Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPA Melalui Penerapan Metode Eksperimen Pada Siswa Kelas VI MIN 4 Bungo

Fatmawati Fatmawati ( MIN 4 Bungo )

Abstrak

ABSTRAK

 

Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas, adapun tujuan dari penelitian ini adalah Untuk Mendeskripsikan peningkatan hasil belajar siswa kelas VI setelah diterapkan metode ekperimen dalam pembelajaran IPA Materi sifat konduktor dan isolator bendal di MIN 4 Bungo.  

Data dikumpulkan dengan observasi, wawancara dan dokumentasi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VI MIN 4 Bungo, Kecamatan Tanah Sepenggal Lintas, Kabupaten Bungo Jambi yang berjumlah 28 siswa terdiri dari 12 siswa laki-laki dan 16 siswa perempuan.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa sebanyak 14 siswa atau 74% siswa dari seluruh siswa mendapatkan nilai dibawah 60 dibandingkan data nilai siklus I yang hanya 10 siswa atau 53%, sedangkan jumlah siswa yang belum tuntas adalah 5 siswa atau 26% siswa dari seluruh siswa mendapatkan nilai di atas 70. Berdasarkan hasil observasi sikap siswa siklus I, dilihat dari beberapa aspek sikap siswa yang terdiri dari: 1) siswa telah berusaha mengerjakan permasalahan IPA dengan cara sendiri; 2) siswa berusaha menyelesaikan permasalahan IPA sesuai langkah-langkah yang telah dipelajari; 3) siswa berusaha untuk bertanya apabila ada yang belum dimengerti dalam pembelajaran IPA dan 4) siswa berusaha mengaitkan antara konsep IPA dengan kehidupan sehari-hari.

 

Kata kunci ; hasil belajar, IPA, metode eksperimen

Referensi

Azizah, R. O. N. (2019). Kajian Metode Eksperimen Terhadap Sikap Ilmiah Siswa Pada Pembelajaran IPA.
Firdianti, A. (2018). Implementasi manajemen berbasis sekolah dalam meningkatkan prestasi belajar siswa. Gre Publishing.
INDONESIA, P. R. (2003). Undang-undang Republik Indonesia nomor 20 tahun 2003 tentang sistem pendidikan nasional.
Nana Sudjana. (2011). Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Purwanto. 2010. Evaluasi Hasil Belajar. Yogyakarta: Pusat Belajar
Roestiyah. 2001. Metode Penelitian Pendidikan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung : Alfabeta
Sudjana, N. 2010. Penilaian Hasil Proses Belajar Menga- jar. Bandung: PT Remaja Rosdakarya
Utami, O. B. (2015). Layanan Bimbingan Belajar Bagi Anak Autistik di SDN Inklusif Ngleri Playen Gunungkidul Yogyakarta. Basic Education.

Keywords  :  
Kata Kunci: hasil belajar, IPA, metode eksperimen learning outcomes, science, experimental methods
Galleys  :  
Diterbitkan  :  
2024-03-23
Cara Mengutip  :  
Fatmawati, F. (2024). Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPA Melalui Penerapan Metode Eksperimen Pada Siswa Kelas VI MIN 4 Bungo. Jurnal Tunas Pendidikan, 6(2), 571–577. https://doi.org/10.52060/pgsd.v6i2.1108
Terbitan  :