PENERAPAN MEDIA PEMBELAJARAN AUDIO BERBASIS PODCAST BERBANTUAN APLIKASI SPOTIFY PADA PELAJARAN IPS DI SMP IT NURUL ISHLAH BANDA ACEH

Vathin Asyura Putri ( Universitas Syiah Kuala )
Sakdiyah Sakdiyah ( Universitas Syiah Kuala )
Muhjam Kamza ( Universitas Syiah Kuala  --  https://orcid.org/0000-0002-5924-323X )

Abstrak

Banyak media pembelajaran yang dapat diterapkan di lingkungan pembelajaran, khususnya untuk sekolah yang memang secara fasilitas sudah tersedia sarana dan prasarana dapat dimanfaatkan media-media audio yang dibuat untuk memberikan sarana belajar yang fleksibel. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui proses penerapan media pembelajaran audio berbasis podcast berbantuan aplikasi spotify pada pelajaran IPS di SMP IT Nurul Ishlah Banda Aceh. Kemudian untuk mengetahui respon siswa terhadap penerapan media pembelajaran audio berbasis podcast berbantuan aplikasi spotify pada pelajaran IPS di SMP IT Nurul Ishlah Banda Aceh. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Subjek dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII-2 yang berjumlah 26 siswa. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini meliputi observasi, angket, wawancara, dan dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan maka dapat diketahui bahwa (1) Penerapan media pembelajaran audio berbasis podcast berbantuan aplikasi spotify pada pelajaran IPS di SMP IT Nurul Ishlah Banda Aceh telah dilakukan dengan baik sesuai dengan langkah-langkah penerapan media serta sintak model pembelajaran yang digunakan yaitu problem solving. Hal ini dapat dilihat dari hasil analisis penerapan media pembelajaran diperoleh nilai rata-rata sebesar 85,4% dan masuk kedalam kriteria baik. (2) Respon siswa kelas VIII-2 SMP IT Nurul Ishlah Banda Aceh dalam penerapan media pembelajaran audio berbasis podcast berbantuan aplikasi spotify pada pelajaran IPS sudah baik. Hal ini dapat dilihat dari hasil analisis angket respon siswa terhadap penerapan media pembelajaran audio berbasis podcast berbantuan aplikasi spotify yang memperoleh hasil sebesar 81,24% dan tergolong ke dalam kriteria baik. Selain itu juga dapat dilihat dari aktivitas dan tingkah laku siswa saat pembelajaran berlangsung. Siswa mendengarkan dan mematuhi arahan dari guru sesuai dengan langkah-langkah pembelajaran. Siswa juga mendengarkan materi dari podcast berbantuan aplikasi spotify dengan seksama.

Referensi

Abdussamad, Z. (2021). Metode penelitian Kualitatif. Makassar: CV Syakir Media Press.
Ahyar, H., et al. (2020). Buku Metode Penelitian Kualitatif & Kuantitatif (Issue March).
Allawiyah, T., & Syafril, E. P. E. (2022). Podcast: Media Pembelajaran IPS yang Menyenangkan bagi Peserta Didik Kelas V SDN Klepu Patuk di Masa Pandemi. Proceedings Series on Social Sciences & Humanities, 3, 183–189. https://doi.org/10.30595/pssh.v3i.37.
Bustari, A., Samad, I. A., & Achmad, D. (2017). The use of podcasts in improving students’ speaking skill. JELE (Journal of English Language and Education), 3(2), 97. https://doi.org/10.26486/jele.v3i2.256.
Kesumaningtyas, S., Anjani, D. F., Yumerda, D., & Nugraha, D. (2022). Pengembangan Media Audio Berbasis Podcast dalam Pembelajaran Digital: Peran dan Kegiatan Ekonomi Masyarakat. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 4(4), 5331–5341. https://doi.org/10.31004/edukatif.v4i4.2896.
Netti, S. Y. M., & Irwansyah, I. (2018). Spotify: Aplikasi Music Streaming untuk Generasi Milenial. Jurnal Komunikasi, 10(1), 1. https://doi.org/10.24912/jk.v10i1.1102.
Purwanto, N. (2006). Prinsip-Prinsip dan Teknik Evaluasi Pengajaran. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Ramadhani, J. S., Firmansyah, M. B., & Wilujeng, I. T. (2023). Pemanfaatan Podcast Spotify sebagai Media Pembelajaran Bahasa Indonesia. Jurnal Ilmu Pendidikan (JIP) STKIP Kusuma Negara, 14(2), 135–143. http://jurnal.stkipkusumanegara.ac.id/index.php/jip/article/view/1588/105.
Rosmiati, N. S., Yuliani, A., Nur’aini, A. S., Nurfauzi, H. Z., & Nugraha, D. (2022). Media Pembelajaran Podcast pada Mata Pelajaran IPS Memaknai Kemerdekaan untuk Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(4), 5877–5889. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i4.1230
Spotify. (2023, Februari 30). Apa itu Spotify?. 2023 Spotify AB. https://support.spotify.com/id-id/article/what-is-spotify/.

Keywords  :  
Kata Kunci: Media Pembelajaran; Audio Podcast, Aplikasi Spotify, Pelajaran IPS Podcast Audio Learning Media, Spotify Application, Social Studies Lessons.
Galleys  :  
Diterbitkan  :  
2023-10-02
Cara Mengutip  :  
Putri, V. A., Sakdiyah, S., & Kamza, M. (2023). PENERAPAN MEDIA PEMBELAJARAN AUDIO BERBASIS PODCAST BERBANTUAN APLIKASI SPOTIFY PADA PELAJARAN IPS DI SMP IT NURUL ISHLAH BANDA ACEH. Jurnal Tunas Pendidikan, 6(1), 107–119. https://doi.org/10.52060/pgsd.v6i1.1451
Terbitan  :