FAKTOR-FAKTOR PENYEBAB KURANGNYA PENGAMALAN NILAI-NILAI PANCASILA DALAM SIKAP DAN PRILAKU SISWA DI SMPN 7 MUARA BUNGO

Arisman Sabir ( Universitas Muhammadiyah Muara Bungo )

Abstrak

Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan menggunakan metode deskriptif yang bertujuan untuk mengetahui faktor penyebab kurangnya kesadaran siswa dalam pengamalan nilai-nilai Pancasila dan upaya sekolah untuk menanamkan kesadaran siswa dalam mengamalkan nilai-nilai Pancasila. Informannya kepala sekolah, wakil kepala sekolah, guru PKN, guru BK, staf tata usaha sekolah dan siswa. Data dikumpulkan dengan observasi, wawancara dan dokumentasi. Uji keabsahan data menggunakan triangulasi data. Teknik analisis data: pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan faktor penyebab kurangnya pengamalan nilai-nilai Pancasila dalam sikap dan perilaku siswa yaitu: (1) Diri siswa sendiri, kurangnya kesadaran siswa terhadap pentingnya pengamalan nilai-nilai Pancasila. (2) teman sebaya, adanya pengaruh dari teman siswa yang berprilaku negatif. (3) Sekolah, fasilitas sekolah yang kurang memadai. (4) Keluarga,  kurangnya perhatian orangtua. Upaya yang dilakukan sekolah untuk menanamkan kesadaran siswa dalam mengamalkan nilai-nilai Pancasila di sekolah yaitu: (1) melakukan sosialisasi, agar seluruh pihak mengetahui pentingnya pengamalan nilai-nilai Pancasila, terutama bagi siswa dan orang tua. (2) pemberian ketauladanan dan pemahaman Pancasila, melakukan contoh perilaku yang baik kepada siswa dan agar pemahaman  nilai-nilai Pancasila dapat terlaksana dengan baik. (3) memberikan bimbingan dan pengarahan, agar dapat mencarikan solusi terhadap permasalan yang dilakukan siswa. (4) memberikan hukuman, agar memberikan efek jera kepada siswa.

Referensi

Fanggidae, E., Pratama, F. H., Wardhani, R. R. W. A., & Rachman, T. (2021). Strategi Keluarga dalam Menerapkan Nilai-Nilai Pancasila untuk Membentuk Kepribadian Anak Melalui Keteladanan. Prosiding EMAS: Ekonomi Manajemen Akuntansi Kewirausahaan, 1(1), 199-208.
Indonesia, P. R. (2006). Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional.
Kabul, Budiyono. 2009. Pendidikan Pancasila. Bandung: Alfabeta
Moleong, Lexy. 2014. Metode Penelitian Kualitatif Edisi Revisi. Jakarta: Remaja Rosda Karya.
Sabir, A. (2022). PELAKSANAAN SUPERVISI GURU PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN OLEH KEPALA SEKOLAH DI SMP N 3 MUARA BUNGO: Supervisi Guru, Kepala Sekolah. JISOS: JURNAL ILMU SOSIAL, 1(10), 975-984.
Sabir, A., & Hakiki, M. (2020). Upaya Peningkatan Kompetensi Profesional Guru Pkn di SMA Negeri 1 Enam Lingkung Kabupaten Padang Pariaman. Jurnal Inovasi Pendidikan Dan Teknologi Informasi (JIPTI), 1(2), 62-69.
Sabir, A., & Putra, I. M. (2021). MULTIMEDIA INTERAKTIF BERBASIS KARAKTER SEBAGAI UPAYA MENINGKATKAN PEMAHAMAN NILAI-NILAI PANCASILA DAN JIWA NASIONALISME MAHASISWA STKIP MUHAMMADIYAH MUARA BUNGO. Jurnal Muara Pendidikan, 6(2), 220-227.
Subhanadri, S., Hakiki, M., Sabir, A., & Guspita, S. (2021). PELATIHAN LESSON STUDY UNTUK MENINGKATKAN KOMPETENSI PROFESIONALISME GURU SEKOLAH MENENGAH PERTAMA. Jurnal Pengabdian Pendidikan Masyarakat (JPPM), 2(1), 33-38.
Winarno, 2007. Paradigma Baru Pendidikan Kewarganegaraan. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Keywords  :  
Kata Kunci: Pengamalan Nilai-Nilai Pancasila, Sikap dan Prilaku Pengamalan Nilai-Nilai Pancasila, Sikap dan Prilaku
Galleys  :  
Diterbitkan  :  
2023-02-14
Cara Mengutip  :  
Sabir, A. (2023). FAKTOR-FAKTOR PENYEBAB KURANGNYA PENGAMALAN NILAI-NILAI PANCASILA DALAM SIKAP DAN PRILAKU SISWA DI SMPN 7 MUARA BUNGO. Jurnal Tunas Pendidikan, 5(2), 240–250. https://doi.org/10.52060/pgsd.v5i2.1051
Terbitan  :