PENINGKATAN PROSES DAN HASIL BELAJAR PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN DENGAN MENGGUNAKAN PERMAINAN MONOPOLI DI SMAN 12 BUNGO

Maria Susanti ( SMAN 12 Bungo )

Abstrak

Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan untuk meningkatkan proses dan hasil belajar peserta didik pada pembelajaran pendidikan Kewargangegaraan dengan menggunakan media pembelajaran permainan Monopoli. Tindakan ini diterapkan pada dua siklus, di mana setiap siklusnya terlihat adanya peningkatan pada proses dan hasil belajar. Peningkatan ini juga terjadi pada hasil belajar siswa yang terus meningkat dari pra siklus menuju siklus pertama dan terus meningkat pada siklus kedua. Sebelum dilaksanakannya tindakan, hanya 35,7% dari kesuluruhan peserta didik yang lolos KKM. Kemudian, setelah dilaksanakannya tindakan, pada siklus pertama rata-rata hasil belajar peserta didik meningkat. Presentase meningkat sebanyak 28,4% dari pra siklus, yaitu 64, 2% dari seluruh peserta didik mendapatkan nilai yang melewati KKM (70). Kemudian, hasil belajar peserta didik Kembali meningkat pada siklus kedua. Berdasarkan hasil test peserta didik, peserta didik yang memperoleh ketuntasan sebanyak 22 dari 28 orang peserta didik jika dipersentasekan 78,5%.

 

Referensi

Arikunto, S, dkk (2012). Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Bumi Aksara.
Arikunto, S.(2010). Peneltian Tindakan Kelas, Jakarta: BT Bumi Aksara.
Creswell, J. W. (2008). Educational research: Planning, conducting, and evaluating quantitative and qualitative research (3rd ed.). Upper Saddle River, NJ: Pearson Education, Inc.
Hidayat, A & Muhajir.(2015). Pengembangan Permainan Monopoli sebagai Media Pembelajaran Batik Kelas V SD Siti Aminah Surabaya. Jurnal Pendidikan Seni Rupa, Vol.3 (2), 218-226.
Kemmis and Mc. Taggart. 2010. The Action Reseach Planner. Geelong: Deaken Univercity Press.
Lodico, et al. (2006). Methods in Educational Research: From Theory to Practice. USA: Jossey-Bass.
Oktavia, D., & Lestari, R. (2022). Students’ Perception on Learning Speaking English by Using English Domino Games: The Case of a Private University. Indonesian Research Journal in Education| IRJE|, 6(1), 28-42.
Oktavia, dkk. (2022). Challenges and Strategies Used by English Teachers in Teaching English Language Skills to Young Learners. Challenges and Strategies Used by English Teachers in Teaching English Language Skills to Young Learners, 12(2), 382-387.
Somantri, M. N. 2001, Menggagas Pembaharuan Pendidikan PKn. Bandung: Remaja Rosda Karya dan PPS UPI.
Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional.

Keywords  :  
Kata Kunci: Proses Belajar, Hasil Belajar, Media, Monopoli Learning Process, Learning Achievement, Media, Monopoly
Galleys  :  
Diterbitkan  :  
2023-03-05
Cara Mengutip  :  
Susanti, M. (2023). PENINGKATAN PROSES DAN HASIL BELAJAR PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN DENGAN MENGGUNAKAN PERMAINAN MONOPOLI DI SMAN 12 BUNGO. Jurnal Tunas Pendidikan, 5(2), 344–355. https://doi.org/10.52060/pgsd.v5i2.1114
Terbitan  :