MENINGKATKAN MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS DENGAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING PADA PEMBELAJARAN IPAS UNTUK PESERTA DIDIK KELAS IV SDN 64/I MUARA BULIAN

Abdul Razaq ( Universitas Jambi )
Destrinelli Destrinelli ( Universitas Jambi )
Issaura Sherly Pamela ( Universitas Jambi )

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peningkatan keterampilan berpikir kritis dengan model problem based learning pada pembelajaran IPAS untuk peserta didik kelas IV sekolah dasar. Penelitian ini dilaksanakan di SDN 64/I Muara Bulian, kecamatan Muara Bulian, kabupaten Batanghari, provinsi Jambi. Bentuk penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan memakai pendekatan kualitatif. Data penelitian ini diperoleh dengan cara observasi, wawancara, dan dokumentasi. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus, dimana setiap siklus dilakukan sebanyak 2 pertemuan. Setiap siklus terdiri dari empat tahapan, yakni perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan melalui wawancara, observasi melalui lembar observasi keterampilan berpikir kritis peserta didik, lembar observasi aktivitas pendidik melaksanakan kegiatan pembelajaran, serta dokumentasi. Hasil dari penelitian ini adalah terjadi peningkatan keterampilan berpikir kritis pada peserta didik kelas IV SDN 64/I Muara Bulian setelah menerapkan model problem based learning pada tiap pertemuan di tiap siklus.

Referensi

Agustina, N. (2018). Perkembangan Peserta Didik (Cetakan 1). Penerbit Deepublish.
Azizah, M., Sulianto, J., & Cintang, N. (2018). Analisis Keterampilan Berpikir Kritis Siswa Sekolah Dasar Pada Pembelajaran Matematika Kurikulum 2013. Jurnal Penelitian Pendidikan, 35(1), 61–70.
Batubara, H. H. (2020). Media Pembelajaran Efektif. Fatawa Publishing.
Batubara, H. H. (2021). Media Pembelajaran MI/SD. Graha Edu.
Duda, H. J., Susilo, H., & Newcombe, P. (2019). Enhancing Different Ethnicity Science Process Skills: Problem-Based Learning Through Practicum And Authentic Assessment. International Journal of Instruction, 12(1), 1207-1222
Fitriyah, I. M. N., & Ghofur, M. A. (2021) Pengembangan E-LKPD Berbasis Android Dengan Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) Untuk Meningkatkan Berpikir Kritis Peserta Didik. Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(5), 1957-1970.
Febriani, M. (2021). IPS Dalam Pendekatan Konstruktivisme (Studi Kasus Budaya Melayu Jambi). AKSARA: Jurnal Ilmu Pendidikan Nonformal, 07(01), 61–66.
Gunawan, & Ritonga, A. A. (2019). Media Pembelajaran Berbasis Industri 4.0. RajaGrafindo Persada.
Hartati, T., Damaianti, V. S., Gustiana, A. D., Aryanto, S., & Jannah, W. N. (2022). Berpikir Kritis Dan Kreatif Siswa Sekolah Dasar (Syihabuddin (ed.); Pertama). Perkumpulan Rumah Cemerlang Indonesia.
Lismaya, L. (2019). Berpikir Kritis & PBL (N. Azizah (ed.)). Media Sahabat Cendekia.
Masrinah, E. N., Aripin, I, & Gaffar, A. A. (2019). Problem Based Learning (PBL) Untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan, 1, 924-932.
Maulidah, E. (2021). Keterampilan 4C Dalam Pembelajaran Untuk Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 2(1), 52–68.
Mulia, F., & Mustadi, A. (2019). Meningkatkan Kemampuan Keterampilan Berpikir Kritis Mahasiswa PGSD Pada Mata Kuliah Pendidikan IPA Menggunakan Model Project-Based Learning. Lentera Pendidikan, 22(1), 52–63.
Pakpahan, A. F., Ardiana, D. P. Y., Mawati, A. T., Wagiu, E. B., Simarmata, J., Mansyur, M. Z., Ili, L., Purba, B., Chamidah, D., & Kaunang, F. J. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran. Yayasan Kita Menulis.
Pamela, I. S., Hayati, S., & Insani, R. S. (2019). Penggunaan Media Big Book Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Di Kelas V Sekolah Dasar. Jurnal Gentala Pendidikan Dasar, 4(2), 245–263.
Parnawi, A. (2020). Penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action Research). Penerbit Deepublish.
Ponidi, Dewi, N. A. K., Trisnawati, Puspita, D., Nagara, E. S., Kristin, M., Puastuti, D., Andewi, W., Anggraeni, L., & Utami, B. H. S. (2021). Model Pembelajaran Inovatif & Efektif (S. Abadi & M. Muslihudin (Eds.); Cetakan 1). Penerbit Adab.
Safrida, L. N., Ambarwati, R., Adawiyah, R., & Albirri, E. R. (2018). Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Mahasiswa Program Studi Pendidikan Matematika. Jurnal Pendidikan Matematika, 6(1), 10–16.
Subron, A. N., Bayu, Rani, & Meidawati. (2019). Persepsi Siswa Dalam Studi Pengaruh Daring Learning Terhadap Minat Belajar IPA. SCAFFOLDING: Jurnal Pendidikan Islam Dan Multikulturalisme, 1(2), 30–38.
Tumanggor, M. (2021). Berfikir Kritis (Cara Jitu Menghadapi Tantangan Pembelajaran Abad 21) (Pertama). Gracias Logis Kreatif.
Winasih, E. W., Parji, & Malawi, I. (2023). Penerapan Metode Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Minat Dan Hasil Belajar IPS Pada Siswa Kelas IX SMPN 4 Karang Anyar Tahun Pelajaran 2021/2022. Journal of Scientech, 5(1), 429-441.
Winoto, Y. C., & Prasetyo, T. (2020). Efektivitas Model Problem Based Learning Dan Discovery Learning Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 4(2), 228–238.
Yulianti, E, & Gunawan, I. (2019). Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL): Efeknya Terhadap Pemahaman Konsep Dan Berpikir Kritis. Indonesian Journal of Science and Mathematics Education, 2(3), 399-408.

Keywords  :  
Kata Kunci: Model Problem Based Learning, Keterampilan Berpikir Kritis, Peserta Didik Problem-Based Learning Models, Critical Thinking Skills, Students
Galleys  :  
Diterbitkan  :  
2023-10-01
Cara Mengutip  :  
Razaq, A., Destrinelli, D., & Pamela, I. S. (2023). MENINGKATKAN MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS DENGAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING PADA PEMBELAJARAN IPAS UNTUK PESERTA DIDIK KELAS IV SDN 64/I MUARA BULIAN. Jurnal Tunas Pendidikan, 6(1), 83–95. https://doi.org/10.52060/pgsd.v6i1.1429
Terbitan  :