PENINGKATAN PROSES DAN HASIL BELAJAR PKN DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PROBING PROMPTING LEARNING DI KELAS VII SMP NEGERI 2 MUARA BUNGO

Asnidar Asnidar ( SMP Negeri 2 Muara Bungo )

Abstrak

ABSTRAK

 

Masalah dalam penelitian ini adalah proses belajar dan hasil belajar siswa di kelas Kelas VII SMP Negeri 2 Muara Bungo masih  rendah,  hal  ini  dibuktikan  dengan  hasil  observasi  awal  yang dilakukan oleh peneliti dari 17 peserta didik hanya 30% yang memperoleh nilai dalam kriteria tuntas.  Penyebabnya  adalah  peserta didik yang kurang aktif dalam proses pembelajaran, tidak mau bertanya, pemahaman peserta didik tentang materi PKn masih kurang Tujuan penelitian  adalah   meningkatkan   proses  dan  hasil   belajar   PKn melalui Penerapan   Model   Pembelajaran  probing prompting learning. Penelitian tindakan kelas ini terdiri  atas  dua  siklus,  setiap  siklus  terdiri  dari  empat  tahap  kegiatan  yaitu  perencanaan, pelaksanaan,  pengamatan  dan  refleksi. Hasil  penelitian  menunjukan  bahwa  penggunaan Model pembelajaran probing prompting learning dapat meningkatkan proses dan hasil belajar peserta didik. Hal ini dapat dilihat dari peningkatan hasil proses pendidik di siklus I dengan persentase sebesar 67,7% dengan kriteria cukup baik dan siklus II dengan persentase 85,3% dengan kriteria baik. Sedangkan hasil belajar peserta didik pada siklus I yaitu 64,7% dan siklus II 82,4.

Kata kunci: Proses, hasil belajar, probing prompting learning

Referensi

Arikunto Suharsimi, dkk. 2019. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: PT Bumi Aksara.
Ayati, Sri Barkah. 2017. “Upaya Meningkatkan Kemampuan Berpikir Analitis Terhadap Pembelajaran Ipa Melalui Model Pembelajaran Probing Prompting Pada Siswa Kelas Iv Sdn Totosari No 102 Surakarta Tahun Ajaran 2016/2017”. Disertasi diterbitkan. Surakarta: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan.
Djamarah, Syaiful Bahri dan Aswan Zain. 2015. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta
Huda, Miftahul. 2017. Model-Model Pengajaran Dan Pembelajaran. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Isti’adah, Fieda Noorlaila dan permana Rahmad (Ed). 2020. Teori-teori Belajar dalam Pendidikan. Jawa Barat: Edu Publisher.
Joyce, Bruce, marsha Weil dan Emily Calhoun 2009. Models Of Teaching.
Yoyakarta: Pustaka Belajar.
Lestari, Witri. 2017. Efektivitas model pembelajaran guided discovery learning terhadap hasil belajar matematika. Jurnal SAP, (Online), Vol. 2, No. 1,
(http://journal.lppmunindra.ac.id/index.php/SAP/article/view/1724, diakses 22 Januari 2022)
Mayasari, Yuriska, dkk. 2014. Penerapan Teknik Probing Prompting dalam Pembelajaran Matematika Siswa Kelas VIII MTsN Lubuk Buaya Padang. Jurnal pendidikan Matematika FMIPA UNP. Vol. 3 No 1. http://repository.unp.ac.id/id/eprint/3537 , diakses 22 Januari 2022)
Muhadjir, Neong. 1996. Metodologi Penelitian Kualitatif. Yogakarta: Rakesarasin.
Mulyasana, Dedi. 2012. Pendidikan Bermutu dan Berdaya Saing. Bandung: PT remaja rosdakarya.
Nawawi, Hadari. 2015. Metode Penelitian Bidang Sosial. Yogyakarta: Gajah Mada University Press
Ramadhan, Febian. 2019. “Pengaruh Model Pembelajaran Probing-Prompting Terhadap Peningkatan Kemampuan Komunikasi Matematis Dan Self- Efficacy Siswa SMA”. Disertasi diterbitkan. Bandung: Program Studi Pendidikan Matematika Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Pasundan
Shoimin, A. 2014. 68 Model Pembelajaran Inovatif Dalam Kurikulum 2013
Yogyakarta: AR-RUZZMEDIA.
Slameto. 2015. Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhi. Jakarta: Rineka Cipta
Sudjana, Nana. 2016. Penilaian Proses Belajar Mengajar. Bandung: PT Remaja Rosdakarya
Sugiyono. 2010. Statistik untuk Pendidikan. Bandung Alfabeta.
Suprijono, A. 2016. Model-Model Pembelajaran Emansipatoris. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Syaiful, Sagala. 2012. Supervisi Pembelajaran. Bandung: Alfabeta.
Trianto. 2010. Model Pembelajaran Terpadu Konsep, Strategi, dan Implementasinya dalam KTSP. Jakarta : Bumi Aksara.

Keywords  :  
Kata Kunci: Proses, hasil belajar, probing prompting learning Process, learning outcomes, probing prompting
Galleys  :  
Diterbitkan  :  
2023-10-03
Cara Mengutip  :  
Asnidar, A. (2023). PENINGKATAN PROSES DAN HASIL BELAJAR PKN DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PROBING PROMPTING LEARNING DI KELAS VII SMP NEGERI 2 MUARA BUNGO. Jurnal Tunas Pendidikan, 6(1), 56–67. https://doi.org/10.52060/pgsd.v6i1.1448
Terbitan  :