PERILAKU ADAPTASI KEDISIPLINAN ANAK TERHADAP GAYA BELAJAR PASCA PANDEMI SD NEGERI CENGKALSEWU 01

Isfi Zuhaida fauziatul Azma ( UNIVERSITAS MURIA KUDUS )
Fina Fakhriyah ( )
Imaniar Purbasari ( )

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perilaku adaptif kedisiplinan anak terhadap gaya belajar kelas tiga pasca pandemi. Mengetahui faktor yang mempengeruhi perilaku adaptasi terhadap gaya belajar anak selama pasca pandemi, serta aspek yang membangun perilaku adaptasi terhadap kedisiplinan anak pasca pandemi. Penelitian menggunakan teknik pengumpulan data meliputi observasi, wawancara, dokumentasi dan pancatatan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa perilaku adaptasi pasca pandemi pada anak masih kurang. Sebelum adanya pandemi anak suka bermain dan bercanda. Setelah pandemi anak jarang berinteraksi karena pembelajaran dilakukan secara daring, setelah pandemi berakhir pembelajaran dilakukan tatap muka banyak anak menjadi canggung kepada teman. Waktu pandemi tugas diberikan dan dikumpulkan secara online, meskipun tidak tahu siapa yang mengerjakan tugas anak. Sekarang pasca pandemi, anak diharuskan mengerjakan tugas sendiri setelah itu dikumpulkan kepada guru langsung. Faktor yang mempengaruhi perilaku adaptasi kedisiplinan anak terhadap gaya belajar antara lain pergaulan anak di lingkungan rumah, motivasi orang tua terhadap anak pasca pandemi seperti perhatian orang tua sebelum anak berangkat kesekolah. Salah satu cara paling baik menumbuhkan kedisiplinan anak dengan membiasakan kebiasaan kecil seperti menemani anak ketika belajar, mengajak anak melakukan ibadah bersama. Sebisa mungkin mengajarkan disiplin sedini mungkin agar anak terbiasa melakukan hal baik.   

Referensi

1). Amu, Tirsa Debby Natalia. Jamaludin dan Hasdin. 2014. Meningkatkan Perhatian Siswa Kelas V SDN 2 Salakan Pada Mata Pelajaran Pkn Melalui Metode Diskusi. Jurnal Kratif Tadulako Online, 2(3), 90.
2). Andini, Indri. Nur Afria Nanda Safitri. Hendri. 2022. Analisis Efek Pandemi Covid-19 terhadap Pendidikan dii Indonesia. Jurnal Ilmu Komputer, Ekonomi Dan Manajemen (JIKEM), 2(1), 199.
3). Anugrahana, Andri. 2020. Hambatan, Solusi dan Harapan: Pembelajaran Daring Selama Masa Pandemi Covid-19 Oleh Guru Sekolah Dasar. Scholaria: Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, 10(3), 284.
4). Aziizu, Burhan Yusuf Abdul. 2015. Tujuan Besar Pendidikan Adalah Tindakan. PROSIDING KS:RISET & PKM, 2(2), 296).
5). Fajhriani, N Dyla. 2020. Manajemen waktu belajar di perguruan tinggi pada masa pandemi covid-19. JIEMAN: Journal of Islamic Educational Management. 1(3), 300.
6). Handarini, Oktafia Ika. Sirti Sri Wulandari. 2020. Pembelajaran Daring Sebagai Upaya Study From Home (SFH) Selama Pandemi Covid-19. Jurnal Pendidikan Administrasi Perkantoran (JPAP), 8(3), 497.
7). Helmi, Alvin Fadilla. 1996. Disiplin Kerja. Buletin Psikolog, (2), 34.
8). Iftitah, Ismazul Izza & Amir Sayamsudin. 2022. Penerapan Pembelajaran Tatap Muka Terbatas di Masa Pandemi Covid-19 pada Lembaga PAUD. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(3), 2335.
9). Indiati. 2022. Kebijakan Pemerintah tentang Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) dalam Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Ilmiah Muqoddimah, 6(2), 509.
10). Khairiyah, Anis. 2022. Kebijakan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) dilihat dari Perpestif Hukum Internasiaonal dan Politik Hukum dalam Pengendalian Penyebaran Covid-19 di Indonesia. Jurnal Hukum Lex Generalis, 3(1), 5.
11). Kurniati, N. 2022. Pembelajaran Daring dan Problematikanya. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Matematika Indonesia, 11(1), 20.
12). Lestari, Nur Eka Intan. Murtono dan Imaniar Purbasari. 2021. Karakter Kedisiplinan Belajar Siswa V SDIT Hidayatullah di Desa Daren selama di Rumah. JIP:Jurnal Inovasi Penelitian. 2(4), 1223.
13). Magdalena, Ina. Shifa Fauziah, Putri Widiya Sari, dan Nesfi Berliana. 2020. Analisis Faktor Siswa Tidak Memperhatikan Penjelasan Guru. Nusantara: Jurnal Pendidikan Dan Ilmu Sosial, 2(2), 284.
14). Muhliansyah. Anindya Pinasthi Putri. Miranti Rasyid. M. Ali Andriansyah. Diana. 2019. Konstruk Alat Ukur Adaptasi Lingkungan. Psikostudia: Jurnal Psikologi, 8(2), 124.
15). Mustika, Tria Putri. Sri Wulan Fajrina. Muhammad Budi Prasetio & Piki Setri Pernantah. 2022. Implementasi Embelajaran Tatap Muka Terbatas pada Masa New Normal di MTsN 3 Rokan Hulu. JIIP-Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 5(3), 902.
16). Nasriani. 2022. Efektifitas Pembelajaran Daring pada Masa Pandemi Covid-19 di MTs Negeri 2 Tolitoli. JIP: Jurnal Inovasi Penelitian, 2(8), 2502.
17). Ningrum, Retno Wulan. Erik Aditia Ismaya & Nur Fajrie. 2020. Faktor-Faktor Pembentuk Karakter Disiplin dan Tanggung Jawab dalam Ekstrakurikuler Pramuka. Jurnal Prakarsa Paedagogia, 3(1), 114.
18). Oktavia, M Yeli & Wirdanengsih Wirdanengsih. 2022. Adaptasi Siswa dari Pembelajaran Daring ke Pembelajaran Tatap Muka di Era Adaptasi Kebiasaan Baru (Studi Kasus: Siswa Kelas XI IIPS SMA Negeri 1 Kecamatan Guguak Kabupaten Lima Puluh Kota. Naradidik: Journal Of Education & Padagogy, 1(3), 221.
19). Pasma, Reza. 2022. Pembinaan Kedisisplinan Beribadah Anak di Panti Asuhan Amanah V Suku Canduang. Innovative: Journal Of Social Science Research, 1(2), 413.
20). Pristiwanti, Desi. Bai Badariah. Sholeh Hidayat. & Ratna Sari Dewi. 2022. Pengertian Pendidikan. Jurnal Pendidikan dan Konseling, 4(6), 7915.
21). Purnama, Eka Khristiyanta. 2015. Peningkatan Sikap Kedisiplinan Siswa Sekolah Dasar Melalui Pemanfaatan Media Audio Pendidikan Karakter. Kwangsan, 3(1), 52.
22). Purwaningsih, Ika. Oktariani. Linda Hernawati. Ratu Wardarita & Puspa Indah Utami. 2022. Pendidikan Sebagai Suatu Sistem. Jurnal Visionary: Penelitian dan Pengembangan dibidang Administrasi Pendidikan, 10(1), 21.
23). Rahayu, Hartini Sri. Aspin. Alber Tigor Arifyanto. 2019. Pengaruh Perhatian Orang Tua terhadap Motivasi Belajar Siswa SMA Swasta Darud Da’wah Walirsyad (DDI) Kendari. Jurnal BENING, 3(2), 66.
24). Rosanda, Firda & Umi Hasumah. 2019. Kemampuan Adaptasi Belajar Siswa Madrasah Tsanawiyah yang Berlatar Belakang Pendidikan Umum. Jurnal Pendidikan Islam, 3(2), 234.
25). Sapitri, Jilah. & Harlinda Syofyan. 2022. Pengaruh Pembelajaran Tatap Muka Terbatas (PTMT) terhadap Hasil Belajar Materi Suhu dan Kalor Siswa di Sekolah Dasar. JRTI (Jurnal Riset Tindakan Indonesia), 7(3), 516.
26). Sebayang, Sofia. & Tiur Rajagukguk. 2019. Pengeruh Pendidikan, Pelatihan dan Motivasi Kerjan terhadap Kinerja Guru di SD dan SMP Swasta Budi Murni 3 Medan. Jurnal Ilmu Menejemen METHONOMIX, 2(2), 106.
27). Simbolon, Jamilin. 2020. Penerapan Metode Layanan Bimbingan Kelompok untuk Meningkatkan Disiplin Belajar Siswa. Jurnal Teknologi Pendidikan, 13(1)78.
28). Sipayung, Jadiaman. 2021. Efektivitas Pembelajaran Masa Pandemi dalam Meningkatkan Kompetensi Siswa Melalui Daluta. Edutech: Jurnal Inovasi Pendidikan Berbantuan Teknologi, 1(2), 1.
29). Suciyati dan Inanny Mukhlishina. 2022. Pengaruh Kedisiplinan Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas IV Sekolah Dasar Negeri Landungsari 1 kota Malang. Jurnnal Papeda, 4(2), 111.
30). Sugiyono. 2015. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Alfabeta Bandung, Hal 194.
31). Sugiyono. 2016. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualtatif dan R&D. Alfabeta Bandung, Hal 226.
32). Syelviani, Meilisa. 2020. Pentingnya Manajemen Waktu dalam Mencapai Efektivitas bagi Mahasiswa. JAM: Jurnal Analisis Manajemen. 6(1), 25.
33). Wasitohadi. 2014. Hakekat Pendidikan dalam Perspektif John Dewey. Satya Widya, 30(1), 51.
34). Yin, Robert K. 2021. Studi Kasus Desain dan Metode. PT Raja Gafindo Persada, Depok. Hal 18.
35). Zahara, Sofia. Nandangg Mulyana & Rudi Saprudin Darwis. 2021. Peran Orang Tua dalam Mendampingi Anak Menggunakan Media Sosial di Tengah Pandemi Covid-19. Jurnal Kalaborasi Resolusi Konflik, 3(1), 108.

Keywords  :  
Kata Kunci: Perilaku Adaptasi, Kedisiplinan, Pasca Pandemi Perilaku Adaptasi, Kedisiplinan, Pasca Pandemi
Galleys  :  
Diterbitkan  :  
2023-02-14
Cara Mengutip  :  
Azma, I. Z. fauziatul, Fakhriyah, F., & Purbasari, I. (2023). PERILAKU ADAPTASI KEDISIPLINAN ANAK TERHADAP GAYA BELAJAR PASCA PANDEMI SD NEGERI CENGKALSEWU 01. Jurnal Tunas Pendidikan, 5(2), 297–310. https://doi.org/10.52060/pgsd.v5i2.1074
Terbitan  :