PENGARUH PROGRAM LITERASI TERHADAP MINAT MEMBACA PADA MUATAN BAHASA INDONESIA SISWA KELAS IV SDN 12 IX KOTO

Antik Estika Hader ( )
Pitri Ningsi ( )
Raimon Efendi ( )

Abstrak

Penelitian  dilakukan karena adanya permasalahan kurangnya minat baca siswa, terutama di kelas IV SD N 12 IX Koto. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengevaluasi pengaruh program literasi terhadap minat membaca dalam pelajaran Bahasa Indonesia pada siswa kelas IV Sekolah Dasar. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian eksperimen. Sampel penelitian ini adalah 11 siswa kelas IV SD N 12 IX Koto. Sebuah desain pretest-posttest dengan hanya satu kelompok digunakan untuk penelitian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi program literasi memberikan dampak positif terhadap prestasi belajar Bahasa Indonesia siswa. Terjadi peningkatan rata-rata nilai pelajaran Bahasa Indonesia dari 67,55 menjadi 81,18 setelah penerapan program literasi. kemampuan dan pemahaman siswa dalam Bahasa Indonesia juga meningkat setelah program literasi dilaksanakan. Hasil temuan menunjukkan bahwa persentase siswa yang memenuhi Ketuntasan Minimal (KKM) naik dari 4 (36%) menjadi 8 (73%).  Oleh sebab itu, dapat disimpulkan bahwa penggunaan program literasi memiliki pengaruh positif terhadap minat membaca dan meningkatkan prestasi belajar Bahasa Indonesia pada siswa kelas IV di SDN 12 IX KOTO.

Referensi

. A., . W., Rojiyyah, I., Efendi, R., & Wulandari, R. A. (2023). E-Modul Based Flipped Classroom Learning Models in Vocational Education. KnE Social Sciences, 2023, 96–105. https://doi.org/10.18502/kss.v8i4.12886
Ambiyar, A., Waskito, W., Efendi, R., & Irawati, Y. (2021). Designing the E-Authentic Assessment on Computer Networking Learning in The Revolution Industry 4.0. JPI (Jurnal Pendidikan Indonesia), 10(1), 190. https://doi.org/10.23887/jpi-undiksha.v10i1.24431
Chasanah, F. U., Ibrahim, M., Hidayat, M. T., & Rahayu, D. W. (2021). Upaya Peningkatan Kemampuan Membaca melalui Media Buku Cerita di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(5), 3644–3650.
Efendi, R. (2020a). Evaluasi E-Learning Flipped Classroom Menggunakan Delone Dan Mclean Model Information System Success. JOISIE (Journal Of Information Systems …. https://ejournal.pelitaindonesia.ac.id/ojs32/index.php/JOISIE/article/view/961
Efendi, R. (2020b). Implementasi Authentic Asessment Pada Pendidikan Vokasi Teknik Informatika. Dharmas Education Journal (DE_Journal), 1(2), 232–240. https://doi.org/10.56667/dejournal.v1i2.147
Efendi, R., Harahap, R. R., & Yusti, I. (2022). Project-Based Learning Case Studied Model to Improving Learner Skills on Industry Revolution 4.0. Jurnal Pendidikan Dan …. https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JPP/article/view/43799
Elendiana, M. (2020). Upaya Meningkatkan Minta Baca Siswa Sekolah Dasar. 2.
harahap, D. G. S., Nasution, F., Nst, E. S., & Sormin, S. A. (2022). Analisis Kemampuan Literasi Siswa Sekolah Dasar Dharma. 6(2), 2089–2098.
Maryono, Issaura Sherly Pamela, H. B. (2022). Implementasi Literasi Baca Tulis dan Sains di Sekolah Dasar. JURNAL BASIJADU, 6(1), 491–498.
Putri, A. R. S. (2019). KEGIATAN LITERASI 15 MENIT TERHADAP MINAT BACA. 02(September), 61–65.
Rojiyyah, I., Efendi, R., & Wulandari, R. A. (2023). Design of Flipped Classroom Learning in Vocational Education to improve HOT Skills in the era of the Industrial Revolution 4.0. KnE Social Sciences. https://knepublishing.com/index.php/KnE-Social/article/view/12888
Sholeh, A. K. L. & M. (2019). PENGARUH PROGRAM LITERASI TERHADAP MINAT BACA DAN PRESTASI BELAJAR SISWA DI SMP ISLAM AL-AZHAAR TULUNGAGUNG Ajeng Kristianti Lawalata. Jurnal Mahasiswa, X, 1–12.
Yorri Didit Setyadi, Dwi Wulandari, Wa Ode Meliasari, & I. N. S. (2021). Peran Mahasiswa Kampus Mengajar 2 Sebagai “ Agent Of Change dan Social Control .” 5(6), 1542–1547.

Keywords  :  
Kata Kunci: Literasi membaca, Minat baca, Bahasa Indonesia, hasil belajar, sekolah dasar Reading Literacy, Interest in reading, Indonesian, Learning outcomes, elementary school
Galleys  :  
Diterbitkan  :  
2023-10-02
Cara Mengutip  :  
Hader, A. E., Ningsi, P., & Efendi, R. (2023). PENGARUH PROGRAM LITERASI TERHADAP MINAT MEMBACA PADA MUATAN BAHASA INDONESIA SISWA KELAS IV SDN 12 IX KOTO. Jurnal Tunas Pendidikan, 6(1), 120–128. https://doi.org/10.52060/pgsd.v6i1.1263
Terbitan  :