PENINGKATKAN HASIL BELAJAR BERMAIN MUSIK ANSAMBEL DI KELAS VIII.1 SMP NEGERI 1 MUARA BUNGO DENGAN MENGGUNAKAN METODE TUTOR SEBAYA

endriani endriani ( SMPN 1 Muara Bungo )

Abstrak

Masalah dalam penelitian ini adalah Kurang lebih 41% siswa belum tuntas dalam belajar musik ansambel. Keterbatasan waktu/jam pelajaran yang tersedia dalam satu minggu. Adanya kesenjangan nilai antara siswa yang tuntas KKM dengan nilai dari siswa yang belum tuntas KKM. Jenis penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (classroom action research). Sampel yang diambil berjumlah sebanyak 32 orang. Teknik pengambilan sampel dilakukan dengan total Sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan tes dan observasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran dengan menggunakan tutor sebaya memiliki dampak positif dalam meningkatkan hasil belajar peserta didik. Dengan menggunakan metode tutor sebaya mampu meningkatkan hasil belajar dalam pembelajar ansambel pada alat musik pianika.Nilai terendahmengalami peningkatan dari nilai 62 menjadi 85 sedangkan nilai tertinggi mengalami peningkatan dari nilai 95 menjadi 100


Keywords  :  
Kata Kunci: Belajar, Ansambel, Tutor Sebaya
Galleys  :  
Diterbitkan  :  
2019-07-24
Cara Mengutip  :  
endriani, endriani. (2019). PENINGKATKAN HASIL BELAJAR BERMAIN MUSIK ANSAMBEL DI KELAS VIII.1 SMP NEGERI 1 MUARA BUNGO DENGAN MENGGUNAKAN METODE TUTOR SEBAYA. Jurnal Tunas Pendidikan, 1(2), 31–38. https://doi.org/10.52060/pgsd.v1i2.147
Terbitan  :