PEMANFAATAN AUGMENTED REALITY SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN IPA SEKOLAH DASAR
Abstrak
Perkembangan teknologi pada masa kini semakin pesat, hal tersebut dapat dirasakan pada aspek pendidikan. Banyak bermunculan aplikasi-aplikasi pembelajaran interaktif yang dapat membantu proses kegiatan belajajar mengajar dalam dunia pendidikan. Salah satunya yaitu Augmented Reality (AR) dapat didefinisikan sebuah teknologi yang menggabungkan benda maya dua dimensi atau tiga dimensi ke dalam sebuah lingkungan yang nyata kemudian memproyeksikannya secara real time. Kamera dengan resolusi tinggi serta adanya sensor yang mendukung merupakan fasilitas perkembangan teknologi Augmented Reality (AR).
Media pembelajaran merupakan suatu alat perantara antara guru dengan peserta didik sebagai penyalur pesan agar tercapainya tujuan pembelajaran serta terciptanya proses pembelajaran yang efektif dan efisien. Pemanfaatan media pembelajaran Augmented Reality (AR) dapat merangsang pola pikir peserta didik sehingga peserta didik dapat berpikir kritis terhadap suatu permasalahan yang ada.
Referensi
Azzahra, A. (2022). Pemanfaatan Teknologi Dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan [Preprint]. Open Science Framework. https://doi.org/10.31219/osf.io/c54um
Budiman, H. (2017). Peran Teknologi Informasi Dan Komunikasi Dalam Pendidikan. Al-Tadzkiyyah: Jurnal Pendidikan Islam, 8(1), 31. https://doi.org/10.24042/atjpi.v8i1.2095
Fatria, F. (2018). Penerapan media pembelajaran google drive dalam pembelajaran bahasa indonesia. Jurnal penelitian pendidikan bahasa dan sastra, 2(1), 138–144. https://doi.org/10.32696/ojs.v2i1.158
Kurniawan, W., Suprianto, A., & Sumardiyono, B. (2016). Rancangan Sistem Forum Diskusi Online Untuk Program Studi Sistem Informasi Antara Dosen Dan Mahasiswa. 5.
Latifah, S. (n.d.). Efektivitas Pembelajaran Daring (Studi Kasus Hasil Belajar Mata Pelajaran Ekonomi Kelas X IPS SMA Nurul Yaqin Tahun 2020/2021). 9(7).
Mustaqim, I. (n.d.-b). PEMANFAATAN AUGMENTED REALITY SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN. Jurnal Pendidikan Teknologi dan Kejuruan.
Mustaqim, I. (2017). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Augmented Reality. Jurnal Edukasi Elektro, 1(1). https://doi.org/10.21831/jee.v1i1.13267
Novari, S., & Herryanto, D. (2020). sistem informasi keuangan desa pada desa makartitama kec. Peninjauan menggunakan embarcadero xE2. 2(2).
Nurrita, T. (2018). Pengembangan media pembelajaran untuk meningkatkan hasil belajar siswa. Misykat: Jurnal Ilmu-ilmu Al-Quran, Hadist, Syari’ah dan Tarbiyah, 3(1), 171. https://doi.org/10.33511/misykat.v3n1.171
Rantung, A. M., Warouw, D. M. D., & Tulung, L. E. (n.d.). Peran Komunikasi Antar Budaya Dalam Perkawinan Suku Bali Dan Suku Minahasa di Kota Manado.
Setyawan, B., Rufii, Nf., & Fatirul, Ach. N. (2019). AUGMENTED REALITY DALAM PEMBELAJARAN IPA BAGI SISWA SD. Kwangsan: Jurnal Teknologi Pendidikan, 7(1), 78–90. https://doi.org/10.31800/jtp.kw.v7n1.p78--90
Wati, L. I., & Nugraha, J. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Berbantuan Adobe Flash Cs6 Pada Mata Pelajaran Teknologi Perkantoran di Kelas X OTKP SMK Negeri 1 Lamongan. Jurnal Pendidikan Administrasi Perkantoran (JPAP), 9(1), 65–76. https://doi.org/10.26740/jpap.v9n1.p65-76
Keywords | : |
Kata Kunci:
Kata kunci: Aplikasi; Media pembelajaran; Augmented reality. Applications, Learning Media, Augmented reality
|
Galleys | : | |
Diterbitkan | : |
2024-10-06
|
Cara Mengutip | : |
Mulyawan, G. P. P., & Hadi, M. S. (2024). PEMANFAATAN AUGMENTED REALITY SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN IPA SEKOLAH DASAR. Jurnal Tunas Pendidikan, 7(1), 213–221. https://doi.org/10.52060/pgsd.v7i1.1281
|
Terbitan | : |
Bagian
Articles
|