IMPLEMENTASI PERBANDINGAN MANAJEMEN MUTU PENDIDIKAN DI MAN INSAN CENDEKIA JAMBI DAN SMAN 1 PADANG PANJANG

K.A. Rahman, Verdianto, Servina Aida Putri, Sari Andri Yani, Muhammad Rheza Nopriansa ( Universitas Jambi )

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk memberikan wawasan terkait manajemen mutu pendidikan atau pandangan pendidikan kepada para pembaca, pengamat, akademisi, dan praktisi pendidikan untuk memahami bagaimana perbandingan-perbandingan dari berbagi sudut pandang terkait mutu pendidikan dan juga bagaimana perbandingan mutu pendidikan antara satu sekolah dengan sekolah lainnya. Lalu penelitian ini juga diharapkan dapat menumbuhkan kesadaran masyarakat akan pentingnya pendidikan, diharapkan mutu pendidikan di Indonesia dapat menjadi lebih baik dan terus berkembang serta meningkat. Hasil penlitian ini yakni terkait mutu pendidikan  di SMAN 1 Padang Panjang dan MAN Insan Cendekia Jambi dan didapati sekolah tersebut memiliki mutu yang baik dapat dilihat pada tahun 2021 menjadi sekolah terbaik melalui hasil penilaian UTBK, sekolah tersebut memiliki mutu sesuai dengan standar melaui optimalisasi fungsi dan Tujuan standarisasi yaitu (1) sebagai dasar dalam perencanaan, pelaksanaan, dan pengawasan pendidikan dalam rangka mewujudkan pendidikan nasional yang bermutu, (2) menjamin mutu pendidikan nasional dalam rangka mencerdaskan kehidupan bangsa dan membentuk watak serta peradaban bangsa yang bermartabat, (3) Standar Nasional Pendidikan disempurnakan secara terencana, terarah, dan berkelanjutan sesuai dengan tuntutan perubahan kehidupan lokal, nasional, dan global.

Referensi

Abdullah, M. (2018). Manajemen mutu pendidikan di sekolah peran kepemimpinan kepala sekolah, profesionalisme guru, dan partisipasi masyarakat dalam peningkatan mutu pendidikan di sekolah. Jurnal Penelitian Pendidikan, 17(3), 190-198.
Erra, Yusmina. (2014). Implementasi Manajemen Mutu Terpadu Dalam Peningkatan Kinerja Sekolah Pada SMK Negeri 1 Banda Aceh. Pedadogi, 4 (2), 11.
Fadhli, M. (2017). Manajemen peningkatan mutu pendidikan. Tadbir: Jurnal Studi Manajemen Pendidikan, 1(2), 215-240.
Hoy, C. Jardine, C. B. and Wood, M. (2005). Improving Quality in Education. London and New York: Falmer Press
Idris, R. (2009). Pendekatan Pendidikan Berbasis Mutu. Lentera Pendidikan, 12(1), 103–104.
Kurniawan, S. (2017). Pengembangan Manajemen Mutu Pendidikan Islam Di Madrasah. Al-Tanzim : Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 1(2), 25–36.
Permatasari, Diah N dkk. Penerapan Manajemen Mutu Terpadu dalam Peningkatan Kualitas Pendidikan. Universitas Negeri Padang.
Marsidin, Sufyarman. (2007). Pengelolaan Sekolah Unggul pada Sekolah Menengah Atas Negeri (SMAN) 1 Padang Panjang. Laporan Penelitian. Jurusan Administrasi Pendidikan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Padang: Padang.
Rifqi, A. (2018). Implementasi Total Quality Management. Al-Tanzim: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 2(2), 167–176.
Sallis, E. (2005). Total Quality Management in Education. London: Kogan Page Limited.
Umam, M. K. (2020). Dinamisasi Manajemen Mutu Persfektif Pendidikan Islam. Al-Hikmah: Jurnal Kependidikan Dan Syariah, 8(1), 61-74.
Wijaya, M. H. (2019). Implementasi Manajemen Mutu Di Sekolah. Managere: Indonesian Journal of Educational Management, 1 (1), 17-29.
Website MAN Insan Cendekia Jambi https://icjambi.sch.id/
Website SMAN 1 Padang Panjang http://smansapapa.sch.id/
Yuli, Desi Ratna dkk. Implementasi Manajemen Mutu Terpadu (Total Quality Management) di Sekolah. Universitas Negeri Padang: Padang

Keywords  :  
Kata Kunci: Manajemen Mutu Terpadu, Perbandingan Mutu Pendidikan. Integrated Quality Management, Comparison of Education Quality.
Galleys  :  
Diterbitkan  :  
2023-03-16
Cara Mengutip  :  
Muhammad Rheza Nopriansa, K. R. V. S. A. P. S. A. Y. (2023). IMPLEMENTASI PERBANDINGAN MANAJEMEN MUTU PENDIDIKAN DI MAN INSAN CENDEKIA JAMBI DAN SMAN 1 PADANG PANJANG. Jurnal Tunas Pendidikan, 5(2), 470–482. https://doi.org/10.52060/pgsd.v5i2.1020
Terbitan  :