THE DESCRIPTIVE ANALYSIS OF STUDENTS’ ABILITY IN WRITING REPORT TEXT AT THE TWELFTH GRADE OF SMK NEGERI 1 SITOLU ORI IN 2021/2022

RATAKAN LAOLI ( UNIVERSITAS NIAS )
Yasmina Amaerita Telaumbanua ( UNIVERSITAS NIAS )
Hidayati Daeli ( UNIVERSITAS NIAS )

Abstrak

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui dan mendeskripsikan masalah dan penyebab masalah siswa dalam menulis teks laporan di kelas XII SMK Negeri 1 Sitolu Ori. Desain penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif. Jumlah sampel sebanyak 16 siswa. Peneliti menggunakan metode deskriptif kualitatif. Instrumen yang digunakan untuk mendapatkan data adalah tes dan wawancara. Berdasarkan hasil penelitian dari pengambilan dokumen lembar kerja siswa dan hasil wawancara, dapat disimpulkan bahwa sebagian besar siswa kelas XII TKJ SMK Negeri 1 Sitolu Ori tidak mampu menulis teks report dengan skor rata-rata 38 atau gagal. Berdasarkan data yang disajikan pada tabel sebelumnya (tabel 4 dan 5) dan pemaparan hasil penelitian bahwa terdapat 1 siswa (5%) yang termasuk dalam kategori cukup dalam menulis teks report. Disisi lain terdapat 10 siswa (50%) yang tidak pandai menulis teks laporan. Selanjutnya, terdapat 9 siswa (45%) yang termasuk dalam kategori gagal dalam menulis teks report. Hasil penelitian juga menunjukkan bahwa faktor yang mempengaruhi kemampuan siswa dalam menulis teks report adalah kurangnya kosa kata. Selain itu, berdasarkan temuan, dapat disimpulkan bahwa siswa kelas XII SMK Negeri Sitolu Ori memiliki masalah dalam menulis teks laporan.

Referensi

1. Retnowati, Nanik, (2017). Improving Students’ Skill on Writing Report Text Using
2. References (A Report On Best Practice Conducted At Grade 9 Of SMP Negeri 1 Dramaga Bogor, Vol. 20, No. 2
3. Khairani, Zainuddin, (2011). Improving Students’ Achievement in Writing Report Text Through Numbered Heads Together
4. Dinamika Grabiella, Ridwan Hanifah, (2019). Syntactical Error Analysis On Report Text. Vol. 4, No. 2
5. Azizah Rahmi, (2019). Students’ Ability in Writing Report Text of Grade XI at SMK Negeri 1 Painan, Vol. 2
6. Djumingin Sulastri, (2017). The Practice of Lesson Study Model in Teaching Writing Report Text, Vol. 11

7. Prayudan Meikardo Samuel, (2016). An Analysis Of The Students’ Writing Error In Report Text.
8. Buku Pedoman Penulisan Karya Tulis Ilmiah, (2022). UNIVERSITAS NIAS
9. Chowdhury, Iqbal Ahmed, (2015). Issue of Quality in a Qualitative Research: An Overview. Innovative Issues and Approaches in Social Sciences, Vol. 8, No. 1.
10. Creswell, Jhon, (2014). Research design : Qualitative, Quantitaive, and Mixed-method Approach (4th ed.). California
11. Robert, C. Bogdan, and Knopp,Sari Biklen, (2006). Qualitative Research for Education 5th Edition An Introduction to Theories and Methods. Boston: Pearson Education, Inc.
12. Gay, Lorraine R., Mills, Geoffrey E., Airasian, Peter W. (2012). EDUCATIONAL RESEARCH: Competencies for Analysis and Aplications (10th Ed.).Pearson, New York.
13. Jhonson, Susan and Rasulova, Saltanat, (2016). Qualitative Impact Evaluation: Incorporating Authenticity into the Assessment of Rigour.
14. Husna, Atikasari And Multazim, Akhmad, (2019). Students’ Difficulties In Writing Recount Text At Inclusion Classes. Vol 9, Issue 1, 52-76. Yogyakarta: University of Ahmad Dahlan.
15. Atmowardoyo, Haryanto. (2018). Research Methods in TEFL Studies: Descriptive Research, Case Study, Error Analysis, and R & D. Academy Publication.
16. Creswell, Jhon, (2014). Research design : Qualitative, Quantitaive, and Mixed-method Approach (4th ed.). California.
17. Huy, Nguyen Thanh. (2015). Problems Affecting Learning Writing Skill of Grade 11 at Thong Linh High School. Asian Journal of Educational Research. Vol. 3, No. 2.

Keywords  :  
Galleys  :  
Diterbitkan  :  
2023-10-22
Cara Mengutip  :  
LAOLI, R., Telaumbanua, Y. A., & Daeli, H. (2023). THE DESCRIPTIVE ANALYSIS OF STUDENTS’ ABILITY IN WRITING REPORT TEXT AT THE TWELFTH GRADE OF SMK NEGERI 1 SITOLU ORI IN 2021/2022. Jurnal Tunas Pendidikan, 6(1), 288–293. https://doi.org/10.52060/pgsd.v6i1.1249
Terbitan  :