PRAKTIKALITAS PENGGUNAAN MEDIA E-KOMIK PADA MATA PELAJARAN KEAMANAN PANGAN DI SMK NUSATAMA PADANG
Abstrak
Penelitian ini bertujuan meningkatkan hasil belajar siswa pada pada mata pelajaran keamanan pangan melalui pengembangan media e-komik di SMK Nusatama Padang. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan dengan model 4-D. Data dalam penelitian ini adalah hasil penelItian kualitatif yang diberikan pakar/guru dan siswa melalui angket yang diberikan. Kemudian nilai ulangan harian (UH) dan nilai praktek. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: Penggunaan media pembelajaran e-komik dapat meningkatkan hasil belajar siswa dengan melihat perbedaan hasil belajar dari pretest dan posttest. Hasil belajar posttest lebih tinggi dibandingkan dengan pretest. Karena itu, media e-komik direkomendasikan untuk digunakan oleh guru dalam pembelajaran keamanan pangan.
Referensi
Arikunto. 2014. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta
Asyhar, Rayandra. 2012. Kreatif Menggunakan Media Pembelajaran. Jakarta: Referensi Jakarta.
Dimyati dan Mudjiono. 2006. Belajar Dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta
Ezi Anggrani. 2017. “Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Multimedia Pada Matakuliah Bakery”. Tesis. Padang: UNP
Musdallifah. 2019. “Pengembangan media e-komik pada pembelajaran matematika materi pengolahan data di kelas V MI Darussalam Curahmalang Jombang”. UINMMI
Sugiyono. 2013. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta. CV
Undang-undang No. 20 tahun 2003 pasal 1 ayat 15
Wahyuningsih. 2021. Problematika Pembelajaran Daring Dimasa Pandemi Covid-19 di SMA Dharma Praja Denpasaar. Denpasar: UHND
Wina, Sanjaya. 2011. Strategi Pembelajaran Berorientasi Pada Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana
Keywords | : |
Kata Kunci:
Media, Learning, e-comics Media, Learning, e-comics
|
Galleys | : | |
Diterbitkan | : |
2023-04-15
|
Cara Mengutip | : |
Prahagia, Y., Maswati, M., & Novalia, R. J. (2023). PRAKTIKALITAS PENGGUNAAN MEDIA E-KOMIK PADA MATA PELAJARAN KEAMANAN PANGAN DI SMK NUSATAMA PADANG. Jurnal Tunas Pendidikan, 5(2), 493–501. https://doi.org/10.52060/pgsd.v5i2.1152
|
Terbitan | : |
Bagian
Articles
|