HAKEKAT PENDIDIK DALAM PENDIDIKAN ISLAM
Abstrak
salah satu unsur dalam pendidikan adalah pendidik. Pendidik merupakan unsur penting dalam pendidikan islam, penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan hakekat pendidik dalam pendidikan islam. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kepustakaan. Sumber data penelitian terdiri dari sumber data primer dan sumber data sekunder. Analisis data menggunakan analisis isi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa, dalam pendidikan islam terdapat dua macam pendidik, yaitu orang tua dan guru pada sekolah formal dan informal. Pendidik dalam sekolah formal dan informal harus memenuhi ciri sebagai pendidik, memenuhi syarat sebagai pendidik, dan memenuhi fungsinya sebagai pendidik.
Referensi
Adrian, A., & Syaifuddin, M. I. (2017). Peran Orang Tua Sebagai Pendidik Anak Dalam Keluarga. Edugama: Jurnal Kependidikan Dan Sosial Keagamaan, 3(2), 147–167. https://doi.org/10.32923/edugama.v3i2.727
Ali, R., & Wathoni, K. (2021). Strengthening Practices Education In The Framework of Islam and Gayo Community Culture. Journal of Social Science, 2(6), 827–834.
Anhar, H. (2013). Interaksi Edukatif Menurut Pemikiran Al-Ghazali. Jurnal Ilmiah Islam Futura, 13(1), 28. https://doi.org/10.22373/jiif.v13i1.570
Arifin, M. Z. (2021). Etika Komunikasi Guru Terhadap Siswa Di Sekolah Perspektif Al-Qur’an. Dirasah: Jurnal Pemikiran Dan Pendidikan …, 4(1), 34–52. https://stai-binamadani.e-journal.id/jurdir/article/view/221
Atmadja, N. B. (2018). Filsafat Pendidikan. El-Afkar, 7(1), 69–74.
Baharuddin, B., & Wahyuni, E. N. (2008). Teori belajar dan pembelajaran. http://repository.uin-malang.ac.id/6124/
Fadila, N. (2021). Rasa Perhatian Kepada Siswa Yang Berpengaruh Penting Kepada Proses Belajar Mengajar. Tarbiyah Islamiyah: Jurnal Ilmiah Pendidikan Agama Islam, 11(2), 105–112. https://doi.org/10.18592/jtipai.v11i2.4909
Girsang, E. (2020). Meningkatkan Kedisiplinan Guru Dan Kinerja Guru Pada Sd Negero 007 Teluk Sebong Kecamatan Teluk Sebong. Jurnal Kajian Pembelajaran Dan Keilmuan, 4(2), 162. https://doi.org/10.26418/jurnalkpk.v4i2.43122
Harahap, Y. M. S. (2022). Educational Interaction The Story of the Prophet Adam ’ Alaihi al- Salām In the Qur ’ an Interaksi Edukatif Kisah Nabi Ādam ‘ Alaihi al - Salām Dalam al- Qur ’ ān. Formosa Journal of Multidisciplinary Research (FJMR), 1(3), 785–802.
Hasanah, Z. (2021). Model Pembelajaran Kooperatif Dalam Menumbuhkan Keaktifan Belajar Siswa. Studi Kemahasiswaan, 1(1), 1–13.
Hendriana, H. (2014). Membangun Kepercayaan Diri Siswa Melalui Pembelajaran Matematika Humanis. Jurnal Pengajaran Matematika Dan Ilmu Pengetahuan Alam, 19(1), 52. https://doi.org/10.18269/jpmipa.v19i1.424
Heryanto, H., Khosmas, K., & Atmaja, T. S. (2005). Pengaruh Kewibawaan Guru Terhadap Sikap Disiplin Siswa Dikelas Xi Smkn 1 Pontianak. Jurnal Pendidikan Dan …, 1–9. https://jurnal.untan.ac.id/index.php/jpdpb/article/view/42308
Hidayat, M. A., Nikmah, S. Z., & Nurfitriani, R. (2021). Teacher Strategies in Learning during the Covid-19 Pandemic at Madrasah Ibdidaiyah Negeri ( MIN ) 2 Central Aceh. Budapest International Research and Critics Institute-Journal (BIRCI-Journal), August, 3465–3472.
Ismail. (2019). Guru Kreatif; Suatu Tinjauan Teoritis. Jurnal Kajian Islam & Pendidikan, 11(2), 26–27.
Janawi. (2019). Memahami Karakteristik peserta didik dalam proses pembelajaran. Tarbawy : Jurnal Pendidikan Islam, 6(2), 68–79. https://www.lp2msasbabel.ac.id/jurnal/index.php/tar/article/view/1236
Jannah, M. (2019). Peranan Guru Dalam Pembinaan Akhlak Mulia Peserta Didik (Studi Kasus Di Mis Darul Ulum, Madin Sulamul Ulum Dan Tpa Az-Zahra Desa Papuyuan). Al-Madrasah: Jurnal Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah, 3(2), 137. https://doi.org/10.35931/am.v0i0.136
Khusnul Auliyah, Suwarno, Uswatun Chasanah, R. A. (2021). Student Centered Learning In Surah Thaha 17-18 And It ’ s Implication In Islamic Boarding School Education. Budapest International Research and Critics Institute-Journal (BIRCI-Journal), 02, 4887–4899.
Khusnul Aulyah, S. (2021). IMPLEMENTASI MANAJEMEN PEMBELAJARAN MEMBACA AL-QUR’AN METODE AL-TARTIL DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA AL-QUR’AN DI SDN KEPANJEN 2 JOMBANG. Syntax Literate: Jurnal Ilmiah Indonesia, 6(1), 496–512. https://jurnal.syntaxliterate.co.id/index.php/syntax-literate/article/view/4755/2715
M, F. N. (2015). Kompetensi Guru Dalam Peningkatan Prestasi Belajar Pada Smp Negeri Dalam Kota Banda Aceh. Jurnal Administrasi Pendidikan Pascasarjana Universitas Syiah Kuala, 3(1), 45–67.
Miharjarudin. (2022). PERAN GURU AGAMA ISLAM DALAM PEMBINAAN AKHLAK PADA SISWA SDN 32 KUBU. Bimbingan Konseling, 2(1), 35–43.
Mitra, O., & Adelia, I. (2021). Profil Orang Tua Sebagai Pendidik Menurut Al Qur’an. Tarbawi : Jurnal Ilmu Pendidikan, 16(2), 170–177. https://doi.org/10.32939/tarbawi.v16i2.759
Mukhlisoh, M., & Suwarno, S. (2019). Implementasi Manajemen Pendidikan Karakter Di Sekolah. Jurnal Darussalam: Jurnal Pendidikan, Komunikasi Dan Pemikiran Hukum Islam, 11(1), 56. https://doi.org/10.30739/darussalam.v11i1.449
ngumban Surbakti. (2022). PENGARUH SIKAP KASIH SAYANG GURU TERHADAP PERILAKU SISWA BERBUDI PEKERTI DAN HASIL BELAJAR SISWA DI SMA DHARMA WANITA MEDAN. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan, Saintek, Sosial Dan Hukum (PSSH), 1, 1–13.
Nidawati. (2557). PENERAPAN PERAN DAN FUNGSI GURU DALAM KEGIATAN PEMBELAJARAN Oleh: 4(1), 88–100.
Presiden Republik Indonesia. (2003). Sistem Pendidikan Nasional. In Undang-undang Nomor 20 Tahun 2003. https://doi.org/10.24967/ekombis.v2i1.48
Presiden Republik Indonesia. (2005). Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 14 Tahun 2005 Tentang Guru Dan Dosen. In Undang-Undang: Vol. 12 Suppl 1 (Issue 9, pp. 1–29). http://www.ncbi.nlm.nih.gov/pubmed/810049%0Ahttp://doi.wiley.com/10.1002/anie.197505391%0Ahttp://www.sciencedirect.com/science/article/pii/B9780857090409500205%0Ahttp://www.ncbi.nlm.nih.gov/pubmed/21918515%0Ahttp://www.cabi.org/cabebooks/ebook/20083217094
Rijal, F. (2018). Guru Profesional Dalam Konsep Kurikulum 2013. Jurnal MUDARRISUNA: Media Kajian Pendidikan Agama Islam, 8(2), 328. https://doi.org/10.22373/jm.v8i2.3235
Safitri, E., & Sontani, U. T. (2016). Keterampilan Mengajar Guru Dan Motivasi Belajar Siswa Sebagai Determinan Terhadap Hasil Belajar. Jurnal Pendidikan Manajemen Perkantoran, 1(1), 144. https://doi.org/10.17509/jpm.v1i1.3258
Saputra, M. I. (2015). Hakekat Pendidik Dan Peserta Didik Dalam Pendidikan Islam. Al-Tadzkiyyah: Jurnal Pendidikan Islam, 6(November), 102–121. http://ejournal.radenintan.ac.id/index.php/tadzkiyyah/article/view/1517
SB, B. T. E. (2018). PENDIDIK DALAM PERSPEKTIF PENDIDIKAN ISLAM Oleh: AL-IKHTIBAR (Jurnal Ilmu Pendidikan), 5(2), 68–75.
Sopian, A. (2016). Tugas, Peran, Dan Fungsi Guru Dalam Pendidikan. Raudhah Proud To Be Professionals : Jurnal Tarbiyah Islamiyah, 1(1), 88–97. https://doi.org/10.48094/raudhah.v1i1.10
Subakri, S. (2020). Peran Guru dalam Pandangan Al-Ghazali. Jurnal Pendidikan Guru, 1(2), 63–75. https://doi.org/10.47783/jurpendigu.v1i2.165
Sukaesih. (2019). Kedisiplinan Guru dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Peserta Didik pada Sekolah Dasar Negeri. Indonesian Journal of Education Management & Administration Review, 3(1), 77–81.
Suwarno. (2017a). Pemikiran M Nastir Dalam Pembaharuan Pendidikan Islam. DAR EL-ILMI: Jurnal Studi Keagamaan, 4(1), 90–105.
Suwarno. (2017b). REVITALISASI PESANTREN SEBAGAI AGEN HUMAN RESOURCES BUILDING Oleh: KUTTAB, 1(1), 76–85. https://webcache.googleusercontent.com/search?q=cache:BDsuQOHoCi4J:https://media.neliti.com/media/publications/9138-ID-perlindungan-hukum-terhadap-anak-dari-konten-berbahaya-dalam-media-cetak-dan-ele.pdf+&cd=3&hl=id&ct=clnk&gl=id
Suwarno. (2020). Studi Agama Islam Melalui Pendekatan Interdisipliner. E-Jurnal.Unisda.Ac.Id, 2(3), 22–2012. http://www.e-jurnal.unisda.ac.id/index.php/dar/article/view/2178
Suwarno. (2021). PENGEMBANGAN PENILAIAN SIKAP BERBASIS ANDROID UNTUK PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM. Syntax Literate : Jurnal Ilmiah Indonesia, 6(2), 1536–1547. http://www.ufrgs.br/actavet/31-1/artigo552.pdf
Suwarno, S. (2016). Pendekatan Kebijakan Publik dalam Politik Pendidikan Islam. Jurnal As-Salam, 1(1), 62–72. http://www.jurnal-assalam.org/index.php/JAS/article/view/45
Suwarno, S., Dini, A., Yani, M., Yana, S. N., & Susilawati, S. (2022). Pembelajaran Aqidah Akhlak Mengunakan Metode Bernyanyi Untuk Membantu Daya Ingat Siswa Kelas Iii Di Madrasah Ibtidaiyah Negeri (Min) 1 Aceh Tengah. TA’LIM : Jurnal Studi Pendidikan Islam, 5(2), 124–139. https://doi.org/10.52166/talim.v5i2.3108
Suwarno, S., Durhan, D., & Muhaimin, M. (2021). Implementation of Covid-19 on Character Education. Journal of Sosial Science, 2(3), 312–319. https://doi.org/10.46799/jsss.v2i3.133
Tri Sukitman. (2004). Konsep Pembelajaran Multiple Intelligence Dalam Pendidikan Ips Di Sekolah Dasar. Jurnal Ilmiah.Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan, 18(1), 1–12. https://media.neliti.com/media/publications/235023-konsep-pembelajaran-multiple-intelligenc-eb07746b.pdf
Umi Kulsum. (2021). Peran Psikologi Pendidikan Bagi Pembelajaran. Mubtadiin, 7, 100–121.
Usiono. (2017). Potret Rasulullah Sebagai Pendidik. Jurnal ANSIRU, 1(1), 202–218. http://jurnal.uinsu.ac.id/index.php/ansiru/article/view/983
Yestiani, D. K., & Zahwa, N. (2020). Peran Guru dalam Pembelajaran pada Siswa Sekolah Dasar. Fondatia, 4(1), 41–47. https://doi.org/10.36088/fondatia.v4i1.515
Zed, M. (2004). Metode Penelitian Kepustakaan. Yayasan Obor Indonesia.
Keywords | : |
Kata Kunci:
Hakekat, Pendidik, Pendidikan, Islam Nature, Educators, Education, Islam
|
Galleys | : | |
Diterbitkan | : |
2023-02-14
|
Cara Mengutip | : |
heryati, helma. (2023). HAKEKAT PENDIDIK DALAM PENDIDIKAN ISLAM. Jurnal Tunas Pendidikan, 5(2), 251–262. https://doi.org/10.52060/pgsd.v5i2.1033
|
Terbitan | : |
Bagian
Articles
|