MENINGKATKAN KETERAMPILAN PROSES SAINS SISWA KELAS IV MENGGUNAKAN MODEL GUIDED DISCOVERY LEARNING PADA MUATAN IPA DI SD NEGERI 64/1 MUARA BULIAN
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peningkatan keterampilan proses sains siswa menggunakan model guided discovery learning pada muatan IPA di sekolah dasar dan merupakan penelitian tindakan kelas yang dilakukan sebanyak dua siklus dimana setiap siklusnya dilaksanakan sebanyak dua kali pertemuan dan terdiri dari empat tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Subjek dari penelitian ini adalah siswa kelas IV A SDN 64/1 Muara Bulian dengan siswa 27 orang siswa terdiri dari 11 laki-laki dan 16 perempuan. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah observasi (pengamatan) dan dokumentasi. Instrumen observasi peneltian ini adalah lembar observasi keterampilan proses sains siswa dan lembar observasi aktivitas guru di setiap siklus. Teknik analisis data yang digunakan adalah kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat peningkatan keterampilan proses sains siswa kelas IV A Sekolah Dasar, yaitu dapat dilihat dari hasil observasi siswa pada siklus 1 dengan persentase keberhasilan 67,6% dan siklus 2 dengan persentase keberhasilan 82,9%. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa adanya peningkatan keterampilan proses sains siswa dalam muatan pembelajaran IPA setelah dilakukan tindakan menerapkan model GDL (guided discovery learning).
Referensi
Afi Parnawi, (2020). Penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action Research). Yogyakarta: CV Budi Utama.
Ahmad, Susanto. (2015). Teori Belajar dan Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.
Alatas, F., & Sakina, W. H. (2019). Guided discovery berbantuan virtual lab untuk meningkatkan keterampilan proses sains dan sikap ilmiah. JIPVA (Jurnal Pendidikan IPA Veteran), 3(2), 138. https://doi.org/10.31331/jipva.v3i2.864
Arikunto, Suharsimi (2015). Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Bumi Aksara.
Destrini, H., Nirwana, N., & Sakti, I. (2019). Penerapan Guided Discovery Learning (Guided Discovery Learning) untuk Meningkatkan Hasil Belajar dan Keterampilan Proses Sains Siswa. Jurnal Kumparan Fisika, 1(1), 13–21. https://doi.org/10.33369/jkf.1.1.13-21
Erlinda, F. (2020). Implementasi Model Guided Discovery untuk Meningkatkan Keterampilan Proses Sains Siswa Kelas XI IPA SMA Negeri 10 Rejang Lebong. GHAITSA: Islamic Education Journal, 1, 113–125.
Indonesia, P. R. (2021). Standar Nasional Pendidikan. 102501.
Pemerintah, P. (2022). Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 4 Tahun 2022 Tentang Perubahan Atas Peraturan Pemerintah Nomor 57 Tahun 2021 Tentang Standar Nasional Pendidikan. Lembaran Negara Republik Indonesia Nomor 14 Tahun 2022, 1–16.
Peraturan Pemerintah RI. (2022). Peraturan Menteri Pendidikan Kebudayaan Riset dan Teknologi Tentang Standar Proses Pada Pendidikan Usia Dini, Jenjang Pendidikan Dasar dan Jenjang Pendidikan Menengah. Peraturan Menteri Pendidikan Dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 16 Tahun 2022 Tentang Standar Proses Pendidikan Dasar Dan Menengah, 1(69), 5–24.
Sugian Noor. (2020). Penggunaan Quizizz Dalam Penilaian Pembelajaran Pada Materi Ruang Lingkup Biologi Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas X.6 SMA 7 Banjarmasin. Jurnal Pendidikan Hayati, 6(1), 1–7.
Keywords | : |
Kata Kunci:
Keterampilan Proses Sains, Model Guided discovery Learning Science Process Skills, Guided Discovery Learning
|
Galleys | : | |
Diterbitkan | : |
2024-10-06
|
Cara Mengutip | : |
Sirait, A. F. N., Chan, F., & Budiono, H. (2024). MENINGKATKAN KETERAMPILAN PROSES SAINS SISWA KELAS IV MENGGUNAKAN MODEL GUIDED DISCOVERY LEARNING PADA MUATAN IPA DI SD NEGERI 64/1 MUARA BULIAN. Jurnal Tunas Pendidikan, 7(1), 207–212. https://doi.org/10.52060/pgsd.v7i1.1485
|
Terbitan | : |
Bagian
Articles
|