PENGEMBANGAN MEDIA VIDEO ANIMASI BERBASIS STRATEGI PAIKEM PADA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA UNTUK MENDUKUNG MERDEKA BELAJAR SISWA KELAS IV SEKOLAH DASR
Abstrak
Penulisan ini dilatar belakangi kurang tepatnya pemilihan media video animasi berbasis strategi paikem pada mata pelajaran bahasa Indonesia untuk mendukung merdeka siswa kelas IV Sekolah Dasar. Media pembelajaran yang tidak tepat tidak mampu mengakomodasikan sepenuhnya gaya belajar siswa. Penulisan ini bertujuan untuk menghasilkan produk berupa media video animasi yang valid, praktis, dan efektif untuk membaca teks fabel dan menulis nominal uang di kelas IV.Jenis penelitian yang dilakukan adalah penelitian pengembangan. Penelitian ini menggunakan model pengembangan 4D. Subjek uji coba pada penelitian ini adalah siswa kelas IV SDN 82/VI Rantau Limau Kapas dan guru mata pelajaran bahasa Indonesia kelas IV. Penelitian yang dilakukan menunjukkan bahwa media video animasi berbasis strategi paikem yang dikembangkan telah valid, praktis, dan efektif. Sehingga dapat disimpulkan bahwa dari proses pengembangan media video animasi berbasis strategi paikem pada pembelajaran membaca teks fabel dan menulis nominal uang kelas IV telah menghasilkan media yang (1) valid, baik dari segi aspek sebagai media, aspek bahasa, dan aspek materi, (2) media yang praktis digunakan baik dari aspek siswa maupun guru, dan (3) telah menghasilkan media yang efektif untuk mencapai tujuan pembelajaran sesuai kurikulum
Referensi
Angraini, M. D. (2021). Pengembangan Media Video Animasi Kartun Pada Pembelajaran Tematik ntuk Siswa Kelas IV Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 1–103.
Apriansyah, M. R., & , Kusno Adi Sambowo, A. M. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Video Berbasis Animasi Mata Kuliah Ilmu Bahan Bangunan di Program Studi Pendidikan Teknik Bangunan Fakultas Teknik Universitas Negeri Jakarta. Jurnal Pendidikan Teknik Sipil, 9(1), 8–18.
Apriasta, L. (2023). Analisis Pembentukan Karakter Religius dan Gotong Royong Peserta Didik melalui Kegiatan Ekstrakurikuler Kepramukaan di SDN 60/VI Bangko IV Kabupaten Merangin. Jounar On Teacher Education, 4, 242–250.
Ellsa, S., Rahmawati, L. E., Surakarta, U. M., Pembelajaran, M., & Kata, K. (2020). Pengembangan Media Kartun Kata Dalam Pembelajran. Susunan Artikel Pendidikan, 4(3), 3.
fauziah zahratun. (2019). Pengembangan Media Video Pembelajaran Untuk Meningkatkan Keterampilan Menyimak dan Berbicara. Jurnal Basicedu, 120.
Fitri, F. dan A. (2019). Pengembangan Video Pembelajaran Menggunakan Aplikasi Kinemaster pada Pembelajaran Tematik di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 3(2), 524–532.
Gumelar, H. P. A., Hidayat, B., & Kuswono. (2019). Pengembanagn Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Android Materi Sejarah Pergerakan SMA di Lampung. Jurnal Swarnadwipa, 3, 40–53.
Liatunrahman, N. (2023). Pengembangan Media Video Animasi untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa pada Materi Pecahan Biasa Kelas IV Sekolah Dasar. Pengembangan Media Animasi, 4, 36.
Mega, N. M., Ulva, R., & Apreasta, L. (2020). Pengaruhmediaflashcardterhadapkemampuan Membacapermulaansiswakelasisdnno 105/Iirambahkabupatenbungo. Jurnal Education and Counsling, 193–205.
Ningsih, W., Salahuddin, A., & Sari, F. I. (2021). Pengaruh Penggunaan Media Permainan Kartun Huruf Terhadap Kemampuan Membaca Siswa KelasI SDN 13 SITIUNG Kabupaten Dharmasraya. Jurnal Dharma PGSD, 1(2), 193–201.
Permata, G., & Hapsari, P. (2021). Pengembangan Media Video Animasi Berbasis Aplikasi Canva untuk Meningkatkan MotIvasi dan Prestasi Belajar Siswa. Jurnal Basicedu, 5(4), 2384–2394.
Prananda, G., Wardana, A., & Darniyanti, Y. (2021). Pengembangan Media Video Pembelajaran Tema 6 Subtema 2 Untuk Siswa Kelas SD Negeri 17 Pasar Masurai 1. Jurnal Dharma PGSD, 1(1), 38–45. http://ejournal.undhari.ac.id/index.php/judha/article/view/104
Putu, N., Octavyanti, L., Agung, I. G., & Wulandari, A. (2021). Video Pembelajaran Berbasis Pendekatan Kontekstual Pada Mata Pelajaran Matematika Kelas IV SD. 8(1), 66–74.
Salita, R. D., Estuhono, Mahmudi, M. R., Keguruan, F., Ilmu, D., Universitas, P., & Indonesia, D. (2021). CONSILIUM Journal : Journal Education and Counseling. Journal Education and Consling, 232–243.
Sri Utami kholilla Mora Siregar, Rini Kesuma Siregar, Rosni Harahap, N. C. D. (2022). Strategi Pembelajaran Aktif, Inovatif, Kreatif, Efektif Dan Menyenangkan (PAIKEM) Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Mahasiswa FKIP UGN Padang sidimpuan. Jurnal Research & Learning in Primary Education, 4, 470–479.
Subhan, M. estuhono. (2021). INNOVATIVE : Volume 1 Nomor 2 Tahun 2021 Research & Learning in Primary Education. Research and Learning in Primary Education, 1, 148–152.
Ujang Cepi Barlian, Siti Solekah, P. R. (2022). implementasi kurikulum merdeka dalam meningkatkan mutu pendidikan. Journal of Education and Language Research, 10(1), 1–52. https://doi.org/10.21608/pshj.2022.250026
Wati, S. G., Sari, A. M., Saputra, A., Estuhono, E., Apreasta, L., & Rahmadani, R. (2022). Pengembangan Media Video Pembelajaran Sentra Tema Alam Semesta Subtema Gejala Alam. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(5), 4049–4056. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i5.2520
Widia Aprilia, Lika Apreasta, D. E. P. (2021). Pengembangan Buku Ajar Berbasis Model Problem Based Learning pada Subtema 1 Kekayaan Sumber Energi Di Indonesia pada kelas IV Sekolah Dasar. Innovative, 1(2), 552–560.
Keywords | : |
Kata Kunci:
Pengembangan, Media Video Animasi, Model 4-D Development, Animation Video Media, 4-D Models
|
Galleys | : | |
Diterbitkan | : |
2023-10-15
|
Cara Mengutip | : |
Apreasta, L., Mahmudi, M. R., & Wati, S. N. (2023). PENGEMBANGAN MEDIA VIDEO ANIMASI BERBASIS STRATEGI PAIKEM PADA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA UNTUK MENDUKUNG MERDEKA BELAJAR SISWA KELAS IV SEKOLAH DASR. Jurnal Tunas Pendidikan, 6(1), 276–287. https://doi.org/10.52060/pgsd.v6i1.1287
|
Terbitan | : |
Bagian
Articles
|