PENGEMBANGAN BUKU SPESIFIK MENARIK AKTIF RELEVAN TIMELY (SMART) BERBASIS RESEARCH BASED LEARNING PADA PEMBELAJARAN IPAS UNTUK MENDUKUNG MERDEKA BELAJAR SISWA KELAS IV SD

Estuhono Estuhono ( )
Wiwik Okta Susilawati ( )
Izo Ira Rudini ( )

Abstrak

ABSTRAK

Izo Ira Rudini, 2023. Pengembangan Buku Spesifik Menarik Aktif Relevan Timely (SMART) Berbasis Research Based Learning Pada Pembaljaran Ipas untuk Mendukung Merdeka Belajar Siswa Kelas IV Sekolah Dasar.

Penelitian ini dilatar belakangi adanya keterbatasan media pembelajaran dan kurangnya pemahaman siswa dalam proses pembelajaran di Sekolah Dasar Negeri 01 Sitiung. Padahal sumber belajar yang menggunakan media sangat dibutuhkan untuk menunjang kegiatan belajar mengajar, agar tujuan pembelajaran bisa tercapai. Tujuan dilakukan penelitian ini untuk menghasilkan Buku Spesifik Menarik Aktif Relevan Timely (Smart) berbasis research based learning pada pembelajaran Ipas untuk mendukung merdeka belajar siswa kelas IV Sekolah Dasar yang valid, praktis dan efektif digunakan dalam pembelajaran di kelas IV SD.

Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode Research and Development (R&D). Dalam penelitian ini penulis hanya melakukan Research atau penelitian sederhana yang difokuskan pada pengembangan atau Development. Model pengembangan yang digunakan yaitu model Plomp yang terdiri daro 3 taha, yaitu: penelitian pendahuluan (premilinary research), Tahap prototype (prototyping phase), dan tahap penilaian (assessment phase).    

Hasil validasi Buku Spesifik Menarik Aktif Relevan Timely (SMART) Berbasis Research Based Learning yang dinilai oleh tiga orang validator ahli, yaitu hasil validasi materi/isi 88,8% dikategorikan sangat valid, hasil validasi bahasa 86,6% dikategorikan sangat valid, hasil validasi grafik 93,3% dikategorikan sangat valid. Hasil analisis data angket respon guru yang dinilai oleh dua orang guru memperoleh rata-rata 93% dikategorikan sangat praktis. Berdasarkan hasil uji coba One To One Evaluation respon siswa mencapai 92% dikategorikan sangat praktis, dan hasil uji coba Small Group Evaluation memperoleh hasil 86% dikategorikan sangat praktis. Hasil analisis data efektipitas terhadap peserta didik kelas IV Sekolah Dasar Negeri 01 Sitiung yaitu penilaian ranah pengetahuan, sikap dan keterampilan memperoleh rata-rata sebesar 86% dikategorikan Efektif.

 

Kata Kunci: Buku Smart, RBL, IPAS, Merdeka Belajar, Sekolah Dasar 

Referensi

Astuti, E. P. (2022). Pengembangan Kurikulum Merdeka Belajar Pada Peningkatan Pemahaman Konsep Penyerbukan dengan Metode Demonstrasi di Kelas 4 SDN Sukorejo 2 Kota …. EDUKASIA: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran, 3,671–680. http://www.jurnaledukasia.org/index.php/edukasia/article/view/177
Adelia, S., Andini, D., Oktaviana, D., & Ardiawan, Y. (2021). Analisis Kebutuhan Pengembangan Smart Book Berbasis Aplikasi Multi-Platfrom Bermuatan Etnomatematika.
Eli Sasmita, D. (2022). Jurnal Pendidikan dan Konseling. Jurnal Pendidikan Dan Konseling, 4(20), 5545–5549.
Estuhono, E. (2022). Research-Based Learning Models in Physics for 21st Century Students. AL-ISHLAH: Jurnal Pendidikan, 14(2), 1803–1814. https://doi.org/10.35445/alishlah.v14i2.1268
HAVIZ, M. (2016). Research and Development; Penelitian Di Bidang Kependidikan Yang Inovatif, Produktif Dan Bermakna. Ta’dib, 16(1). https://doi.org/10.31958/jt.v16i1.235
Krisdiana, Iriyanto, T., & Astuti, W. (2021). Pengembangan media pembelajaran smart book untuk menunjang aktivitas belajar anak usia 5-6 tahun. Jurnal Program Studi PGRA, 7, 123–141.
Marisa, M. (2021). Inovasi Kurikulum “Merdeka Belajar” di Era Society 5.0. Santhet: (Jurnal Sejarah, Pendidiikan Dan Humaniora), 5(1), 72. https://doi.org/10.36526/js.v3i2.e-ISSN
Sugiyono. (2019). Metode Peneltian Pendidikan (Kuantitatif, Kualitatif, R&D dan Penelitian Pendidikan). Alfabeta.
Susanto, E. S., Hamdani, F., Nuryansah, F., & Oper, N. (2022). Pengembangan Aplikasi Smart-Book Sebagai Media Pembelajaran Bahasa Inggris Anak Berbasis Ar (Augmented Reality). Jurnal Mnemonic, 5(1), 64–71. https://doi.org/10.36040/mnemonic.v5i1.4438

Keywords  :  
Kata Kunci: Kata Kunci: Buku Smart, RBL, IPAS, Merdeka Belajar, Sekolah Dasar Keywords: Smart Books, RBL, IPAS, Independent Learning, Elementary Schools
Galleys  :  
Diterbitkan  :  
2024-03-03
Cara Mengutip  :  
Estuhono, E., Susilawati, W. O., & Rudini, I. I. (2024). PENGEMBANGAN BUKU SPESIFIK MENARIK AKTIF RELEVAN TIMELY (SMART) BERBASIS RESEARCH BASED LEARNING PADA PEMBELAJARAN IPAS UNTUK MENDUKUNG MERDEKA BELAJAR SISWA KELAS IV SD. Jurnal Tunas Pendidikan, 6(2), 389–401. https://doi.org/10.52060/pgsd.v6i2.1244
Terbitan  :