PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS AUDIO VISUAL PADA MATERI SENAM LANTAI SISWA KELAS VII SMP NEGERI B SRIKATON

Yuli Yanti ( Universitas PGRI Silampari )
Helvi Darsi ( Universitas PGRI Silampari )
Wawan Syafutra ( Universitas PGRI Silampari )

Abstrak

ABSTRAK

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan pembelajaran  audio visual pada materi senam lantai pada mata pelajaran PJOK di SMP Negeri B Srikaton yang dapat digunakan untuk mendukung pembelajaran. Media pembelajaran yang dibuat ini berupa audio visual untuk mengetahui kualitas audio visual dilihat dari aspek kevalidan dan kepraktisan.

Penelitian ini dilaksanakan di SMP Negeri B Srikaton.Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan audio visual pada materi senam lantai dan untuk mengetahui kualitas audio visual dilihat dari aspek kevalidan dan kepraktisan. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan yang mengacu pada model pengembangan ADDIE, yaitu Analyze (Analisis), Design (Desain), Development (Pengembangan), Implement  (Implementasi),  Evaluate (Evaluasi). Instrumen yang digunakan untuk mengetahui kualitas audio visual yang dikembangkan meliputi lembar validasi dan lembar kepraktisan.Lembar validasi diisi oleh para ahli (ahli bahasa, ahli materi, dan ahli media).Sedangkan lembar kepraktisan diisi oleh siswa pada uji perorangan (uji one to one) dan uji kelompok kecil (uji small group).

Produk penelitian ini berupa audio visual pada materi senam lantai kelas VII SMP Negeri B Srikaton. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) kualitas audio visual dilihat dari aspek kevalidan termasuk dalam kategori valid dengan skor rata-rata 3,05 dan (2) kualitas audio visual dilihat dari aspek kepraktisan dikategorikan praktis dengan skor rata-rata 3,27.

Kata kunci : Media Audio Visual, Pembelajaran, Senam Lantai.

Referensi

Alben, A. S. C., Mardius, A., & Ilham, I. (2022). Pengaruh Model Pembelajaran Outdoor Education Terhadap Keterampilan Motorik. Jurnal Muara Olahraga, 5(1), 47-53.

Muhajir. (2017). Pendidikan Jasmani, Olahraga, dan Kesehatan. Jakarta: Pusat Kurikulum dan Perbukuan, Balitbang, Kemdikbud.

Hamzah, A. (2019). Metode Penelitian dan Pengembangan. Malang: Literasi Nusantara.

Norsanty, U. O., & Chairani, Z. (2016). Pengembangan Lembar Kerja Siswa (LKS) Materi Lingkaran Berbasis Pembelajaran Guided Discovery Untuk Siswa SMP Kelas VIII. Jurnal Pendidikan Matematika, 2 (1), 12-23.

Widoyoko, E. P. S. (2013). Evaluasi Program Pembelajaran. Yogyakarta: Pustaka Pelajar

Saputra, D. R., & Susanti, D. T. (2023). Pengaruh Senam Sehat Anak Indonesiaterhadap Kebugaran Jasmani Siswa Kelas V Sdn 131/Ii Skb Kabupaten Bungo Provinsi Jambi. Jurnal Muara Olahraga, 5(2), 54-66.

Saputra, D. I. M., Saputra, D. R., & Subhanadri, S. (2022). Pengaruh Latihan Dribbling Zig-Zag Dan Slalom Dribble Terhadap Keterampilan Dribbling Pemain Ssb Putra Lintas Bungo Usia 10-12 Tahun. Jurnal Muara Olahraga, 5(1), 33-46.

Sugiyono. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Cet. XX; Bandung: Alfabeta, 2013.

Hanafi, H. (2013). Profesionalisme Guru Dalam Pengelolaan Kegiatan Pembelajaran. Sleman: Citra pres.

Keywords  :  
Kata Kunci: Media Audio Visual, Pembelajaran, Senam Lantai. Audio Visual Media, Learning, Floor Gymnastics
Galleys  :  
Diterbitkan  :  
2023-10-27
Cara Mengutip  :  
Yanti, Y., Darsi, H., & Syafutra, W. (2023). PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS AUDIO VISUAL PADA MATERI SENAM LANTAI SISWA KELAS VII SMP NEGERI B SRIKATON. Jurnal Tunas Pendidikan, 6(1), 312–318. https://doi.org/10.52060/pgsd.v6i1.1065
Terbitan  :