PENGEMBANGAN BUKU PINTU AJAIB SEBAGAI MEDIA LAYANAN BIMBINGAN KONSELING PADA SISWA KELAS 6 SEKOLAH DASAR

Qothrun Nada ( )
Nugraha Permana Putra ( )

Abstrak

Penelitian pengembangan “Buku Pintu Ajaib” sebagai media layanan bimbingan konseling pada siswa kelas 6 sekolah dasar mengembangkan media untuk pelaksanaan Bimbingan dan Konseling. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengembangan “Buku Pintu Ajaib” sebagai media layanan Bimbingan dan Konseling pada siswa kelas 6 sekolah dasar dan mengetahui kelayakan “Buku Pintu Ajaib” sebagai media layanan Bimbingan dan Konseling pada siswa kelas 6 sekolah dasar. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan (Research & Development) dengan mengikuti prosedur yang merupakan adaptasi dari langkah-langkah penelitian dan pengembangan ADDIE, yang dibatasi sampai tahap validasi. Tahapan kegiatannya yakni analisis kinerja, analisis kebutuhan, perencanaan produk pengembangan, pembuatan produk pengembangan, dan validasi kelayakan produk. Data yang diambil menggunakan kuisioner dan angket. Dari validasi kelayakan materi dan media yang dilakukan oleh Ahli Materi, Ahli Media, dan Guru Kelas, dapat disimpulkan bahwa media Buku Pintu Ajaib layak digunakan dengan revisi yang diperlukan, sebagai media Bimbingan dan Konseling layanan informasi dan pribadi pada siswa kelas 6 sekolah dasar.

Referensi

Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia. (2021). KBBI Daring [Online]. Tersedia: https://kbbi.kemdikbud.go.id/ [16
Agustus 2021]
Budiarti, Melik. 2017. Bimbingan Konseling di Sekolah Dasar. Magetan: CV AE MEDIA GRAFIKA.
Handoko, Martin dan Theo Riyanto. 2010. Bimbingan dan Konseling di Sekolah. Yogyakarta:PT KANISIUS. Hasan, Muhammad, dkk. 2021. Media
Pembelajaran. Tahta Media Group.
Irham, M. dan N.A. Wiyani. 2014. Bimbingan dan Konseling. Yogyakarta: AR-RUZZ MEDIA.
Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan. (2017). Kebijakan Teknis Pelibatan Keluarga dan Masyarakat di Satuan Pendidikan. [Online]. Tersedia: http://disdik.lomboktengahkab.go.id/ wp- content/uploads/2017/07/Pelibatan-

Lestari, Myrna Apriany. 2020. Bimbingan Konseling di SD. Yogyakarta:Deepublish.
Peraturan Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan.
Pribadi, Benny. A. 2016. Desain dan Pengembangan Program Pelatihan Bebasis Kompetensi: Implementasi Model ADDIE. Jakarta: PRENADA MEDIA GROUP.
Pribadi, Benny. A. 2017. Media dan Teknologi dalam Pembelajaran. Jakarta:Kencana.
Rachman, F.N. 2018. Pengembangan Media Pembelajaran Toondoo Berupa Comic Book Online Materi Kinematika. Skripsi. Universitas Islam Negeri (UIN) Raden Intan Lampung.
Rofa’ah. 2016. Pentingnya Kompetensi Guru dalam Kegiatan Pembelajaran dalam Perspektif Islam. Yogyakarta:Deepublish.
Susanto, Ahmad. 2018. Bimbingan dan Konseling di Sekolah. Jakarta:PRENADAMEDIA GROUP.
Tuasikal, Muhammad Abduh. (2015). Menuntut Imu, Jalan Paling Cepat Menuju Surga. [Online]. Tersedia: https://rumaysho.com/12363- menuntut-ilmu-jalan-paling-cepat-

Keluarga-dan-Masyarakat-di-Satdik- Dr.-Sukiman-M.Pd_.pdf [18
Februari 2021]

menuju-surga.html 2021]

[18

Februari

Keywords  :  
Kata Kunci: Buku Pintu Ajaib Medium, Guidance and Counseling, Informational and Personal Service Buku Pintar Ajaib Medium, Guidance and Counselinh, Informational and Personal Service
Galleys  :  
Diterbitkan  :  
2023-10-02
Cara Mengutip  :  
Nada, Q., & Putra, N. P. (2023). PENGEMBANGAN BUKU PINTU AJAIB SEBAGAI MEDIA LAYANAN BIMBINGAN KONSELING PADA SISWA KELAS 6 SEKOLAH DASAR. Jurnal Tunas Pendidikan, 6(1), 179–185. https://doi.org/10.52060/pgsd.v6i1.1228
Terbitan  :