ANALISIS KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP PERSAMAAN DAN PERTIDAKSAMAAN NILAI MUTLAK PADA PESERTA DIDIK KELAS X IPS SMAN 13 PADANG

KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP PERSAMAAN DAN PERTIDAKSAMAAN NILAI MUTLAK

Yeli Andani ( Universitas Bung Hatta )
Rita Desfitri ( )

Abstrak

ABSTRAK

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menganalisis kemampuan pemahaman konsep persamaan dan pertidaksamaan nilai mutlak pada peserta didik kelas X IPS SMAN 13 Padang. Untuk Menganalisis kemampuan pemahaman konsep peserta didik pada penelitian ini dilihat dari empat indikator yaitu: (1) menulis ulang sebuah konsep; (2) menyajikan konsep dalam bentuk representasi matematis; (3) menggunakan, memanfaatkan, dan memilih prosedur atau operasi tertentu; (4) mengaplikasikan konsep atau algoritma dalam pemecahan masalah. Pertanyaan dalam penelitian ini adalah bagaimana kemampuan pemahaman konsep persamaan dan pertidaksamaan nilai mutlak pada peserta didik kelas X IPS SMAN 13 Padang. Metode dalam penelitian ini adalah metode kualitatif dengan jenis penelitiannya adalah penelitian deskriptif. Subjek dalam penelitian ini adalah 33 Peserta peserta didik kelas X IPS 1 SMAN 13 Padang yang dipilih secara purposive sampling. Dari hasil penelitian yang dilakukan, kemampuan pemahaman konsep matematika peserta didik untuk indikator kemampuan pemahaman konsep matematika terutama dalam menulis ulang sebuah konsep dan menyajikan konsep bentuk representasi matematis sangat baik. Pada indikator kemampuan pemahaman konsep dalam menggunakan, memanfaatkan, dan memilih prosedur atau operasi tertentu dan mengaplikasikan lagoritma dalam pemecahan masalah dengan kategori cukup. Dari hasil penelitian yang didapat maka disarankan agar guru dapat memberikan latihan-latihan dalam rangka meningkatkan kemampuan pemahaman konsep metematika peserta didik.

Kata kunci: Analisis,Tingkat Kemampuan, Pemahaman Konsep.

Referensi

Depdiknas. 2004. Peraturan Dirjen Diknasmen No. 506/C/PP/2004 Tanggal 11 November 2004 Tntang penilaian Perkembangan Perkembangan Anak Didik Sekolah Menengah Pertama (SMP). Jakarta: Depdiknas
Imran, Y. dkk. 2018. Psikologi Pendidikan. Penerbit: sekretariat Pengurus PGRI Provinsi Sumatra Barat.
Kartika, Yuni. 2018. Analisis kemampuan Pemahaman Konsep Peserta Didik Kelas VII SMP Pada Materi Bentuk Aljabar. Jurnal Pendidikan Tanbusai. Vol: 2 No: 4. Diakses: https://jptam.org/index.php/jptm/article/view/25
Kusumah, W. 2010. Mengenal Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: PT Indeks.
Mawaddah, S., & Mariyanti, R. 2016. Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Peserta didik SMP Dalam Pembelajaran Menggunakan Model Penemuan Terbimbing (Discovery Learning). Jurnal Pendidikan Matematika Vol. 4 No. 1 Hlm 76-85.
Setiawan M.A. 2017. Belajar dan Pembelajaran. Ponorogo: Uwais Inspirasi Indonesia
Subanji. 2013. Pembelajaran Matematika Kreatif dan Inovatif. Penerbit: Universitas Negeri Malang.
Sugiyono. 2015. Metode penelitian kuantitatif, kualitatif, R&D. Bandung: Alfabeta
Susanto, A. 2015. Teori Belajar dan Pembelajaran di Sekolah Dasar. Prenada Media Group, Jakarta.
Syafri, F.S. 2016. Pembelajaran Matematika Pendidikan Guru SD/MI. Yogyakarta: Matematika.

Keywords  :  
Kata Kunci: Analysis, Level of Ability, Concept Understanding Analysis, Level of Ability, Concept Understanding
Galleys  :  
Diterbitkan  :  
2023-02-14
Cara Mengutip  :  
Andani, Y., & Desfitri, R. (2023). ANALISIS KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP PERSAMAAN DAN PERTIDAKSAMAAN NILAI MUTLAK PADA PESERTA DIDIK KELAS X IPS SMAN 13 PADANG: KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP PERSAMAAN DAN PERTIDAKSAMAAN NILAI MUTLAK. Jurnal Tunas Pendidikan, 5(2), 263–273. https://doi.org/10.52060/pgsd.v5i2.1030
Terbitan  :