POSISI MATA PELAJARAN IPA DAN IPS DALAM KURIKULUM MERDEKA DI SEKOLAH DASAR

ani siti anisah ( Universitas Garut )
Ratna Widiyastuti ( )
Gina Mubarokah ( )
Isti Istiqomah ( )

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan posisi mata pelajaran IPA dan IPS dalam Kurikulum Merdeka. Metode penelitian yang digunakan adalah pendekatan kualitatif deskriptif yang dilaksanakan di SDN 04 Sukanegla Kecamatan Garut Kota, Kabupaten Garut mulai bulan Desember 2022 sampai Januari 2023. Proses pengambilan data dilakukan melalui observasi dan wawancara dan diolah melalui teknik triangulasi, pengumpulan data, reduksi data, dan verifikasi data. Hasil penelitian menjelaskan bahwa posisi mata pelajaran IPA dan IPS disatukan dengan tujuan untuk memicu anak mengelola lingkungan alam dan sosial dalam satu kesatuan, mengingat anak usia sekolah dasar berada pada fase operasi konkrit sehingga harus diberikan stimulus agar berkembang kemampuan kognitifnya. Mata pelajaran IPAS di kelas III-V sebanyak 180 jam per tahun dengan alokasi waktu untuk proyek sebesar 36 jam pertahun, dan kelas VI memiliki 160 jam pertahun dengan alokasi waktu untuk proyek sebesar 32 jam. Posisi mata pelajaran IPAS di tingkat sekolah dasar disatu sisi memiliki dampak positif karena meringankan kinerja guru dan peserta didik dalam memetakan dan mempelajari materi pelajaran,  IPA disimpan di semester ganjil dan IPS di semester genap. IPAS disatukan agar difahami secara komprehensif dan dapat dipelajari seperti biasa, tidak ada pengurangan materi dan tidak mengurangi esensi dari kedua mata pelajaran tersebut.  

Referensi

Afrida, A. (2020). Meningkatkan Minat Belajar Mata Pelajaran IPS Melalui Metode Pembelajaran Aktif Teknik Quiz Team Siswa Kelas VII SMP. Jurnal Muara Pendidikan, 5(2), 705–710. https://doi.org/10.52060/mp.v5i2.373
Anisah, A. S. (2017). Pendekatan Pembelajaran Analisis Nilai untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep dan Sikap Kepedulian Sosial Siswa pada Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial. Jurnal Pendidikan UNIGA, 10(1), 1–8. https://journal.uniga.ac.id/index.php/JP/article/view/82
Anisah, A. S., Sapriya, S., & Hakam, K. A. (2022). Perkembangan Sosial , Emosi , Moral Anak , dan Implikasinya terhadap Pembentukan Sikap Sosial Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Ilmu Pendidikan Dasar Indonesia, 1(1), 69–80. https://doi.org/10.51574/judikdas.v1i1.262
Anisah, A. S., & Syafitra, Z. (2022). Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Melalui Model Pembelajaran Scramble pada Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial. Jurnal PGMI UNIGA Fakultas Pendidikan Islam Dan Keguruan Universitas Garut, 1(01), 9–19. https://journal.uniga.ac.id/index.php/pgmi/article/view/1755/1144
Bahri, S. (2017). Pengembangan Kurikulum Dasar Dan Tujuannya. Jurnal Ilmiah Islam Futura, 11(1), 15. https://doi.org/10.22373/jiif.v11i1.61
Barlian, U. C., Solekah, S., & Puji, R. (2022). Implementasi Kurikulum Merdeka Dalam meningkatkan Mutu Pendidikan. Journal of Educational and Language Reseach, 10(1), 1–52. https://doi.org/10.21608/pshj.2022.250026
Byrnes, J. P. (2020). Piaget’s Cognitive-Developmental Theory. Encyclopedia of Infant and Early Childhood Development, April, 532–539. https://doi.org/10.1016/B978-0-12-809324-5.23519-0
Daga, A. T. (2020). Kebijakan Pengembangan Kurikulum di Sekolah Dasar (Sebuah Tinjauan Kurikulum 2006 hingga Kebijakan Merdeka Belajar). Jurnal Edukasi Sumba (JES), 4(2), 103–110. https://doi.org/10.53395/jes.v4i2.179
Daga, A. T. (2021). Makna Merdeka Belajar dan Penguatan Peran Guru di Sekolah Dasar. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 7(3), 1075–1090. https://doi.org/10.31949/educatio.v7i3.1279
Fakhrudin, A., & Kuswidyanarko, A. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran IPA Sekolah Dasar Berbasis Augmented Reality Sebagai Upaya Mengoptimalkan Hasil Belajar Siswa. Jurnal Muara Pendidikan, 5(2), 771–776. https://doi.org/10.52060/mp.v5i2.424
Hamzah, D. A. (2021). Metode Penelitian Kualitatif Rekontruksi Pemikiran Dasar serta Contoh Penerapan Pada Ilmu Pendidikan, Sosial & Humaniora. CV Literasi Nusantara Abadi.
Hayati, F., Neviyarni, N., & Irdamurni, I. (2021). Karakteristik Perkembangan Siswa Sekolah Dasar : Sebuah Kajian Literatur. Jurnal Pendidikan Tambusai, 5(1), 1809–1815.
Hendri, N. (2020). Merdeka Belajar: Antara Retorika dan Aplikasi. E-Tech, 08(01), 1–29. https://doi.org/10.1007/XXXXXX-XX-0000-00
Iqbal, H. M. (2015). Cognitive Development, Educational Theories of. In International Encyclopedia of the Social & Behavioral Sciences: Second Edition (Second Edi, Vol. 4). Elsevier. https://doi.org/10.1016/B978-0-08-097086-8.23099-7
Jannah, F., Irtifa, T., & Fatimattus Az Zahra, P. (2022). Problematika Penerapan Kurikulum Merdeka Belajar 2022. Al Yazidiy: Ilmu Sosial, Humaniora, Dan Pendidikan, 4(2), 55–65.
Maftuh, B. (2010). Memperkuat Peran IPS dalam Membelajarkan Keterampilan Sosial dan Resolusi Konflik. 1–32. http://file.upi.edu/Direktori/PIDATO/3._PIDATO_PENGUKUHAN_BUNYAMIN.pdf
Marlin, T. (2022). Urgensi dan Implikasi Pelaksanaan Kurikulum Merdeka Pada Sekolah Dasar/ Madrasah Ibtidaiyyah. 1(1), 67–72.
Marwa, N. W. S., Usman, H., & Qodriani, B. (2023). Persepsi Guru Sekolah Dasar Terhadap Mata Pelajaran IPAS Pada Kurikulum Merdeka. Metodik Didaktik, Jurnal Pendidikan Ke SD An, 18(2), 54–65. https://doi.org/https://doi.org/10.17509/md.v18i2.53304
Munandar, A. (2017). Prosiding Seminar Nasional Pendidik dan Pengembang Pendidikan Indonesia dengan Tema "Membangun Generasi Berkarakter Melalui Pembelajaran Inovatif. Aula Handayani IKIP Mataram, 130–143.
Musa, F., Mufti, N., Latiff, R. A., & Amin, M. M. (2012). Project-based Learning (PjBL): Inculcating Soft Skills in 21st Century Workplace. Procedia - Social and Behavioral Sciences, 59(2006), 565–573. https://doi.org/10.1016/j.sbspro.2012.09.315
Mustaghfiroh, S. (2020). Konsep “Merdeka Belajar” Perspektif Aliran Progresivisme John Dewey. Jurnal Studi Guru Dan Pembelajaran, 3(1), 141–147.
NCSS. (2016). NCSS Position Statement A Vision of Powerful Teaching and Learning in the Social Studies. Social Education, 80(3), 180–182.
NCSS. (2017). Powerful , Purposeful Pedagogy in Elementary School Social Studies. Social Education (NCSS Position Statement), 81(3), 186–189.
Rahayu, R., Rosita, R., Rahayuningsih, Y. S., Hernawan, A. H., & Prihantini. (2022). Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar di Sekolah Penggerak. Jurnal Basicedu, 6(4), 5877–5889. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i4.3237 ISSN
Sapriya, S., & Nurdin, S. (2006). Konsep dasar IPS. Bandung: Upi Press.
Sasmita, R. N., Sapriya, S., & Maryani, E. (2022). Critical Thinking on Social Studies Learning for Elementary School Students. 5(3), 1377–1387.
Solehudin, D., Priatna, T., & Zaqiyah, Q. Y. (2022). Konsep Implementasi Kurikulum Prototype. Jurnal Basicedu, 6(4), 7486–7495. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i4.3510
Sulthon, S. (2016). Pembelajaran IPA yang Efektif dan Menyenangkan bagi Siswa MI. Elementary, 4(1). https://doi.org/10.21043/elementary. v4i1.1969
Tanjung, H. S., & Nababan, S. A. (2016). Pengaruh penggunaan metode pembelajaran bermain terhadap hasil belajar matematika siswa materi pokok pecahan di kelas III SD Negeri 200407 Hutapadang. Jurnal Bina Gogik, 3(1), 35–42. https://www.ejournal.stkipbbm.ac.id/ index.php/pgsd/article/view/26
Trianingsih, R. (2016). Pengantar Praktik Mendidik Anak Usia Sekolah Dasar. Al Ibtida: Jurnal Pendidikan Guru MI, 3(2), 197. https://doi.org/10.24235/al.ibtida.snj.v3i2.880
Wanto, D. (2023). Pendekatan Filsafat Esensialisme Dalam Pendidikan. Jurnal Tunas Pendidikan, 5(2), 429–438. https://doi.org/10.52060/pgsd.v5i2.1006
Wulandari, S., Sawita, N., & Rustam, R. (2022). Efektivitas Blended Learning Berbasis Proyek Pada Kurikulum Merdeka Belajar. Jurnal Tunas Pendidikan, 5(1), 211–221. https://doi.org/10.52060/pgsd.v5i1.865
Wulandari, T., Aprizan, A., & Wiyoko, T. (2021). Peningkatkan Proses Dan Hasil Belajar IPA Menggunakan Model Number Head Together (THT) Di Sekolah Dasar. Jurnal Muara Pendidikan, 6(2), 248–256. https://doi.org/10.52060/mp.v6i2.634
Hernawan, dkk. (2021). Pengembangan Kurikulum dan Pembelajaran di SD. Pusat Penerbitan Universitas Terbuka.

Keywords  :  
Kata Kunci: Science and Social Studies Subjects, IPAS, Kurikulum Merdeka, Elementary School Students Science and Social Studies Subjects, IPAS, Kurikulum Merdeka, Elementary School Students
Galleys  :  
Diterbitkan  :  
2023-10-03
Cara Mengutip  :  
anisah, ani siti, Widiyastuti, R., Mubarokah, G., & Istiqomah, I. (2023). POSISI MATA PELAJARAN IPA DAN IPS DALAM KURIKULUM MERDEKA DI SEKOLAH DASAR. Jurnal Tunas Pendidikan, 6(1), 196–211. https://doi.org/10.52060/pgsd.v6i1.1190
Terbitan  :