PENGARUH PEMBELAJARAN PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN MENGGUNAKAN METODE SOSIODRAMA UNTUK MENANAMKAN KEPEDULIAN SOSIAL SISWA KELAS IV SD SWASTA SEBERANG JAYA TAHUN PELAJARAN 2017/2018

Abdulah Abdulah ( STKIP Muhammadiyah Muara Bungo )

Abstrak

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kurangnya sikap sosial siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pembelajaran PKn menggunakan metode sosiodrama untuk menanamkan kesadaran sosial siswa kelas IV Sekolah Dasar Swasta Seberang Jaya. Penelitian ini adalah penelitian eksperimental semu dengan desain penelitian Noquivalent Control Group Design.Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV yang terdiri dari dua kelas. Kelas IVB sebagai kelompok eksperimen, dan kelas IVA sebagai kelompok kontrol. Teknik pengumpulan data digunakan dalam penelitian dalam bentuk skala, wawancara, observasi, dan dokumentasi. Uji persyaratan analisis data menggunakan uji normalitas dan homogenitas. Pengujian hipotesis menggunakan uji-t dengan taraf signifikansi 5%.Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pembelajaran PKn menggunakan metode sosiodrama memberikan dampak positif yang signifikan untuk menanamkan kesadaran sosial siswa kelas empat Sekolah Dasar swasta Seberang Jaya 2017/2018. Hal ini ditunjukkan oleh uji-t pada kelompok kontrol pasca-tes eksperimental, yang menunjukkan perbedaan yang signifikan antara post-tes kelompok kontrol-kontrol setelah perawatan (pengobatan).


Keywords  :  
Kata Kunci: pengaruh, kesadaran sosial, metode sosiodrama, PKn influence, social awareness, sociodrama method, Civics
Galleys  :  
Diterbitkan  :  
2019-02-13
Cara Mengutip  :  
Abdulah, A. (2019). PENGARUH PEMBELAJARAN PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN MENGGUNAKAN METODE SOSIODRAMA UNTUK MENANAMKAN KEPEDULIAN SOSIAL SISWA KELAS IV SD SWASTA SEBERANG JAYA TAHUN PELAJARAN 2017/2018. Jurnal Tunas Pendidikan, 1(2), 11–20. https://doi.org/10.52060/pgsd.v1i2.106
Terbitan  :