PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN E-COMIC BERBASIS MODEL PROBLEM BASED LEARNING MATERI CERITA TENTANG DAERAHKU DI KELAS IV SDN 04 KOTO BARU
Abstrak
Pendidikan adalah pengubahan sikap dan prilaku seseorang atau kelompok dalam usaha mendewasaakan manusia. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian dan pengembangan (research and development). Model pengembangan ADDIE ini memiliki lima tahapan yaitu: Analyze, Design, Development, Implementation, Evaluation. Jenis data yang diambil adalah dari pengembangan media E-comic yaitu primer dan skunder. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini, validasi media e-comic, Instrumen kepraktisan media e-comic, instrumen efektivitas media e-comic, teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu wawancara, observasi, dan kusioner (angket). Analisis data yang dalam penelitian menggunakan analisis validitas, praktikalitas, dan efektifitas. Dari hasil validasi media e-comic yang dinili validator yang berjumlah 3 orang, memproleh persentase 0,885% dengan kategori vallid, media pembelajaran e-comic layak untuk digunakan dan sesuai dengan ketentuan SDN 04 Koto Baru. Praktikalitas yang dinilai dari angket respon guru 80% dengan kategori sangat praktis dan angket respon siswa 90% dengankategori sangat praktis, maka berdasarkan analisis tersebut disimpulkan media e-comic 86% sangat praktis. Selanjutnya efektivitas yang diniai dari hasil tes kemampuan membaca memperoleh persentase 90% dengan kategori sangat efekif.
Referensi
Angga, P. M. W., Sudarma, I. K., & Suartama, I. K. (2020). E-Komik Pendidikan Untuk Membentuk Karakter Dan Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas V Pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia. Jurnal Edutech Undiksha, 8(2), 93. https://doi.org/10.23887/jeu.v8i2.28920
For, A. M., Development, T. H. E., & Multimedia, O. F. (n.d.). ADDIE , Sebuah Model Untuk Pengembangan Multimedia. 3(2), 50–58.
Iryanto, anggNindy D. (2021). Jurnal Basicedu. Jurnal Basicedu, 5(5), 3829–3840. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i5.1415
Jojor, A., & Sihotang, H. (2022). Analisis Kurikulum Merdeka dalam Mengatasi Learning Loss di Masa Pandemi Covid-19 (Analisis Studi Kasus Kebijakan Pendidikan). Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 4(4), 5150–5161. https://doi.org/10.31004/edukatif.v4i4.3106
Mahmudi, M. R. (2019). Pengaruh Penggunaan Media Kit Matematika Dalam Meningkatkan Pemahaman Mahasiswa Pgsd Stkip Dharmasraya Pada Materi Geometri Bangun Mata Kuliah Pendidikan Matematika Dharmasraya Pada Materi Geometri Bangun Mata Kuliah. Jurnal Pelita Ilmu, 1(1), 75.
Meiliasari, R., Utari, U., Alfianti, A., Purwanti, F., Prof, U. I. N., & Zuhri, K. H. S. (2022). Implementasi Tujuan Pendidikan Islam Dalam Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003. Journal on Islamic Education, 6(2), 122–131. https://doi.org/10.24269/tarbawi.v6i2.1216
Rachmad. (2021). Jurnal basicedu. 5(6), 5682–5691. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i6.1743
Sholekah, F. F. (2020). Pendidikan Karakter Dalam Kurikulum 2013. Childhood Education : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 1(1), 1–6. https://doi.org/10.53515/CJI.2020.1.1.1-6
Suhartono, O. (2021). Ar-Rosikhun: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam. Ar-Rosikhun: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 1(1), 8–19. https://doi.org/10.18860/rosikhun.v1i1.13897
Supriatna, U. (2021). Implementasi Kebijakan Kurikulum Darurat Madrasah. Ta’Limuna, 10(01), 42–54. https://doi.org/10.32478/talimuna.v10i1.594
| Keywords | : |
Kata Kunci:
Pendidikan, ADDIE, E-Comic Education, ADDIE, E-Comic
|
| Galleys | : | |
| Diterbitkan | : |
2025-10-16
|
| Cara Mengutip | : |
mahmudi, M. R., Estuhono, E., & Septianingsih, A. (2025). PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN E-COMIC BERBASIS MODEL PROBLEM BASED LEARNING MATERI CERITA TENTANG DAERAHKU DI KELAS IV SDN 04 KOTO BARU. Jurnal Tunas Pendidikan, 8(1), 282–292. https://doi.org/10.52060/pgsd.v8i1.1246
|
| Terbitan | : |
Bagian
Articles
|



311.png)


_SCCC1.png)
.png)
