THE ROLE OF TEACHER AT SCHOOL TO IMPLEMENTING CLEAN AND HEALTHY LIFESTYLE BEHAVIOR IN STUDENTS OF SMK.N 1 PELEPAT

Ike Fitria Isnaini ( )
Andicha Gustra Jeki ( )
Dwiko Febrama Rizki ( )
Puput Wahyu Hidayat ( STKIP MUHAMMADIYAH MUARA BUNGO )

Abstrak

Minimnya penerapan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) masih menjadi masalah yang cukup serius karena dapat menimbulkan penularan berbagai penyakit. Data riset Kesehatan Dasar (Kemenkes) mengenai  PHBS  penduduk secara   umum,   Hanya 47% penduduk Indonesia yang dapat melakukan cuci tangan menggunakan sabun dengan benar.

Guru merupakan tenaga profesional yang dapat menjadi fasilitator, motivator, pembimbing, dan model dalam merubah perilaku bagi muridnya di Sekolah. Dengan dimungkinkannya untuk dapat menjangkau kalangan usia remaja melalui sekolah maka tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan peran guru di Sekolah dengan penerapan PHBS di SMK.N1 Pelepat Tahun 2022.

Desain penelitian kuantitatif ini adalah cross sectional. Sampel dalam populasi siswa ini berjumlah 45 orang, yang ditentukan secara acak (simple random sampling). Instrumen pengambilan data menggunakan kuesioner. Data yang diperoleh dianalisis dengan uji chi-square, dengan tingkat signifikansi 95%. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa ada hubungan yang signifikan antara peran guru di Sekolah dengan PHBS siswa dengan P-value 0.047 (p≤0.05).

Bagi SMK.N 1 Pelepat hal ini dapat dijadikan bahan pertimbangan dalam menyusun kebijakan yang berkaitan dengan masalah penerapan PHBS dan memberikan informasi kepada siswa untuk senantiasa menerapkan PHBS di sekolah

Referensi

Abdul Aziz Hamka, 2017. Karakter Guru Profesiona, Jakarta: Al-Mawardi Prima.
Aryanti, W, S. 2020. Menjaga Kebersihan Sekolah Dan Karakter Peduli Lingkungan Bagi Murid MI/SD Di Indonesia. Jurnal Edukatif, JanuariJuni, 6 (1), h. 76-85.
Atikah Proverawati & Eni Rahmawati. 2019. Perilaku hidup bersih dan sehat (PHBS). Yogyakarta: Nuha Medika.
Diana, F. M., Susanti, F., & Irfan, A. 2020. Pelaksanaan Program Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) di SD Negeri 001 Tanjung Balai Karimun. Jurnal Kesehatan Masyarakat, 8(1), 46–51.
Departemen Kesehatan RI. Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 36 Tahun 2009 Tentang Kesehatan. Jakarta: Kementrian Kesehatan RI: 2009.
Fazlin, S. 2019. Tingkat Pengetahuan Siswa Tentang Teknik Mencuci Tangan Yang Benar Terhadap Kejadian Diare Di Sdn 01 Pontianak Utara.
Huthamaputiran, 2017. Impact Of Training On Improving Proper Handwashing Practices Among Elementary School Student. Faculty of Medicine, Universitas Padjadjaran
Kemenkes RI. 2013. Riset Kesehatan Dasar; RISKESDAS. Jakarta: Badan Penelitian dan Pengembangan Kemenkes RI 2013.
Kemenkes RI. Pelayanan Kesehatan Ibu Di Fasilitas Kesehatan Dasar Dan Rujukan. Jakarta: 2013.
Kemenkes RI, 2016. Peraturan Menteri Kesehatan Republik Indonesia Nomor72 Tahun 2016 TentangStandar Pelayanan kefarmasian di Rumah sakit.Jakarta: Kementrian Kesehatan Republik Indonesia.
Kemenkes RI. 2018. Riset Kesehatan Dasar; RISKESDAS. Jakarta: Badan Penelitian dan Pengembangan Kemenkes RI 2019
Kemenkes RI 2020. Peraturan Menteri Kesehatan Republik Indonesia 2020 Nomor 21 Tahun 2020 Tentang Rencana Strategis Kementerian Kesehatan Tahun 2020-2024. Kemenkes RI 2019.
Kemenkes RI 2020. Rencana Aksi Program Gizi 2020-2024. Badan Penelitian dan Pengembangan Kesehatan, Kemenkes RI.
Kusnandar, 2016. Guru Profesional. Jakarta: Rajawali Pres.
Notoatmodjo, S. 2014. Ilmu Perilaku Kesehatan. Jakarta: Rineka Cipta.
Suyanto. dan Asep Jihad. 2018. Menjadi Guru Profesional. Jakarta: Esensi.
Sugiyono. 2017. Metode Penelitian pendidikan. Bandung: Alfabeta.
United Nations Children’s Fund (UNICEF) World Health Organization, World Bank Group. 2018. Levels and Trends in Child Malnutrition: Key Findings of The 2018 Edition of The Joint Child Malnutrition Estimates.
Wawan A & Dewi M. 2017. Teori dan Pengukuran Pengetahuan, Sikap, dan Perilaku Manusi.Cetakan II. Yogyakarta : Nuha Medika

Keywords  :  
Galleys  :  
Diterbitkan  :  
2023-03-13
Cara Mengutip  :  
Isnaini, I. F., Jeki, A. G., Rizki, D. F., & Hidayat, P. W. (2023). THE ROLE OF TEACHER AT SCHOOL TO IMPLEMENTING CLEAN AND HEALTHY LIFESTYLE BEHAVIOR IN STUDENTS OF SMK.N 1 PELEPAT. Jurnal Tunas Pendidikan, 5(2), 470–477. https://doi.org/10.52060/pgsd.v5i2.1087
Terbitan  :