UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA PEMAHAMAN MENGGUNAKAN MODEL (CIRC) BERBANTUAN MEDIA KOMIK EDUKATIF PADA PESERTA DIDIK KELAS III SEKOLAH DASAR

Aulia Veronika Lizani ( Universitas Jambi )
Destrinelli . ( Universitas Jambi )
Silvina Noviyanti ( Universitas Jambi )

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui proses penerapan Model Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC) Berbantuan Media Komik Edukatif dalam meningkatkan kemampuan konsep pemahaman membaca Siswa Kelas III SDN 112/I Perumnas. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Data penelitian ini diperoleh dari observasi, tes, dan dokumentasi. Kemudian data di analisis secara kualitatif dengan mendeksripsikan peningkatan kemampuan membaca pemahaman siswa dengan media komik edukatif dan secara kuantitatif berupa skor hasil tes  membaca siswa. Berdasarkan hasil penelitian terkait penerapan Model (CIRC) Berbantuan Media Komik Edukatif mampu meningkatkan konsep pemahaman membaca pada siswa. Pada siklus I diketahui bahwa tingkat membaca siswa masih rendah dengan dengan presentase mencapai 44% artinya belum mencapai indikator yang diharapkan dalam penelitian ini, dan setelah dilakukan perbaikan pada siklus kedua maka meningkat dengan presentase mencapai 76%. Dari hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa tindakan yang diberikan dengan menerapkan model Cooperative Integrated reading and Composition (CIRC) berbantuan media komik edukatif berhasil dalam meningkatkan kemampuan membaca pemahaman peserta didik.

Referensi

Abi Hamid, M., Ramadhani, R., Masrul, M., Juliana, J., Safitri, M., Munsarif, M., ... & Simarmata, J. (2020). Media pembelajaran. Yayasan Kita Menulis.
Adawiyah, H., I. K., & Bayu, G. W. (2020). Model Pembelajaran Cooperatif Integrated Reading Composition (CIRC) Meningkatkan Kemampuan Membaca Pemahaman Siswa. Jurnal Pedagogi dan Pembelajaran, 3(2), 233-247.
Ahyar, J., & Syahriandi, S. (2015). Membaca-cepat-pemahaman mahasiswa Universitas Malikussaleh. Jurnal Visioner & Strategis, 4(2), 1-9.
Ambarita, R. S., Wulan, N. S., & Wahyudin, D. (2021). EDUKATIF: JURNAL ILMU PENDIDIKAN.
Barokah, N. (2019). Peningkatan Keterampilan Membaca Pemahaman Melalui Media Komik Edukasi Pada Siswa Kelas V. Basic Education, 8(19), 1-901.
Darmadi, H. (2017). Pengembangan model dan metode pembelajaran dalam dinamika belajar siswa. Yogyakarta: Deepublish.
Eka, R. N. (2022). Pengembangan Komik Multimedia Berbasis Kearifan Lokal Sd/Mi (Doctoral dissertation, UIN RADEN INTAN LAMPUNG).
Laily, I. F. (2014). Hubungan Kemampuan Membaca Pemahaman Dengan Kemampuan Memahami Soal Cerita Matematika Sekolah Dasar. Eduma : Mathematics Education Learning and Teaching, 3(1). https://doi.org/10.24235/eduma.v3i1.8
Nurhidayah, I., Mulyasari, E., & Robandi, B. (2017). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe CIRC untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Pemahaman. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 2(4), 42–51.
Patiung, D. (2016). Membaca Sebagai Sumber Pengembangan Intelektual. Al Daulah: Jurnal Hukum Pidana Dan Ketatanegaraan, 5(2), 352–376. https://doi.org/10.24252/ad.v5i2.4854
Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan RnD. Bandung: Alfabeta.
Tristiantari, N. K. D., & Sumantri, I. M. (2016). Model Pembelajaran Cooperatif Integrated Reading Composition Berpola Lesson Study Meningkatkan Keterampilan Membaca Dan Menulis. JPI (Jurnal Pendidikan Indonesia), 5(2), 203. https://doi.org/10.23887/jpi-undiksha.v5i2.8493

Keywords  :  
Kata Kunci: Reading comprehension, CIRC model, educational comics
Galleys  :  
Diterbitkan  :  
2023-10-01
Cara Mengutip  :  
Lizani, A. V., ., D., & Noviyanti, S. (2023). UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA PEMAHAMAN MENGGUNAKAN MODEL (CIRC) BERBANTUAN MEDIA KOMIK EDUKATIF PADA PESERTA DIDIK KELAS III SEKOLAH DASAR. Jurnal Tunas Pendidikan, 6(1), 68–75. https://doi.org/10.52060/pgsd.v6i1.1439
Terbitan  :