Strategi Guru Dalam Mengembangkan Keterampilan Kolaborasi (Collaboration) Siswa Kelas VI Di Sekolah Dasar

Lelva Dianisa ( Universitas Jambi )
Maryono Maryono ( )
Hendra Budiono ( )

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan strategi guru dalam mengembangkan keterampilan kolaborasi siswa kelas VI di sekolah dasar. Penelitian ini dilakukan di SD Negeri 1/IV Kota Jambi pada bulan Maret 2023 sampai Mei 2023. Data penelitian diperoleh dengan cara melakukan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Pengumpulan data bertujuan untuk melihat strategi guru dalam mengembangkan keterampilan kolaborasi siswa kelas VI SD Negeri 1/IV

Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian fenomenologi. Subjek penelitian ini adalah guru dan siswa kelas VI A SD Negeri 1/IV Kota Jambi. Objek penelitian ini yaitu strategi guru dalam mengembangkan keterampilan kolaborasi siswa kelas VI Sekolah Dasar. Teknik pengumpulan data berupa observasi, wawancara, dan dokumentasi. Data yang diperoleh kemudian dianalisis dengan teknik analisis tahapan pertama reduksi data, tahapan kedua penyajian data, dan tahapan ketiga penarikan kesimpulan.

Hasil penelitian menunjukkan strategi guru dalam mengembangkan keterampilan kolaborasi yaitu tahap perencanaan : (1) perencanaan kompetensi dasar dan indikator pencapaian kompetensi (2) perencanaan tujuan pembelajaran dan (3) menyiapkan media pelajaran yang akan digunakan. Tahap pelaksanan (1) menggunakan model pembelajaran project based laerning (2) menggunakan metode diskusi (3) pemberian tugas/ peran dalam kelompok (4). membagi kelompok kecil.

Referensi

Arnyana, I. B. P. (2019). Pembelajaran Untuk Meningkatkan Kompetensi 4c (Communication, Collaboration, Critical Thinking Dan creative Thinking) Untuk Menyongsong Era Abad 21. Prosiding: Konferensi Nasional Matematika dan IPA Universitas PGRI Banyuwangi, 1(1), 1-13
Daryanto & Karim. (2017). Pembelajaran Abad 21. Yogyakarta: Gava Media.
Djamarah, Syaiful., B. 2013. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta.
Hendratmoko, T., Kuswandi, D., & Setyosari, P. (2018). Tujuan Pembelajaran Berlandaskan Konsep Pendidikan Jiwa Merdeka Ki Hajar Dewantara. Jurnal Inovasi dan Teknologi Pembelajaran (JINOTEP): Kajian dan Riset Dalam Teknologi Pembelajaran, 3(2), 152-157
Kusumawati, N., & Maruti, E. S. (2019). Strategi belajar mengajar di sekolah dasar. Cv. Ae Media Grafika.Mahanal, S. (2014). Peran Guru dalam Melahirkan Generasi Emas dengan Keterampilan Abad 21. In Seminar Nasional Pendidikan HMPS Pendidikan Biologi FKIP Universitas Halu Oleo (pp. 1-16)
Partono, Wardhani, H. N., Setyowati, N. I., Tsalitsa, A., & Putri, S. N. (2021). Strategi meningkatkan kompetensi 4C (critical thinking, creativity, communication & collaborative). Jurnal Penelitian Ilmu Pendidikan, 14(1), 41-52.
Suyadi, (2015). Strategi Pembelajaran Pendidikan Karakter. Bandung: Rosdakarya, 6-9.
Tafonao, T. (2018). Peranan media pembelajaran dalam meningkatkan minat belajar mahasiswa. Jurnal komunikasi pendidikan, 2(2), 103-114.
Undang-Undang No. 14 Tahun 2005 Tentang Guru dan Dosen.
Widayat, W. (2018). Implementasi Pengembangan Kecakapan Abad 21. dalam Fitur Kelas Maya Portal Rumah Belajar.
Greenstein, L. (2012). Assessing 21st Century Skills:A Guide to Evaluating Mastery and Authentic Learning. California: Corwin.

Keywords  :  
Kata Kunci: Strategi, Guru, Kolaborasi Strategy, Teacher, Collaboration.
Galleys  :  
Diterbitkan  :  
2024-03-23
Cara Mengutip  :  
Dianisa, L., Maryono, M., & Budiono, H. (2024). Strategi Guru Dalam Mengembangkan Keterampilan Kolaborasi (Collaboration) Siswa Kelas VI Di Sekolah Dasar. Jurnal Tunas Pendidikan, 6(2), 578–587. https://doi.org/10.52060/pgsd.v6i2.1459
Terbitan  :