PENINGKATAN PROSES DAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MENGGUNAKAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING KELAS V SEKOLAH DASAR NEGERI 116/II EMPELU KECAMATAN TANAH SEPENGGAL

Nurlev Avana ( STKIP MUHAMMADIYAH MUARA BUNGO )
Tri Wiyoko ( Universitas Muhammadiyah Muara Bungo )

Abstrak

Masalah dalam penelitian ini adalah proses belajar dan hasil belajar siswa di kelas V SDN 116/II Empelu masih rendah, hal ini dibuktikan dengan hasil observasi awal yang dilakukan oleh peneliti dari 20 peserta didik hanya 35% yang memperoleh nilai dalam kriteria tuntas. Penyebabnya adalah peserta didik dikelas yang pasif, belum menggunakan model pembelajaran yang bervariatif, dan belum menggunakan konkrit dalam pembelajaran.

Tujuan penelitian adalah meningkatkan proses dan hasil belajar Matematika melalui Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning. Metode Penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Penelitian tindakan kelas ini terdiri atas dua siklus, setiap siklus terdiri dari empat tahap kegiatan yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi.

Hasil penelitian menunjukan bahwa penggunaan Model pembelajaran Problem Based Learning dapat meningkatkan proses dan hasil belajar peserta didik. Hal ini dapat dilihat dari peningkatan hasil proses pendidik disiklus I dapat nilai rata-rata 77,5% pada proses peserta didik dapat nilai rata-rata 67,5% dikarenakan siklus I belum mencapai Kriteria Ketuntasan Minimum (KKM), maka dilanjutkan kesiklus II pada proses pendidik mendapat nilai rata-rata 87,5% pada siklus proses peserrta didik dapat nilai rata-rata 77,5%. Selanjutnya hasil belajar peserta didik, pada siklus I mencapai 55% dan pada siklus II meningkat menjadi 85

Referensi

Abidin. 2014. Desain Sistem Pembelajaran dalam Konteks Kurikulum 2013 Bandung: Refika Aditama.

Arends, R.I. 2012. Learning to Teach Ninth Edition. New York: McGraw-Hill. Arikunto. 2010. Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan (Edisi Revisi 5). Jakarta: Bumi Aksara.

Arikunto, Suharsimi. 2016. Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik.Jakarta: Rineka Cipta.

Aris Shoimin. 2014. Model Pembelajaran Inovatif dalam Kurikulum 2013. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.

Asrori, Muhammad. 2016. Penelitian Tindakan Kelas. Bandung: CV Wacana Prima.

Cahyaningsih dan Ghufron. 2016. Pengaruh Penggunaan Model PBL Terhadap Karakter Kreatif dan Berpikir Kritis dalam Pembelajaran Matematika Forum Pendidikan Karakter, Volume 2, Nomor (1):8.

Chairul Anwar. 2014. Hakikat Manusia dalam Pendidikan. Yogyakarta: Suka Press.

Departemen Pendidikan Nasional. 2016.Standar Kompetensi Lulusan Matematika untuk SMA dan MA. Jakarta: Depdiknas.

Dewi, Sari. 2016. Penerapan Pembelajaran Probelm Based Learning untuk Meningkatkan Keaktifan dan Keterampilan Sosial Siswa Kelas V SDN Tangkil 01 Wlingi. Forum Graha Cakrawala, Volume 1, Nomor (3):1.

H, Warsono & MS. Hariyanto. 2012. Pembelajaran Aktif Teori dan Asesmen. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Hasanah, M. D., Alberida, H., & Rahmi, Y. L. 2018. The Effect of Problem Based Learning Model on Critical Thinking Ability of Students on Additives and Addictive Substances Class VIII SMPN 12 Padang. Bioeducation Journal, 2(2), 124-132.

Jihad, A. dan Abdul Haris. 2011. Evaluasi Pembelajaran. Yogyakarta: Multi Kencana.

Juanda, Rahmah. 2017. Pengaruh Model Problem Based Learning Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas V SDN Gugus Wijayakusuma Ngaliyan Semarang.

Kemendikbud. 2013. Kerangka Dasar dan Struktur Kurikulum 2013. Jakarta: Kemendikbud.

Kemendikbud. 2014. Permendikbud Nomor 103 Tahun 2014 Tentang Pembelajaran Pada Pendidikan Dasar dan Pendidikan Menengah. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI.

Komalasari, Kokom. 2015. Pembelajaran Konstektual Dan Konsep Dan Aplikasi. Bandung: PT Refika Aditama.

Kosasih, E. 2014. Strategi Belajar dan Pembelajaran Implementasi Kurikulum 2013. Bandung: Yrama Widya.

Kristin, Christina. 2016. Penilaian Autentik (Penilaian Hasil Belajar Peserta Didik berdasarkan Kurikulum 2013). Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Prihandoko. 2012. Mengenal Model Pembelajaran. Surabaya: jenggala Pustaka Utama.

Rahman, Faisal. 2018. Pengaruh Model Problem Based Learning Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika ditinjau dari Metakognisi Belajar Siswa Sekolah Dasar. Forum Pendidikan, Volume 2, Nomor (1):1.

Rusman. 2012. Model-Model Pembelajaran. Jakarta: PT Raja Grafindo Perkasa. Sagala, Syaiful. 2012. Konsep Dan Makna Pembelajaran. Bandung: Alfabeta.

Sugiono. 2013. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: CV Alfabeta.

Suprijono, Agus. 2013. Teori Dan Cooperative Learning Teori Dan Aplikasi PAIKEM. Yogjakarta: Pustaka Belajar.

Susanto, Ahmad. 2014. Teori Belajar Pembelajaran di Sekolah. Jakarta: Prenada Media Group.

Utamo Tomi, Dwi Wahyuni, & Slamet Hariyadi. 2014. Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Berbasis Masalah Terhadap Pemahaman Konsep dan Kemampuan Berfikit Kreatif Siswa. Universitas Jember (UNEJ). Volume 1(1), Nomor 5-6.

Wakiman. 2011. Penelitian Pendidikan. Bandung: Pustaka Setia.


Keywords  :  
Kata Kunci: Process, Learning Outcomes, Problem Based Learning Model Process, Learning Outcomes,Problem Based Learning Model
Galleys  :  
Diterbitkan  :  
2023-02-18
Cara Mengutip  :  
Avana, N., & Wiyoko, T. (2023). PENINGKATAN PROSES DAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MENGGUNAKAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING KELAS V SEKOLAH DASAR NEGERI 116/II EMPELU KECAMATAN TANAH SEPENGGAL. Jurnal Tunas Pendidikan, 5(2), 318–332. https://doi.org/10.52060/pgsd.v5i2.1031
Terbitan  :