THE INFLUENCE OF AUDIO VISUAL MEDIA ON STUDENT LEARNING OUTCOMES IN SCIENCE SUBJECTS AT SDIT DARUL ABROR

Dini Rusmiati ( Fakultas Pendidikan Islam dan Keguruan Universitas Garut )
Ani Siti Anisah ( Universitas Garut )
Ade Holis ( Universitas Garut )

Abstrak

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui seberapa besar pengaruh dari penggunaan media audio visual terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA. Media dianggap sebagai salah satu hal yang sangat penting dalam proses pembelajaran. Pentingnya sebuah media dapat membantu guru dalam kegiatan belajar mengajar, memudahkan seorang pengajar untuk menyampaikan pesannya kepada peserta didik. Penggunaan media pembelajaran memudahkan siswa untuk menerima dan memahami pesan atau materi yang disampaikan oleh pendidik kepadanya. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif deskriptif di mana pada proses penelitiannya ini menggunakan statistik untuk menganalisis data dengan mendeskripsikan hasil yang telah terkumpul. Berdasarkan hasil analisis data dapat ditarik kesimpulan bahwa untuk uji validitas terdapat 10 item pernyataan yang valid pada variabel (X) dan 10 item pernyataan yang valid pada variabel (X). Uji reliabilitas variabel (X) menunjukkan nilai koefisien reliabilitas sebesar 0,79 dan uji reliabilitas variabel (Y) menunjukkan nilai koefisien reliabilitas sebesar 0,83 uji reliabilitas dikategorikan sangat tinggi. Adapun respon peserta didik terhadap variabel (X) yang menunjukkan presentase sebesar 83,36% dengan kateogi sangat baik dan respon siswa terhadap variabel (Y) menunjukkan presentase 89,14% dengan kategori sangat baik. Sedangkan hasil uji hipotesis menunjukkan bahwa hipotesis yang diajukan dapat diterima dengan nilai Thitung yang lebih besar dari nilai Ttabel yaitu 7,169 > 2,056. Setelah melalui beberapa tahap perhitungan sebelumnya dapat ditarik kesimpulan bahwa penggunaan media audio visual berpengaruh terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA dengan nilai presentase sebesar 66,40% dengan pengaruh dari luar sebesar 33,60%.

Referensi

Ayu, I. (2021). Penggunaan Media Audio Visual Dalam Mata Pelajaran PAI Untuk Anak Tunarungu di SLBN 5 Kota Bengkulu. UIN FAS BENGKULU.

Bahansubu, H., Mangantung, J., & Liando, M. R. (2022). Penerapan Model Pembelajaran Inquiry Dengan media Video Untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA Pada Siswa Kelas IV SDN 2 Moyongkota Baru. Jurnal Pendidikan Dan Konseling, 4, 1349–1358. https://doi.org/10.31004/jpdk.v5i2.13825

Darmawan, E. D. (2022). Pengembangan Media Pembelajaran Diesel Fuel Injection Pump Type Inline Berbasis Android Untuk Meningkatkan Pemahaman Mahasiswa. Universitas Pendidikan Indonesia.

Hamzah, A. R. (2017). Konsep Pendidikan Dalam Islam Perspektif Ahmad Tafsir. At-Tajdid : Jurnal Pendidikan Dan Pemikiran Islam, 1(01), 73–89. https://doi.org/10.24127/att.v1i01.336

Huda, S. T., & Susdarwono, E. T. (2023). Hubungan Antara Teori Perkembangan kognitif Piaget dan Teoroi Belajar Bruner. Muassis Pendidikan Dasar, 2(1), 54–66. https://doi.org/10.55732/jmpd.v2i1.58

Ichsan, J. R., Suraji, M. A. P., Muslim, F. A. R. R., Miftadiro, W. A., & Agustin, N. A. F. (2021). MEDIA AUDIO VISUAL DALAM PEMBELAJARAN DI SEKOLAH DASAR. SNHRP, 183–188.

Khunaifi, A. Y., & Matlani, M. (2019). Analisis Kritis Undang-Undang Sisdiknas Nomor 20 Tahun 2003. Jurnal Ilmiah Iqra’, 13(2), 81. https://doi.org/10.30984/jii.v13i2.972

Nurfadhillah, S. (2021). Media Pembelajaran di Jenjang SD. CV Jejak (Jejak Publisher).

Nurislaminingsih, R. (2020). Layanan Pengetahuan tentang COVID-19 di Lembaga Informasi. Tik Ilmeu : Jurnal Ilmu Perpustakaan Dan Informasi, 4(1), 19. https://doi.org/10.29240/tik.v4i1.1468

Prawiyogi, A. G., Purwanugraha, A., Fakhry, G., & Firmansyah, M. (2020). Efektivitas pembelajaran jarak jauh terhadap pembelajaran siswa di SDIT Cendekia Purwakarta. Jurnal Pendidikan Dasar, 11(1), 94–101. https://doi.org/10.21009/jpd.v11i1.15347

Rarasati, I. P., & Rosyida, D. A. (2022). Diseminasi Media Pembelajaran Berbasis Teknologi Bagi Guru di SDN Tagogan 02 Kabupaten Blitar. Al Khidma; Jurnal Pengabdian Masyarakat, 2(2), 81–90. https://doi.org/10.35931/ak.v2i2.1494

Sugiyono, D. (2021). Metode penelitian kuantitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta, 26–33.

Susilana, R., & Riyana, C. (2008). Media pembelajaran: hakikat, pengembangan, pemanfaatan, dan penilaian. CV. Wacana Prima.

Syafril, M. P., & Zen, Z. (2019). Dasar-dasar ilmu pendidikan. Prenada Media.

Windasari, T. S., & Sofyan, H. (2019). Pengaruh Penggunaan Media Audio Visual Terhadap Hasil Belajar Ipa Siswa Kelas Iv Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dasar, 10(1), 1–13. https://doi.org/10.21009/jpd.v10i1.11241

Yusnarti, M., Damayanti, P. S., Asmedy;, Amin, M., & Jamaah. (2022). Pengaruh Media Pembelajaran Audio Visual Animaker Terhadap Prestasi Belajar Ipa Pada Siswa Kelas Iv. Jurnal Ainara (Jurnal Penelitian Dan PKM Bidang Ilmu Pendidikan, 3(3), 232–238. https://doi.org/10.31949/jcp.v8i4.2967

Sugiyono. (2021). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: ALFABETA.

Susilana, R., & Riyana, C. (2018). Media Pembelajaran. Bandung: CV Wacana Prima.

Syafril, & Zen, Z. (2017). Dasar-Dasar Ilmu Pendidikan. Padang: Kencana.


Keywords  :  
Kata Kunci: media audio visual, hasil belajar, mata pelajaran IPA audio-visual media, learning outcomes, science subjects
Galleys  :  
Diterbitkan  :  
2024-10-06
Cara Mengutip  :  
Rusmiati, D., Ani Siti Anisah, & Ade Holis. (2024). THE INFLUENCE OF AUDIO VISUAL MEDIA ON STUDENT LEARNING OUTCOMES IN SCIENCE SUBJECTS AT SDIT DARUL ABROR. Jurnal Tunas Pendidikan, 7(1), 222–229. https://doi.org/10.52060/pgsd.v7i1.1230
Terbitan  :