DAMPAK PENGGUNAAN MODEL PROBING PROMPTING LEARNING DI SEKOLAH DASAR

Apdoludin, Subhanadri, Nikita Jofa ( Universitas Muhammadiyah Muara Bungo )

Abstrak

Masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya proses dan hasil belajar IPA di kelas IV SDN 60/II Muara Bungo. Tujuan penelitian adalah untuk peningkatkan proses dan hasil belajar IPA menggunakan model probing prompting learning. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas sebanyak dua siklus. Setiap siklus terdiri dari empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah Peserta didik Kelas IV SDN 60/II Muara Bungo. Data penelitian ini dikumpulkan melalui teknik analisis data Kualitatif dan Kuantitatif. Hasil penelitian pada siklus I dengan rata- rata sebesar 83,9% dan pada siklus II sebesar 91,1% dengan kategori sangat baik. Hasil observasi peserta didik pada siklus I dengan persentase sebesar 67,7% dan siklus II sebesar 85,3%. Sedangkan ketuntasan klasikal pada siklus I diperoleh nilai rata-rata hasil belajar peserta didik sebesar 64,7% meningkat menjadi 82,4% pada siklus II. Disimpulkan bahwa penggunaan model probing promting learning dapat meningkatkan proses dan hasil belajar IPA

Referensi

Apdoludin. (2021a). INOVASI BARU MODEL PEMBELAJARAN (R. Sari (ed.)). CV. Intishar Publishing. https://drive.google.com/file/d/1paJwGaCq-CyyygisoLO3V4Xf2G1nO1pv/view
Apdoludin. (2021b). Pengantar Pendidikan. CV. Intishar Publishing. https://drive.google.com/file/d/1u8NCwopqGApsNURdEyH93hpOY_m1Jd_9/view
Apdoludin, A., & Putra, R. E. (2021). Penerapan Model Pembelajaran Koperatif Tipe Jigsaw Meningkatkan Proses Dan Hasil Belajar Siswa. Jurnal Tunas Pendidikan, 3(2), 88–97. https://doi.org/10.52060/pgsd.v3i2.471
Apdoludin, & Martinisyamin. (2022). Modeling Analysis, Findings, Development, Organizing the Material and Learning for Students in Islamic Boarding Schools. Jurnal Pendidikan Islam, 8(1), 25–36. https://doi.org/10.15575/jpi.v8i1.15277
Apdoludin, R. E. P. dan. (2022). Model dan metode pembelajaran. In M. P. Andriyanto, S.S. (Ed.), Semarang (1st ed.). Penerbit Lakeisha. https://www.academia.edu/download/55856965/9230susun_ISI_DAN_DAFTAR_PUSTAKA_BUKU_MODEL_edit_.pdf
Arikunto Suharsimi, dkk. 2019. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: PT Bumi Aksara
Ayati, Sri Barkah. 2017. “Upaya Meningkatkan Kemampuan Berpikir Analitis Terhadap Pembelajaran Ipa Melalui Model Pembelajaran Probing Prompting Pada Siswa Kelas Iv Sdn Totosari No 102 Surakarta Tahun Ajaran 2016/2017”. Disertasi diterbitkan. Surakarta: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan.
Joyce, Bruce, marsha Weil dan Emily Calhoun (2009). Models Of Teaching. Yoyakarta: Pustaka Belajar.
Polianus. 2016. “Meningkatkan hasil belajar IPA siswa kelas IV dengan model probing-ptompting di SD Negeri Regunung 01 kecamatan tengarang kabupaten semarang semester II tahun ajaran 2015/2016”. Disertasi diterbitkan. Salatiga: Program Studi Guru Sekolah Dasar Universitas Kristen Satya Wacana.
Rosdiana, Nita. 2010. “Penggunaan Teknik Probing-Prompting pada Pembelajaran Matematika untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa SMP”. Disertasi diterbitkan. Bandung: Jurusan Pendidikan Matematika, Universitas Pendidikan Indonesia.
Shoimin, A. (2014). 68 Model Pembelajaran Inovatif Dalam Kurikulum 2013 Yogyakarta: AR-RUZZMEDIA.
Sugiyono. 2010. Statistik untuk Pendidikan. Bandung Alfabeta.
Widyastuti, Dyah Ayu. 2014. “Penerapan Model Pembelajaran Probing Prompting Untuk Meningkatkan Prestasi Belajar IPA Siswa Kelas IV SD Negeri 2 Antosari Kecamatan Selemadeg Barat”. Disertasi diterbitkan. Singaraja: Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar.
Suprijono, A. 2016. Model-Model Pembelajaran Emansipatoris. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Trianto. 2010. Model Pembelajaran Terpadu Konsep, Strategi, dan Implementasinya dalam KTSP. Jakarta : Bumi Aksara.

Keywords  :  
Kata Kunci: Process, Results, Probing Prompting Learning Process, Results, Probing Prompting Learning
Galleys  :  
Diterbitkan  :  
2023-03-08
Cara Mengutip  :  
Nikita Jofa, A. S. (2023). DAMPAK PENGGUNAAN MODEL PROBING PROMPTING LEARNING DI SEKOLAH DASAR. Jurnal Tunas Pendidikan, 5(2), 422–428. https://doi.org/10.52060/pgsd.v5i2.1058
Terbitan  :