). Peningkatan Kemampuan Berpikir Kritis dan Hasil Belajar Matematika dengan Model Project Based Learning (PJBL). Mimbar Ilmu, 25(1), 1. https://doi.org/10.23887/mi.v25i1.24468

Keywords  :  
Kata Kunci: problem based learning, hasil belajar problem based learning, learning outcomes
Galleys  :  
Diterbitkan  :  
2024-03-03
Cara Mengutip  :  
Sidauruk, C. D., Yantoro, & Eka Putri, A. G. . (2024). PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATERI PENYAJIAN DATA BERBANTUAN MEDIA PAPAN DIAGRAM DI KELAS V SD. Jurnal Tunas Pendidikan, 6(2), 418–423. https://doi.org/10.52060/pgsd.v6i2.1625
Terbitan  :