PENINGKATAN PROSES DAN HASIL BELAJAR IPS DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING DI KELAS V

Proses dan Hasil Belajar IPS, Model Problem Based Learning

Fitria Azhari ( Universitas Muhammadiyah Muara Bungo )
Arisman Sabir ( Universitas Muhammadiyah Muara Bungo )
subhanadri - ( Universitas Muhammadiyah Muara Bungo )

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model Problem Based Learning terhadap proses dan hasil belajar IPS pada peserta didik kelas V SDN 104/VI Rantau Panjang VIII. Jenis penelitian yang dilakukan adalah penelitian tindakan kelas, subjek penelitian seluruh peserta didik kelas V di SDN 104/VI Rantau Panjang VIII yang berjumlah 16 peserta didik. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan observasi, lembar tes hasil belajar, dan dokumentasi. Teknik analisis yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menggunakan model Problem Based Learning ini menunjukkan peningkatan dalam setiap siklusnya untuk hasil observasi pendidik pada siklus I dengan rata- rata sebesar 74,99% dengan kategori Baik dan pada siklus II sebesar 85,71% dengan kategori Sangat Baik. Hasil observasi peserta didik pada siklus I dengan rata-rata sebesar 59,37% dengan kategori Kurang Baik dan siklus II sebesar 81,25% dengan kategori Sangat Baik. Sedangkan ketuntasan klasikal pada siklus I diperoleh nilai rata-rata hasil belajar peserta didik sebesar 56,25% meningkat menjadi 87,5% pada siklus II. Berdasarkan data tersebut menunjukkan penggunaan model Problem Based Learning dapat meningkatkan proses dan hasil belajar IPS di kelas V SDN 104/VI Rantau Panjang VIII.

Referensi

Ananda, Rizki. 2017. Peningkatan Pembelajaran IPS Dengan Menggunakan Model Koperatif TIPE Studen Team Achievement Division (STAD) Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 1(2), 91-100.
Falestin. 2015. Peningkatan Prestasi bangan Pendidikan Akuntasi Dan Keuangan Yang Berkelanjutan, 192–207.
Hakiki, M., Sabir, A., Kartika, R., & Al-ihsan, M. I. (2022). PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN EXPLICIT INSTRUCTION TERHADAP HASIL BELAJAR SIMULASI DIGITAL MATAKULIAH KELAS X TEKNIK KOMPUTER DAN JARINGAN (TKJ). Jurnal Muara Pendidikan, 7(1), 60-69.
Harahap, A. I., Sit, M., & Basri, M. (2022). Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning Berbasis Experimen Sederhana Dalam Pengenalan Sains Anak Usia Dini. Scaffolding: Jurnal Pendidikan Islam dan Multikulturalisme, 4(2), 129-139.
Heryadi, Dedi. 2014. Metode Penelitian Pendidikan Bahasa. Bandung: Pusbill
Kurniasih, dkk. 2015. Dendritic nanocarriers based on hyperbranched polymers. Chemical Society Reviews, 44(12), 4145-4164.
Pramono, S. E. (2013). Hakikat Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial. Semarang: Widya Karya, 14, 15.
Rusman. 2013. Model-model Pembelajaran. Jakarta: Raja Grafindo Persada.
Sabir, A., Fitria, D., & Maryana, A. (2022). Peran Guru Ppkn Dalam Mengembangkan Sikap Disiplin Pada Proses Pembelajaran Siswa Kelas Xi Sman 1 Sungai Geringging. Jurnal Inovasi Pendidikan Dan Teknologi Informasi (JIPTI), 3(1), 37-46.

Keywords  :  
Kata Kunci: Proses dan Hasil Belajar IPS, Model Problem Based Learning.
Galleys  :  
Diterbitkan  :  
2023-10-01
Cara Mengutip  :  
Azhari, F., Sabir, A., & -, subhanadri. (2023). PENINGKATAN PROSES DAN HASIL BELAJAR IPS DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING DI KELAS V: Proses dan Hasil Belajar IPS, Model Problem Based Learning. Jurnal Tunas Pendidikan, 6(1), 96–106. https://doi.org/10.52060/pgsd.v6i1.1376
Terbitan  :