ANALYSIS OF FIGURATIVE LANGUAGE IN TAYLOR SWIFT SELECTED SONGS IN “MIDNIGHT “ALBUM AND ITS CONTRIBUTION TO ENGLISH TEACHING AT SENIOR HIGH SCHOOL

Dodi Widia Nanda ( )
Martiya Nurni Khairita ( )
Silvi Revina ( )

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis Bahasa Kiasan yang digunakan dalam lagu-lagu Taylor Swift yang dipilih dalam album Midnight dan Kontribusinya terhadap Pengajaran Bahasa Inggris di Sekolah Menengah Atas". Bahasa kiasan yang ditemukan dalam lagu-lagu Taylor Swift dianalisis ke dalam tiga jenis, makna, dan kontribusinya terhadap pengajaran bahasa Inggris. Penulis menggunakan teori Abbrams (1999) sebagai indikator dalam penelitian ini dan teori SLA digunakan sebagai teori kedua dalam penelitian ini terkait dengan manfaat dan kontribusi lirik lagu dalam pengajaran bahasa Inggris dalam pengajaran bahasa Inggris sebagai bahasa asing. Dalam penelitian ini, penulis menggunakan metode kualitatif. Penulis memfokuskan pada lima jenis analisis bahasa kiasan, yaitu hiperbola, metafora, simile, ironi, dan personifikasi. Data penelitian diperoleh dari lima lagu dalam album "midnight" milik Taylor Swift. Lagu-lagu tersebut adalah "snow on the beach", "anti hero", "you're on your own kid", "bigger than the whole sky", "high infidelity".  Setelah menganalisis data, penulis menemukan dua puluh delapan ekspresi bahasa kiasan, termasuk tiga belas hiperbola, delapan metafora, tiga simile, dua ironi, dan dua personifikasi. Hiperbola merupakan bahasa kiasan yang paling banyak digunakan dalam lagu-lagu Taylor Swift yang terpilih dalam album Midnight. Selain itu, penelitian ini memberikan kontribusi pada pengajaran bahasa Inggris. Data yang ditemukan dalam penelitian ini memberikan kontribusi terhadap pengajaran bahasa Inggris.

Referensi

Abrams, M. H. (1999). A Glossary of Literary Terms. (7th ed.). New york: Cornell University.
Allan, K. (2019). The Oxford handbook of meaning in language. Oxford University Press.
Anam, S. (2020). An Analysis of Figurative Language Used in Short Story "The Gift of the Magi" by O. Henry. LITERA: Jurnal Penelitian Bahasa, Sastra, dan Pengajarannya, 37-44.
Arifin, Z. (2018). The use of English songs as teaching media to improve mastery. Journal of English Language and Pedagogy, 30-39.
Ashari, A. (2020). A Stylistic Analysis of Figurative Language in Ed Sheeran's Songs. . Journal of Language and Literature, 40-51.
Brown, S. (2012). Music and Manipulation: On the Social Uses and Social Control of Music. Berghahn Books.
Charteris-Black, J. (2021). The Routledge Handbook of Metaphor and Language . Routledge.
Covach, J. (2017). What’s That Sound?: An Introduction to Rock and Its History. W.W. Norton & Company.
Cuddon, J. A. (2013). The Penguin Dictionary of Literary Terms and Literary Theory. Penguin UK.
Kramer, L. (2016). The thought of music . California: University of California.
Portner, P. (2019). Meaning: A slim guide to semantics . Oxford University Press.
Pramawati, N. (2020). The Analysis of Figurative Language in Edgar Allan Poe’s Poems. Jurnal Ilmiah Pendidikan Bahasa dan Sastra, 92-99.
Ramchand, G. C. (2020). Meaning and grammar: An introduction to semantics . MIT Press.
Saebani, A. d. (2012). Metodologi Penelitian Kualitatif (Bandung:. Bandung: Pustaka Setia.
Scarry, E. (2020). On Beauty and Being Just . Princeton University Press.
Seidenberg, M. (2017). Language at the speed of sight: How we read, why so many can’t, and what can be done about it . Basic Books.
Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D . bandung: Alfabeta.
Taylor’s Profil. https://p2k.stekom.ac.id/ensiklopedia/Taylor_Swift
Accessed on November 2022.
Yang, H. (2016). A Cognitive Linguistic Analysis of the English Imperative Sentence with Special Reference to Chinese . Springer.
Yule, G. (2016). The Study of Language. Cambridge University Pres

Keywords  :  
Kata Kunci: Bahasa Kiasan, Selena Gomez, Lirik Lagu, Analisis Figurative Languages, Selena Gomez, Song Lyric, Analysis
Galleys  :  
Diterbitkan  :  
2023-10-15
Cara Mengutip  :  
Nanda, D. W., Khairita, M. N., & Revina, S. (2023). ANALYSIS OF FIGURATIVE LANGUAGE IN TAYLOR SWIFT SELECTED SONGS IN “MIDNIGHT “ALBUM AND ITS CONTRIBUTION TO ENGLISH TEACHING AT SENIOR HIGH SCHOOL. Jurnal Tunas Pendidikan, 6(1), 268–275. https://doi.org/10.52060/pgsd.v6i1.1293
Terbitan  :