PENINGKATAN PROSES DAN HASIL BELAJAR SENI BUDAYA DAN PRAKARYA (SBDP) MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN DIRECT INSTRUCTION PADA SISWA KELAS IV DI SDN 143/VIII TELUK KEMBANG JAMBU KECAMATAN TEBO ULU
Abstrak
Masalah yang terdapat pada penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar siswa pada pembelajaran SBdP, kurangnya perhatian guru pada materi atau konsep pembelajaran yang seharusnya disampaikan. Hal ini mengakibatkan rendahnya proses dan hasil belajar siswa di kelas IV SDN 143/VIII Teluk Kembang Jambu Kecamatan Tebo Ulu. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas dengan pendekatan kualitatif dan kuantitatif sederhana. Subjek penelitian adalah siswa kelas IV yang berjumlah 30 orang. Penelitian ini terdiri dari dua siklus. Penelitian ini dilaksanakan pada semester II tahun ajaran 2021/2022 SDN 143/VIII Teluk Kembang Jambu Kecamatan Tebo Ulu. Data penelitian ini dikumpulkan melalui hasil observasi, hasil tes, foto dan dokumentasi. Hasil analisis data penelitian menunjukan bahwa menggunakan model pembelajaran langsung dapat meningkatkan proses dan hasil belajar SBdP di kelas IV SDN 143/VIII Teluk Kembang Jambu. Terlihat dari proses pelaksanaan pembelajaran yang dilakukan guru pada siklus I 80% dan pada siklus II menjadi 84.61%, serta saat proses belajar siswa pada siklus I 62% dan pada akhir siklus II menjadi 80.63%. Hal yang sama juga terlihat pada hasil belajar siswa pada siklus I 69.6%, dan pada siklus II menjadi 83.6%. Maka penelitian tindakan kelas dalam penggunaan model Direct Instruction pada pembelajaran SBdP dapat meningkatkan proses dan hasil belajar siswa.
Referensi
Agustina, RL, & Syarif Hidayatullah. 2018. Penerapan Model Pembelajaran Direct Instruction Yang Dipadukan Dengan Snowball Drilling Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VI SDN Jejangkit Muara 2. Mact Didactic : Jurnal Pendidikan Matematika. Retrieved https://jurnal.stkipbjm.ac.id/index.php/math/article/view/100 Diakses pada tanggal 27 Agustus 2018.
Ahmad, Susanto. 2016. Teori Belajar dan Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jakarta: Prenadamedia Group.
Akbar, Sa’dun. 2010. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Rineka Cipta.
Amelia, Haezah. 2019. Pengggunaan Model Direct Instruction terhadap hasil belajar SBdP pada materi montase di kelas IV SD Negeri Pamulang Tengah. Pedadidaktika: Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar. 6. 1.
Amri, S. Loeloek Endah Poerwati. 2013. Panduan Memahami Kurikulum 2013. Jakarta: Prestasi Pustakarya
Ardipal. 2010. Kurikulum Pendidikan Seni Budaya yang Ideal bagi Peserta Didik di Masa Depan. Jurnal Bahasa dan Seni. XI(1).
Arikunto, Suharsimi dkk. 2019. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Bumi Aksara.
Arikunto, Suharsimi. 2007. Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: PT Rineka Cipta
Arikunto, Suharsimi. 2008. Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara
Arikunto, Suharsimi. 2013. Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.
Arsyad, A. 2010. Media Pembelajaran. Jakarta: Rajawali Pers.
Arsyad, Azhar. 2014. Media Pembelajaran. Jakarta: PT. Rajagrafindo persada.
Departemen Pendidikan dan Kebudayaan. 2003. Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta: Depdiknas.
Dimyati dan Mudjiono. 2006. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta. PT Rineka Cipta.
Dimyati dan Mudjiono. 2006. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: PT Rineka Cipta.
Frastiyanti, Lina. 2021. Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Direct Instruction dan Minat Terhadap Hasil Belajar Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) Kelas X MIPA SMAN 1 Nawangan Tahun Ajaran 2020/2021. Electronic Theses IAIN ponorogo. Retrieved from http://etheses.iainponorogo.ac.id/15109/
Hamdani, 2011. Strategi Belajar Mengajar. Bandung: CV. Pustaka Setia.
Hunaepi, dkk. 2014. Model Pembelajaran Langsung. Mataram Lombok: Duta Pustaka Ilmu.
Jogiyanto. 2007. Pembelajaran Metode Kasus. Yogyakarta: Andi.
Kunandar. 2013. Penilaian Autentik (Penilaian Hasil Belajar Peserta Didik Berdasarkan Kurikulum 2013) Suatu Pendekatan Praktis Disertai dengan Contoh. Jakarta: Rajawali Pers.
Kusumastuti, Eny. 2014. Penerapan Model Pembelajaran Seni Tari Terpadu Pada Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Upi Edu. 1-1.
Muin, A. 2017. Keterampilan Berbasis Multimedia Interaktif pada Pembelajaran Seni Budaya di Sekolah Dasar. Jurnal Penelitian Pendidikan INSANI. 20.2. 133-135. https://ojs.unm.ac.id/Insani/article/view/4821.
Mulyasana, Dedi. 2012. Pendidikan Bermutu dan Berdaya Saing. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Mutmainah, Hanifah. 2020. Penerapan Model Pembelajaran Langsung (Direct Instruction) Untuk Meningkatkan Keterampilan Seni Musik Pada Mata Pelajaran SBdP Siswa Kelas V UPT SDN 3 Kepulauan Selayar Kecamatan Bontaharu Kabupaten Kepulauan Selayar. Eprints 3. Retrieved from http://eprints.unm.ac.id/20007/
Ngalimun. 2012. Strategi dan Model Pembelajaran. Yogyakarta: Aswaja Pressindo.
Keywords | : |
Kata Kunci:
Process, Learning Outcomes, SBdP, Direct Instruction. Process, Learning Outcomes, SBDP, Direct Instruction
|
Galleys | : | |
Diterbitkan | : |
2023-02-14
|
Cara Mengutip | : |
Randi Eka Putra, Opi Andriani, A. I. T. W. A. (2023). PENINGKATAN PROSES DAN HASIL BELAJAR SENI BUDAYA DAN PRAKARYA (SBDP) MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN DIRECT INSTRUCTION PADA SISWA KELAS IV DI SDN 143/VIII TELUK KEMBANG JAMBU KECAMATAN TEBO ULU. Jurnal Tunas Pendidikan, 5(2), 287–296. https://doi.org/10.52060/pgsd.v5i2.1050
|
Terbitan | : |
Bagian
Articles
|