PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING DALAM PEMBELAJARAN TEKS DISKUSI PADA PESERTA DIDIK KELAS 9 SMP N 3 KENDAL TAHUN PELAJARAN 2022/2023

Fita Dwi Damayanti ( Universitas PGRI Semarang )
Raden Yusuf Sidiq Budiawan ( )
Mukhlis - ( )

Abstrak

 

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan model Problem Based Learning dalam pembelajaran Teks Diskusi pada peserta didik kelas 9 SMP N 3 Kendal tahun pelajaran 2022/2023. Jenis penelitian ini adalah kualitatif deksriptif yang didukung dengan data kuantitatif (campuran). Pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan dengan teknik tes dan nontes yang berupa angket, observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data dalam penelitian ini dilakukan dengan teknik triangulasi. Penyajian data dalam penelitian ini dilakukan dengan metode formal dan informal. Hasil  dalam penelitian ini menunjukkan bahwa model Problem Based Learning dapat diterapkan dalam pembelajaran Teks Diskusi pada peserta didik kelas 9 SMP N 3 Kendal. Berdasarkan hasil tes, wawancara, observasi, dan angket, model Problem Based Learning mampu meningkatkan pemahaman peserta didik tentang materi pembelajaran Teks Diskusi, mampu meningkatkan keterampilan berpikir kritis peserta didik, mampu menjadikan peserta didik semakin aktif dalam proses pembelajaran, serta dapat menjadikan suasana kelas menjadi lebih kondusif.

Referensi

Amir, M. Taufiq. 2009. Inovasi PendidikanMelalui Problem Based Learning. Jakarta: Kencana.
Ansarian, Loghman, dkk. 2018. Problem Based Language Learning and Teaching An Innovative Approach to Learn a New Language. Singapura: Springer Nature Singapore.
Arief, Armai. 2002. Pengantar Ilmu dan Metodologi Pendidikan Islam. Jakarta: Ciputat Pers.
Arikunto, S. 2006. Metode Penelitian Kualitatif. Jakarta: Bumi Aksara.
Arikunto, S. 2012. Prosedur Penelitian (Suatu Pendekatan Praktek). Jakarta: Rineka Cipta.
Barizzi, Ahmad, dkk. 2009. Menjadi Guru Unggul. Jogjakarta: Ar-Ruzz Media.
Brown, Douglas. 2008. Prinsip Pembelajaran dan Pengajaran Bahasa. Jakarta: Person Education.
Creswell, J. W. 2010. Research design: pendekatan kualitatif, kuantitatif, dan mixed. Yogyakarta: PT Pustaka Pelajar.
Halliday, M.A.K. 2002. Linguistic Studies of Text and Discourse. London: Continuum.
Hamdani. 2011. Strategi Belajar Mengajar. Bandung: Pustaka Setia.
Hamdayama, Jumanta. 2016. Metodologi Pengajaran. Jakarta: PT Bumi Krasa.
Kamdi. 2007. Strategi Pembelajaran. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Kemendikbud. 2014. Panduan Teknis Pembelajaran dan Penilaian. Jakarta: Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan.
Komalasari, K. 2010. Pembelajaran Kontekstual. Bandung: PT Refika Aditama.
Kridalaksana, Harimurti. 2011. Kamus Linguistik. Jakarta: Gramedia Pustaka.
Lidinillah, D.A.M. 2007. Pembelajaran Berbasis Masalah ( Problem Based Learning). Jurnal Penelitian. Vol.3.
Mahabbati, Aini. 2007. Pendekatan Problem Based Learning untuk Pembelajaran Optimal. Tesis. UNY.
Nafiah, Nurun Yunin dan Wardan Suyanto. 2014. Penerapan Model Problem Based Learning untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis dan Hasil Belajar Siswa. https://scholar.google.com/scholar?hl=id&as_sdt=0%2C5&q=penerapan+model+problem+based+learning&oq=penerapan+model+#d=gs_qabs&t=1667308988895&u=%23p%3DJK3AiBmBuL0J. Diakses pada 29 Oktober 2022.
Priyatni, Endah Tri, dkk. 2013. Bahasa dan Sastra Indonesia SMP/MTs. Jakarta: Bumi Aksara.
Rerung, N, dkk. 2017. Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik SMA pada Materi Usaha dan Energi. Jurnal Ilmiah Pendidikan Fisika Al-Biruni.6: halaman 49.
Rianto, Milan. 2006. Pendekatan, Strategi, dan Metode Pembelajaran. Malang: Departemen Pendidikan Nasional.
Riyanto, Y. 2010. Metodologi Penelitian Pendidikan. Surabaya: Penerbit SIC.
Rusman. 2013. Metode-Metode Pembelajaran: Mengembangkan Profesionlisme Guru. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.
Sabri, Ahmad. 2005. Strategi Belajar Mengajar dan Microteaching. Jakarta: Quantum Learning.
Sanjaya. 2007. Metode Pembelajaran. Jakarta: Kencana
Setyorini, U. 2011. Penerapan Model Problem Based Learning untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa SMP. https://scholar.google.com/scholar?hl=id&as_sdt=0%2C5&q=penerapan+model+problem+based+learning&oq=penerapan+model+#d=gs_qabs&t=1667319377983&u=%23p%3D7dY_qFmyb08J. Diakses pada 29 Oktober 2022.
Soetomo. 1993. Dasar-dasar Interaksi Belajar Mengajar. Surabaya: Usaha Nasional.
Sudarman. 2007. “Problem Based Learning: Suatu Model Pembelajaran untuk Mengembangkan dan Meningkatkan Kemampuan Memecahkan Masalah”. Jurnal Pendidikan Inovatif Vol. 2 No. 2, pp. 68-73.
Sudaryanto. 2015. Metode dan Aneka Teknik Analisis Bahasa. Yogyakarta: Duta Wacana University.
Sugiyono. 2010. Metode penelitian kuantitatif, kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Suprihatiningrum, Jamil. 2013. Guru Profesional : Pedoman, kinerja, Kualifikasi dan Kompetensi Guru. Jogjakarta: Ar-Ruzz Media.
Suprijono, Agus. 2009. Cooperative Learning: Teori dan Aplikasi PAIKEM. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Tohirin. 2007. Bimbingan Konseling di Sekolah dan Madrasah. Jakarta: Raja Grafindo Persada.
Trianto. 2007. Model-model Pembelaj1aran Inovatif Berorientasi Kontruktivistik. Jakarta: Prestasi Pustaka.
Trianto. 2015. Mendesain Model Pembelajaran Inovatic, Progresif, dan Kontekstual. Surabaya: Prenadamedia Group.
Trilling and Fadel. 2009. 21st century skills: Learning for Life in our Times. Jossey Bass: USA.

Keywords  :  
Kata Kunci: Problem Based Learning, Penerapan, Teks Diskusi Problem Based Learning, penerapan, Teks Diskusi
Galleys  :  
Diterbitkan  :  
2023-10-01
Cara Mengutip  :  
Damayanti, F. D., Budiawan, R. Y. S., & -, M. (2023). PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING DALAM PEMBELAJARAN TEKS DISKUSI PADA PESERTA DIDIK KELAS 9 SMP N 3 KENDAL TAHUN PELAJARAN 2022/2023. Jurnal Tunas Pendidikan, 6(1), 42–55. https://doi.org/10.52060/pgsd.v6i1.1262
Terbitan  :