PENGEMBANGAN VIDEO PEMBELAJARAN MENGGUNAKAN APLIKASI CAPCUT MATERI KEKAYAAN BUDAYA INDONESIA PADA PEMBELAJARAN IPAS UNTUK MENDUKUNG MERDEKA BELAJAR SISWA KELAS IV MIN 2 DHARMASRAYA

Estuhono Estuhono ( Universitas Dharmas Indonesia )
Moh Rosyid Mahmudi ( )
Ridho Ilahi ( )

Abstrak

Penelitian ini dilatar belakangi dari rendahnya hasil belajar siswa. Berdasarkan hasil wawancara dan pengamatan pada materi IPAS banyak siswa yang belum mencapai kriteri ketuntasan umum (KKM) hal ini terlihat dari jumlah siswa sebanyak 24 siswa, siswa yang nilainya tuntas KKM hanya sebanyak 8 siswa dengan presentase sebesar 33,33 % dan yang nilainya tidak tuntas KKM sebanyak 16 siswa dengan presentasi sebesar 66,66 %. Maka dari permasalahan tersebut peneliti ingin mengembangakan video pembelajaran menggunakan aplikasi capcut materi kebudayaan indonesia pada materi IPAS. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian pengembangan R&D (Reseasrch and Development) dengan menggunakan model ADDIE yang mempunya 5 bagian yaitu: Tahap Analisis), Perancangan, Pengembangan, Implementasi, dan Evaluasi. Jenis data yang digunakan adalah kualitatif dan kuantitatif. Instrument yang digunakan adalah lembar validitas, praktikalitas, efektifitas. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik wawancara, observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data yang dilakukan pada pengembangan ini analisis validitas, praktikalitas dan efektifitas. Berdasarkan uji efektifitas menggunakan video pembelajaran hasil belajar peserta didik telah mencapai KKM 75. Ketuntasan hasil belajar peserta didik dengan rata-rata 95,75% dikategorikan sangat efektif karena video tersebut telah memberikan hasil yang sesuai dengan tujuan pembelajaran oleh hasil tes belajar peserta didik. Sedangkan ketidak tuntasan peserta didik dengan rata-rata 6,25% di kategorikan tidak efektif karena hasil tes saat uji coba menunjukkan peserta didik tidak memenuhi ketuntasan minimal. Sehingga video menggunakan aplikasi Capcut dapat diterapkan dalam proses pembelajaran.

Referensi

Achmad Ali Fikri, Syamsul Arifin, M. F. F. (2022). konsep dan implementasi kurikulum merdeka abad ke 21. Konsep Dan Implementasi Kurikulum Merdeka Abad Ke 21, 2(8.5.2017), 2003–2005.
Alamsyah, R., Toenlioe, A. J. E., & Husna, A. (2018). Pengembangan Video Pembelajaran Kepenyiaran Materi Produksi Program Televisi Untuk Mahasiswa Teknologi Pendidikan Universitas Malang. Jurnal Kajian Teknologi Pendidikan, 1(3), 229–236.
Aprima, D., & Sari, S. (2022). Cendikia : Media Jurnal Ilmiah Pendidikan Analisis Penerapan Pembelajaran Berdiferensiasi Dalam Implementasi Kurikulum Merdeka Pada Pelajaran Matematika SD. Cendikia : Media Jurnal Ilmiah Pendidikan, 13(1), 95–101.
Estuhono. (2017). Pengaruh Penerapan Strategi Pembelajaran Gasing (Gampang Asyik Menyenangkan) Berbantukan Animasi Terhadap Pencapaian Kompetensi Mahasiswa Pada Mata Kuliah Pendidikan IPA. Ristekdik. Jurnal Pendidikan dan Konseling, 2 (2), 8-13. http://jurnal.um-tapsel.ac.id/index.php/Ristekdik/article/view/214
Guspitawati, Estuhono, S., Sari, A. M., Saputra, A., & Apreasta, L. (2022). Pengembangan Media Video Pembelajaran Sentra Tema Alam Semesta Subtema Gejala Alam. 6(5), 4049–4056. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i5.2520
Haryani, S., & Sari, V. M. (2021). Efektifitas Penggunaan Video Pembelajaran dalam Meningkatkan Kognitif Anak Usia 4-5 Tahun di Masa Pembelajaran Jarak Jauh. Jurnal Pendidikan Tambusai, 5(2), 4365–4572.
Hasan, M., Milawati, Darodjat, Khairani, H., & Tahrim, T. (2021). Media Pembelajaran. In Tahta Media Group.
Isran Rasyid Karo-karo S, R. (1959). Manfaat Media Dalam Pembelajaran. Nucl. Phys., 13(1), 104–116. jurnal video animasi. (n.d.).
Lubaidi, W., & Setiawan, H. (2022). Profil Kemampuan Numerasi Peserta Didik Kelas V MI . Minhajussa ’ adah. 7(September).
Satriyo, Y. E. (2003). UU NO.20 Tahun 12 ayat 1 dan pengaruhnya terhadap pelaksanaan pendidikan di sekolah katolik. Zitteliana, 18(1), 22–27.
Sugihartini, N., & Yudiana, K. (2018). Addie Sebagai Model Pengembangan Media Instruksional Edukatif (Mie) Mata Kuliah Kurikulum Dan Pengajaran. Jurnal Pendidikan Teknologi Dan Kejuruan, 15(2), 280.
Sugiyono, 2017. (2017). Analisis pengendalian kualitas ( quality control ) dalam meningkatkan kualitas produk. 6, 393–399.
Yudianto, A. (2017). Penerapan Video Sebagai Media Pembelajaran. Seminar Nasional Pendidikan 2017, 234–237.

Keywords  :  
Kata Kunci: Capcut, IPAS, Video Capcut, IPAS, Video
Galleys  :  
Diterbitkan  :  
2023-10-27
Cara Mengutip  :  
Estuhono, E., Mahmudi, M. R., & Ilahi, R. (2023). PENGEMBANGAN VIDEO PEMBELAJARAN MENGGUNAKAN APLIKASI CAPCUT MATERI KEKAYAAN BUDAYA INDONESIA PADA PEMBELAJARAN IPAS UNTUK MENDUKUNG MERDEKA BELAJAR SISWA KELAS IV MIN 2 DHARMASRAYA. Jurnal Tunas Pendidikan, 6(1), 319–330. https://doi.org/10.52060/pgsd.v6i1.1345
Terbitan  :