IMPLEMENTASI APLIKASI WEB BASED LEARNING DENGAN MEDIA VIDEO TUTORIAL PADA MATA KULIAH JARINGAN KOMPUTER
Abstrak
Pembelajaran dengan memanfaatkan Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) merupakan salah satu model pembelajaran e-learning yang sangat dibutuhkan pada saat ini dan masa akan datang. Kurang optimalnya jam pelajaran di kelas dan fasilitas sarana dan prasarana menyebabkan kurang efektifnya pembelajaran yang berdampak kepada rendahnya hasil belajar. Dengan pengimplementasian aplikasi web-based learning dengan media video tutorial diharapkan dapat mempengaruhi hasil belajar mata kuliah jaringan komputer dan komunikasi data mahasiswa program studi pendidikan informatika di Universitas PGRI Sumatera Barat. Penelitian ini berjenis eksperimen menggunakan rancangan randomized posttest only control group design. Pada kelas eksperimen menggunakan treatment aplikasi web-based learning dengan media video tutorial sedangkan pada kelas kontrol tanpa media video tutorial. Populasi penelitian adalah mahasiswa program studi pendidikan informatika angkatan 2021. Instrumen yang digunakan yaitu berupa soal tes. Teknik analisis data menggunakan uji t yang didapatkan t hitung adalah 2,13 dan t tabel adalah 1,68, dengan demikian t hitung > t tabel yang berarti hipotesis diterima. Dalam penelitian ini dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh berarti penggunaan aplikasi web-based learning dengan media video tutorial terhadap hasil belajar.
Referensi
Arikunto. S. (2010) Manajemen Penelitian. Jakarta: Rineka Cipta. hlm.207
Bachtiar. F.A., Rachmadi. A, Pradana.F. (2014). “A cceptance in the deployment of blended learning as a learning resource in information technology and computer science program, Brawijaya University”. Computer Aided System Engineering (APCASE). 131- 135.
Cunningham, P. D. (2017) Bridging the distance: Using interactive communication tools to make online education more social‟, Library Trends, 65(4).
Darin E., & Hartley. (2001). Selling E-Learning, American Society for Training and Development. 2001
Dwi P. 2008. Mandiri Belajar SPSS. Yogyakarta: MediaKom
Fuad, M., Deb, D., Etim, J., & Glotser, C. (2018) Mobile response system: a novel approach to interactive and hands-on activity in the classroom‟, Educational technology research and development, 66(2)
Hartono W. (2016). Analisis Data Kependudukan dan KB hasil susenas 2015. Jakarta
Hasan. A., & Riswaya. A.R. (2014). Aplikasi Pinjaman Pembayaran Secara Kredit Pada Bank Yudha Bhakti. Jurnal Computech & Bisnis, Vol. 8 No. 2
Hu, P. J. H., & Hui, W. (2012). “Examining the role of learning engagement in technology-mediated learning and its effects on learning effectiveness and satisfaction”. Decis. Support Syst., 53, 782–792.
Munir. (2013). MULTIMEDIA dan Konsep Aplikasi Dalam Pendidikan. Bandung: Penerbit Alfabeta.
Sudjana. N. (2005). Penilaian Hasil BelajarMengajar. Bandung : Remaja Rosdakarya.
Susanto. (2016). Impelementasi E-Learning dalam pengembangan pembelajaran di perguruan tinggi, E- Jurnal Dinas Pendidikan Kota Surabaya, Volume 1, 1-13.
Susanto., & Ahmad. (2013). Teori Belajar & Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jakarta : Kencana Prenadamedia Group
Tafonao. T. (2018). Peranan Media Pembelajaran Dalam Meningkatkan Minat Belajar Mahasiswa. Jurnal Komunikasi Pendidikan, 2(2), 103. https://doi.org/10.32585/jkp.v2i2.113
Undang - undang Republik Indonesia Nomor 20 tahun 2003.2003. Tentang Sistem Pendidikan Nasional Jakarta: BP Cipta Jaya.
Urh. M., Vukovic. G., Jereb. E, Pintar. R. (2015) “The model for introduction of gamification into e-learning in higher education”. Procedia - Social and Behavioral Sciences 197. 388 – 397.
Utomo, A. Y., & Ratnawati, D. (2018). Pengembangan Video Tutorial dalam Pembelajaran Sistem Pengapian di SMK. TAMAN VOKASI, 6(1), 68–76.
Winarto, A. C. W. E., & Yunianta, T. N. H. (2018). Pengembangan Mobile Learning Matematika Sebagai Suplemen Belajar SMA Kelas XI . Histogram: Jurnal Pendidikan Matematika, 2(1). Retrieved from https://journal.stkip-andi-matappa.ac.id/histogram/article/view/81/pdf_1
Wirasasmita, R. H., & Putra, Y. K. (2018). Pengembangan Media Pembelajaran Video Tutorial Interaktif Menggunakan Aplikasi Camtasia Studio Dan Macromedia Flash. EDUMATIC: Jurnal Pendidikan Informatika, 1(2), 35–43.
Yusup, F. (2018). Uji Validitas Dan Reliabilitas Instrumen Penelitian Kuantitatif. Jurnal Tarbiyah Jurnal Ilmiah Kependidikan, 7(1), 17–23
Keywords | : |
Kata Kunci:
Aplikasi, Web-Base Learning, Video Tutorial, Hasil Belajar Application, Web-Base Learning, Video Tutorial, Learning Outcomes
|
Galleys | : | |
Diterbitkan | : |
2023-03-13
|
Cara Mengutip | : |
Kurniawan, H., Darman, R. A., & Devegi, M. (2023). IMPLEMENTASI APLIKASI WEB BASED LEARNING DENGAN MEDIA VIDEO TUTORIAL PADA MATA KULIAH JARINGAN KOMPUTER. Jurnal Tunas Pendidikan, 5(2), 460–469. https://doi.org/10.52060/pgsd.v5i2.1119
|
Terbitan | : |
Bagian
Articles
|