PRAKTIKALITAS PENGGUNAAN MEDIA E-KOMIK PADA MATA PELAJARAN KEAMANAN PANGAN DI SMK NUSATAMA PADANG

Yelvia Prahagia ( Universitas Muhammadiyah Muara Bungo )
Maswati Maswati ( Universitas Muhammadiyah Muara Bungo )
Ratih Juwita Novalia ( Universitas Muhammadiyah Muara Bungo )

Abstrak

Penelitian ini bertujuan meningkatkan hasil belajar siswa pada pada mata pelajaran keamanan pangan melalui pengembangan media e-komik di SMK Nusatama Padang. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan dengan model 4-D. Data dalam penelitian ini adalah hasil penelItian kualitatif yang diberikan pakar/guru dan siswa melalui angket yang diberikan. Kemudian nilai ulangan harian (UH) dan nilai praktek. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: Penggunaan media pembelajaran e-komik dapat meningkatkan hasil belajar siswa dengan melihat perbedaan hasil belajar dari pretest dan posttest. Hasil belajar posttest lebih tinggi dibandingkan dengan pretest. Karena itu, media e-komik direkomendasikan untuk digunakan oleh guru dalam pembelajaran keamanan pangan.

Referensi

Andriani, Sahesty. 2010. Pemilihan Media Pembelajaran Dalam Pembelajaran Geografi, (online),(http://download.portalgaruda.org/article=52219&val=445, diakses 21 Mei)
Arikunto. 2014. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta
Asyhar, Rayandra. 2012. Kreatif Menggunakan Media Pembelajaran. Jakarta: Referensi Jakarta.
Dimyati dan Mudjiono. 2006. Belajar Dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta
Ezi Anggrani. 2017. “Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Multimedia Pada Matakuliah Bakery”. Tesis. Padang: UNP
Musdallifah. 2019. “Pengembangan media e-komik pada pembelajaran matematika materi pengolahan data di kelas V MI Darussalam Curahmalang Jombang”. UINMMI
Sugiyono. 2013. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta. CV
Undang-undang No. 20 tahun 2003 pasal 1 ayat 15
Wahyuningsih. 2021. Problematika Pembelajaran Daring Dimasa Pandemi Covid-19 di SMA Dharma Praja Denpasaar. Denpasar: UHND
Wina, Sanjaya. 2011. Strategi Pembelajaran Berorientasi Pada Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana

Keywords  :  
Kata Kunci: Media, Learning, e-comics Media, Learning, e-comics
Galleys  :  
Diterbitkan  :  
2023-04-15
Cara Mengutip  :  
Prahagia, Y., Maswati, M., & Novalia, R. J. (2023). PRAKTIKALITAS PENGGUNAAN MEDIA E-KOMIK PADA MATA PELAJARAN KEAMANAN PANGAN DI SMK NUSATAMA PADANG. Jurnal Tunas Pendidikan, 5(2), 493–501. https://doi.org/10.52060/pgsd.v5i2.1152
Terbitan  :