IMPLEMENTASI PROGRAM MERDEKA BELAJAR UNTUK ANAK USIA DINI MELALUI PROJECT BASED LEARNING

shinta mutiara ( Universitas Islam Nusantara )
Susan Maulani ( Universitas Islam Nusantara )

Abstrak

Saat ini, sistem pendidikan di Indonesia bertransformasi dengan tujuan menciptakan sumber daya manusia yang lebih unggul dari tahun-tahun sebelumnya dimana pendekatan pembelajaran berganti dari teacher centered learning menjadi student centre learning di semua jenjang pendidikan termasuk pendidikan anak usia dini. Berbagai metode dilakukan di lembaga PAUD termasuk project based learning untuk implementasi program merdeka belajar. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif menggunakan teknik pengumpulan data observasi proses pembelajaran dan wawancara kepada kepala sekolah dan guru-guru yang ada di sekolah alam pelopor bandung yang dilakukan selama kurun waktu 1 bulan. Project Based Learning yang juga di lakukan di sekolah alam pelopor bandung, dimana pelaksanaannya sesuai dengan konsep dan esensi project based learning sendiri, anak-anak terlibat aktif secara penuh untuk merencanakan kegiatan/produk apa yang akan dihasilkan, menyiapkan sarana dan prasarana yang dibutuhkan, melaksanakan kegiatan dengan bekerja sama dengan teman-temannya, menghasilkan suatu produk/karya, mengutarakan ide sendiri jika ada permasalahan yang terjadi hingga proses evaluasi anak-anak yang diskusikan. Guru-guru di sekolah alam pelopor berperan sebagai fasilitator dan anak-anak didik sebagai pusat pembelajaran. Anak-anak cenderung terlihat sangat antusias dalam kegiatan dan semua anak aktif dalam bertanya, mengutarakan ide dan berfikir kritis dalam setiap permasalahan. Project Based Learning di sekolah alam pelopor menjadi salah satu implementasi program merdeka belajar di lembaga pendidikan anak usia dini.

Referensi

Amelia, Nurul & Aisya, Nadia. (2021). Model Pembelajaran Berbasis Proyek (Project Based learning) Dan Penerapannya Pada Anak Usia Dini di TKIT AL-FARABI. Buhuts Athfal : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini -ISSN: 2797 0205 Vol.1 No. 2 Desember 2021 (40-58)
BSNP. (2010). Paradigma Pendidikan Nasional Abad XXI. Versi 1.0. Jakarta: Author
Deden. (2015). Penerapan Pendekatan Saintifik dengan Menggunakan Model Pembelajaran Inkuiri pada Mata Pelajaran Ekonomi. Prosiding Seminar Nasional 9 Mei 2015, 98–107.http://eprints.uny.ac.id/21691/1/11 Deden.pdf
Fleming, Douglas. (2000). A Teacher's Guide to Project-Based Learning. AEL, Inc. ISBN 1-891677-08-X
Kriyantono, Rachmat. 2007. Teknik Praktis Riset Komunikasi. Jakarta : Kencana Stephanie, Bell. (2010). Project-Based Learning for the 21st Century: Skills for the Future, The Clearing House: A Journal of Educational Strategies, Issues and Ideas, 83:2, 39-43, DOI: 10.1080/00098650903505415
Moleong, L. J. 2010. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Mutiara, Shinta & Noorgiani, Agni. "PROFIL MINAT MEMBACA ANAK USIA 4–5 TAHUN (Studi Deskriptif Pada Anak Usia 4–5 Tahun di RA Muhammad Iqbal Kota Cimahi)." Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan (JURDIKBUD) 2.1 (2022): 9-13.
Prameswari, T Widya. (2020). Merdeka Belajar: Sebuah Konsep Pembelajaran Anak Usia Dini Menuju Indonesia Emas 2045. Proceeding Seminar Nasional Penalaran dan Penelitian Nusantara : 31 Oktober 2020.
Rusman. (2017). Belajar & Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana.
Sari, A. Y., & Zulfah, U. (2017). Implementasi Pembelajaran Project Based Learning Untuk Anak Usia Dini. MOTORIC, 1(1), 10-10.
Stephanie, 2010. Project Based Learning for the 21st Century: Skills for the. Future. The Clearing House, 83: 39 -43. Taylor & Francis Group.
Widyanto, I. P., & Vienlentia, R. (2022). Peningkatan Kemampuan Berpikir Kritis dan Hasil Belajar Peserta Didik menggunakan Student Centered Learning. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian,dan Pengembangan, 7(4), 149-157.
Yuliani N. S. (2009). Konsep Dasar Pendidikan Anak Usia Dini. Jakarta: PT Indeks

Keywords  :  
Kata Kunci: Implementation of independent learning program, Project Based Learning, Early Childhood Implementation of independent learning program, Project Based Learning, Early Childhood
Galleys  :  
Diterbitkan  :  
2023-10-27
Cara Mengutip  :  
mutiara, shinta, & Maulani, S. (2023). IMPLEMENTASI PROGRAM MERDEKA BELAJAR UNTUK ANAK USIA DINI MELALUI PROJECT BASED LEARNING. Jurnal Tunas Pendidikan, 6(1), 331–339. https://doi.org/10.52060/pgsd.v6i1.1187
Terbitan  :